Pengertian Hosting dan Fungsinya5 min read

pengertian hosting
Hi DomaiNesians! Salah satu hal terpenting dalam membuat website adalah memiliki domain dan hosting. Sebenarnya apa itu hosting?
Apa hubungannya dengan website sehingga menjadi hal yang cukup penting?
Saya ingin membuat website, mengapa harus punya domain dan hosting dahulu?
Hmm.. mungkin pertanyaan-pertanyaan itu yang sering ada di pikiran kamu ya DomaiNesians? Hal tersebut sangatlah wajar karena hal ini agak sedikit teknis. Apalagi bagi beberapa orang yang tidak biasa dengan website dan internet. Untuk itu pada panduan kali ini akan dijelaskan tentang pengertian hosting, hubungannya dengan domain dan website, serta beberapa yang berkaitan dengan hosting. Let’s check it out!

Pengertian Hosting

Hosting adalah lokasi atau media untuk menyimpan data dalam bentuk tulisan, gambar atau video. Dikutip dari Wikipedia, Web hosting adalah suatu layanan bagi user yang berguna untuk menyimpan informasi, gambar, video dan beberapa konten lainnya yang akan diakses via website. Oke, sekarang coba bayangkan kamu membuka sebuah website di layar komputer atau smartphone. Pernahkah kamu berpikir dimana sih letak website tersebut disimpan? Dimana sebenarnya gambar dan script website itu diletakkan? Nah, semua script website tersebut disimpan dalam suatu tempat yang disebut dengan Hosting. Jadi, pengertian hosting adalah suatu lokasi untuk menyimpan file website bisa dalam bentuk tulisan, gambar, video, kode pemrograman dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya, silakan baca Panduan Lengkap Web Hosting.

pengertian hosting

Lebih mudahnya begini, website dianggap sebagai sebuah bangunan. Bangunan tersebut akan didirikan pada kavling tanah yang sudah dipetak-petak dengan ukuran tertentu. Nah, sepetak tanah tersebut dapat disebut Hosting. Lalu apa itu domain? Domain adalah alamat dari bangunan tersebut (website). Domain akan menuntun pengunjung untuk menuju ke sepetak tanah (hosting), yang sudah didirikan suatu bangunan (website). Lalu apa bentuk real dari hosting? Hosting adalah sebuah server dengan teknologi terbaik. Hosting disediakan oleh suatu penyedia jasa layanan hosting seperti halnya DomaiNesia. Ada beberapa jenis layanan hosting yaitu Shared Hosting, Dedicated Hosting, VPS (Virtual Private Server) dan Colocation Server. Biasanya untuk website standar, hanya menggunakan Shared Hosting saja. Sedangkan domain biasanya berbentuk nama domain beserta ekstensinya. Misalnya websitesaya(dot)com, websitesaya(dot)id dan sebagainya. Ada beragam ekstensi domain seperti .COM, .ID, .SPACE, .NET dan masih banyak lagi yang bisa kamu pilih.

Baca Juga: Apa itu Domain, Hosting, SSL, dan Website

Apa Yang Bisa Dilakukan dengan Hosting?

Setelah pengertian hosting kamu pahami, sekarang saatnya kamu ketahui apa saja yang bisa dilakukan dengan hosting. Berikut ini ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan:

1. Membuat Website

Ya, tentu saja! Setelah memiliki hosting, kamu dapat membuat website impian. Website dapat disimpan dan diletakkan dalam server hosting. Kamu bisa membuat website dari nol ataupun membuat website sendiri. Untuk pemula, kamu bisa baca Cara Membuat Website Untuk Pemula. DomaiNesia menyediakan fitur layanan Instant Deploy untuk membuat website hanya dengan sekali klik.

2. Membuat Toko Online

Biasanya setelah pengertian hosting diketahui customer, ada banyak pertanyaan kepada Tim Support tentang cara membuat toko online. Nah, memang toko online menjadi salah satu hal yang diinginkan para pelaku bisnis. Dengan adanya toko online, bisnis mereka menjadi lebih dikenal publik. Semakin banyak masyarakat yang tahu produk yang mereka jual, semakin banyak revenue yang akan didapat. Untuk membuat toko online sendiri, kamu bisa baca Cara Membuat Toko Online Untuk Pemula.

3. Membuat Email Profesional

Jika memiliki domain dan hosting, kamu bisa membuat email profesional. Apa itu email profesional? Email profesional adalah email dengan nama perusahaan/ nama sendiri. Jadi, buat kamu yang masih menggunakan email dengan akhiran gmail ataupun yahoo, bisa segera buat email dengan domain sendiri. Misalnya support@domainesia(dot)com ataupun support@namadomainsaya(dot)com. Apa keuntungannya? Keuntungannya adalah kamu menjadi lebih profesional dan tidak dianggap sebagai perusahaan abal-abal. Ingin tahu caranya? Silakan baca Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri.

4. Meningkatkan Performa Website

Jika memiliki hosting, kamu dapat meningkatkan performa website. Di DomaiNesia, kamu dapat meningkatkan kecepatan website dengan beberapa fitur seperti Memcached Instance, WordPress Accelerator, CloudFlare serta Patchman.

Baca Juga: Tingkatkan Performa Website Agar Lebih Cepat dengan Memcached

5. Melindungi Website dengan SSL

Nah, website harus dilindungi agar terhindar dari beberapa malware, virus, indikasi spam dan serangan DDOS. Untuk itu, dengan hosting kamu bisa melakukan instalasi SSL di Hosting. SSL adalah pagar pengaman dari website. Untuk mengetahui lebih lengkap tentang SSL, silakan baca Apa itu SSL.

Baca Juga: Tips Memilih SSL Murah

Pilih Hosting Murah dan Terbaik

Karena hosting adalah hal yang sangat penting, maka jangan salah dalam pilih hosting ya! Di awal panduan, Kami sudah menjelaskan pengertian hosting. Dan sekarang saatnya kamu memilih hosting yang tepat dan “pas” dengan kebutuhan website. Dikutip dari CNET, Adam Berry, seorang Director Digital di Wingard Creative mengatakan bahwa Hosting terbaik harus memenuhi 3S yaitu “Speed, Support, dan Security”. Speed berkaitan dengan teknologi hosting dalam memproses website. Pastikan kamu tahu jenis server, teknologi yang digunakan server, media penyimpanan (menggunakan SSD atau tidak) serta sistem operasi yang digunakan. Support berkaitan dengan pelayanan yang diberikan oleh penyedia hosting misalnya respon tim support dalam menghadapi customer, 24-7 support, dan sebagainya. Dari segi keamanan, selalu lihat fitur security yang dimiliki, apakah punya fitur backup data dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya, silakan baca 7 Cara Memilih Web Hosting Terbaik di Jaman Sekarang agar tidak tertipu.

pengertian hosting

Ada beberapa penyedia layanan hosting dalam negeri dan luar negeri yang bisa kamu pilih. Dari masing-masing penyedia layanan pastinya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Silakan baca Hosting Dalam Negeri vs Hosting Luar Negeri untuk tahu lebih lanjut. Pastinya kalau kamu terhalang bahasa, lebih baik pilih penyedia hosting murah Indonesia saja. Jika ada error di website, tentunya akan lebih mudah penanganannya. Salah satu penyedia hosting murah di Indonesia adalah DomaiNesia. DomaiNesia merupakan perusahaan rintisan dengan layanan registrasi nama domain, web hosting, dan layanan web yang berfokus terhadap kualitas layanan tanpa mengesampingkan efisiensi biaya. Sejak berdiri tahun 2009, DomaiNesia terus berupaya memberikan pengalaman layanan terbaik serta membangun sistem automasi yang efektif dan efisien untuk para customer.

Baca Juga: Tips Memilih Hosting Untuk Pemula

Kesimpulan

Sebelum membuat website, sebaiknya kamu perlu mengetahui pengertian hosting terlebih dahulu. Agar kamu tidak bingung dan sedikit mengerti tentang cara kerja website. DomaiNesia memiliki berbagai panduan hosting yang bisa kamu baca lho! Dari tingkat pemula hingga tingkat advanced. Ingin mencoba hosting murah dengan kualitas terbaik? Silakan cek Hosting Murah DomaiNesia. Ingin konsultasi dan bertanya-tanya terlebih dahulu? Boleh dong! Silakan hubungi Tim Support DomaiNesia dan langsung ceritakan apa kebutuhan website kamu. Salam DomaiNesia!

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Komentar