• Home
  • Berita
  • Apa itu VPS? Yuk, Mengulik Kegunaan VPS Hosting

Apa itu VPS? Yuk, Mengulik Kegunaan VPS Hosting

Oleh Ratna Patria
4/5 (1)

Semua orang yang memiliki website tentu saja mengharapkan jika website tersebut ramai pengunjung dan memiliki trafik yang tinggi. Biasanya orang cenderung menggunakan share hosting sebagai awal pembuatan website karena menggunakan share hosting jelas biayanya lebih terjangkau dan penggunaannya lebih mudah.

Namun tahukah kamu jika layanan shared hosting website kamu sudah tidak memenuhi kebutuhan website mu tentu hal tersebut akan menjadi bahaya besar.

Untuk itu kamu perlu menggunakan layanan hosting dengan resource yang lebih besar. Tentu saja biaya yang harus kamu keluarkan tidak sedikit jika kamu memutuskan untuk menggunakan dedicated hosting. Oleh karena itu, sekarang saatnya membahas tentang apa itu VPS.

apa itu VPS
Sumber: Pixabay

Apa itu VPS Hosting ?

Pernahkan kamu mendengar kata-kata VPS? VPS adalah singkatan dari Virtual Private Server. VPS Hosting adalah salah satu layanan hosting yang paling banyak dipakai oleh pemilik website untuk mengonlinekan website.

Dengan kata lain VPS adalah server pribadi yang keseluruhan resource-nya hanya digunakan oleh satu pengguna saja meskipun digunakan oleh lebih dari satu user. Para Pengguna dapat mengelola secara penuh semua konfigurasi dan resource yang ada pada VPS dan melakukan apa pun yang diinginkan.

VPS hosting merupakan salah satu pilihan yang tepat serta cukup aman dan stabil jika dibandingkan menggunakan shared hosting. Biasanya VPS disewa oleh seseorang yang memiliki trafik yang tinggi pada websitenya.

VPS menggunakan teknologi virtualisasi hardware server fisik yang kemudian dibagi menjadi beberapa resource yang berbeda-beda. Hal ini disebut virtual karena pembagian yang dilakukan dengan menggunakan software sehingga dalam satu server fisik kamu bisa menjalankan beberapa VPS.

Kegunaan VPS Hosting

Disini akan dibahas beberapa kegunaan dari VPS sehingga kamu bisa menilai seberapa penting menggunakan VPS untuk website milik kamu.

Tingginya Trafik Website

Jika kamu mengelola sebuah website yang memiliki trafik yang sangat tinggi, mungkin kamu bisa mencoba menggunakan VPS. Jika sebelumnya kamu menggunakan shared hosting kamu bisa berpindah ke VPS hosting.

Karena tingginya trafik pada website yang menggunakan shared hosting dapat mengganggu resource bersama yang digunakan dalam satu shared hosting. Biasanya kamu akan diberitahu oleh provider tempat kamu membeli hosting jika trafik website kamu tinggi dan kapan kamu harus berpindah ke VPS hosting.

File Hosting

Kamu tentu sudah sangat familiar dengan situs-situs seperti google drive, shared, dropbox, dan berbagai situs penyimpanan lainnya. Jika biasanya kamu menyimpan file online pada situs-situs tersebut maka layanan VPS juga memungkinkan kamu menyimpan file berukuran besar.

Dan bukan hanya bisa diakses oleh pemilik website akan tetapi juga oleh para pengunjung website kamu. VPS juga menyediakan fitur penyimpanan online seperti back up, layanan file sharing, penyimpanan software, gambar, video dan lainnya.

apa itu vps
Sumber: Pixabay

VPS sebagai VPN

VPS juga memiliki fungsi sebagai Virtual Private Network atau biasa dikenal dengan VPN. Fungsi VPS yang satu ini bisa dimanfaatkan oleh perusahaan atau organisasi yang membutuhkan jaringan privat di antara karyawan atau para anggotanya.Mereka bisa menyimpan data dan juga saling bertukar data penting dengan aman selama jaringan VPN tersebut.

Remote Desktop

Tahukah kamu, jika VPS bisa juga dijadikan remote desktop. Dengan menggunakan VPS kamu dapat mengakses dan menggunakan komputer atau server secara remote. Dalam artian lain kamu memiliki kontrol penuh terhadap sever tanpa dibatasi lokasi.

Server Percobaan

Jika perusahaan kamu bergerak di bidang IT atau kamu sedang mengerjakan sebuah proyek pengembangan software, aplikasi, sistem operasi tentu saja kamu membutuhkan server dengan harga yang terjangkau.

Tidak hanya itu, kamu juga perlu dengan fasilitas yang mumpuni untuk melakukan percobaan software atau aplikasi yang sedang kamu kembangkan. Kamu bisa saja menggunakan dedicated server tetapi dengan konsekuensi harga yang mahal. Sebagai alternatif kamu bisa memanfaatkan VPS untuk melakukan percobaan-percobaan tersebut.

apa itu VPS
Sumber: Pixabay

Cari Tahu Lebih Banyak Tentang VPS

Namun, sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan VPS, sebaiknya kamu mencari tahu tentang apa itu VPS. Jangan lupa, kamu juga perlu memperhitungkan apakah sudah saatnya kamu berpindah ke VPS. Diantaranya tentu saja VPS memiliki harga yang lebih mahal dari pada shared hosting.

Selain itu jika terjadi kegagalan hardware maka bisa mempengaruhi semua VPS dalam sebuah server dan juga serve harus sering di monitoring sehingga VPS kurang cocok jika digunakan untuk para pemula. Itulah sedikit penjelasan tentang apa itu VPS. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat.

Ratna Patria


linggakhrisna
June 3, 2020

Sangat Membantu Informasi nya. izin posting website. anda butuh partisi lipat? bisa hubungi kami di https://www.partisigesermovable.com/ terima kasih.

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!