• Home
  • Berita
  • Apa itu Sistem Keamanan Jaringan? Simak Penjelasannya!

Apa itu Sistem Keamanan Jaringan? Simak Penjelasannya!

Oleh Hiqbal Fauzi
No ratings yet.
Sistem Keamanan Jaringan

Pada dunia jaringan infrastruktur, setiap komponen memiliki perannya masing-masing dalam mengatur jaringan yang ada di sebuah perangkat. Pada sebuah organisasi atau perusahaan, infrastruktur jaringan sangat diperhatikan dan diawasi secara ketat, karena infrastruktur jaringan akan berdampak kepada setiap komponen bisnis hingga reputasi perusahaan.

Dalam infrastruktur jaringan, tidak hanya menjadi jalur komunikasi antar server ataupun perangkat, di dalamnya terdapat sistem keamanan jaringan yang dapat membantu sistem untuk mengamankan jaringan dari serangan-serangan atau hal yang mencurigakan. Bagaimana cara mengamankan jaringan dari serangan? Yuk kita bahas secara detail terkait apa itu sistem keamanan jaringan dan cara mengamankan jaringan dari serangan hacker maupun virus yang dapat merugikan sistem! Simak hingga akhir artikel ya!

Apa itu Sistem Keamanan Jaringan?

Sistem keamanan jaringan adalah sistem yang memiliki peran sebagai pelindung serta pendeteksi adanya ancaman secara langsung maupun tidak langsung yang berpotensi mengganggu sistem operasional jaringan. Tujuan utama dari diterapkannya sistem keamanan jaringan adalah antisipasi kepada hal-hal yang memiliki potensi mengganggu berjalannya komunikasi di jaringan. Gangguan tersebut bisa berasal dari berbagai sumber, contohnya seperti virus, malware, bruteforce, dan sebagainya. 

Sistem keamanan jaringan harus selalu diperhatikan untuk dapat menjaga agar komunikasi jaringan tidak terhambat. Jika terdapat gangguan yang kecil saja, jaringan mudah untuk terganggu dan aktivitas yang sedang kamu lakukan yang bersinggungan dengan jaringan tersebut juga akan terhambat. Oleh karena itu, pendeteksian dini menggunakan sistem keamanan jaringan merupakan hal yang sangat penting diterapkan.

Sistem keamanan jaringan juga harus diterapkan pada produk yang dapat diakses melalui internet oleh masyarakat seperti website. Website yang aman adalah yang menggunakan server pribadi yang sudah diterapkan oleh DomaiNesia. Jika kamu ingin membuat website yang aman, gunakan layanan hosting murah DomaiNesia ya!

network security
Sumber: Envato

Baca juga: Digital Security adalah: Pengertian, Jenis, dan Cara Kerja

Bagaimana Cara Mengamankan Jaringan dari Serangan?

Bagaimana cara mengamankan jaringan dari serangan? Sistem keamanan jaringan dari serangan bisa beraneka ragam. Setiap serangan memiliki penanganannya masing-masing, namun secara garis besar dapat terlihat bahwa dengan mengamankan jaringan tidak harus melalui server utama dari semua perangkat, melainkan bisa dari berbagai macam cara, berikut penjelasan lebih detail terkait lapisan media pengamanan jaringan

1. Keamanan Fisik

Keamanan fisik mencakup perangkat-perangkat fisik yang terhubung ke jaringan. Keamanan yang diterapkan pada lapisan ini adalah hal-hal yang terlihat oleh manusia saat menggunakan perangkat.

2. Keamanan Lokal

Lapisan keamanan lokal disini mencakup hak akses dari sebuah role atau user terhadap sistem-sistem sesuai dengan privilege yang sudah diatur. Manajemen akses sangat penting untuk menurunkan risiko serangan.

3. Keamanan System File

Lapisan keamanan sistem file mencakup keamanan data-data pribadi pada sebuah sistem operasi. Pengamanannya berdasarkan sistem operasi yang digunakan dan menjadikan pencadangan sebagai hal rutin yang harus dilakukan.

4. Keamanan Kata Sandi

Lapisan keamanan kata sandi mencakup kerahasiaan suatu akun ataupun manajemen file di sebuah perangkat. Dengan melakukan keamanan kata sandi, tiap-tiap orang akan hanya mengetahui akun mereka masing-masing.

5. Keamanan Kernel

Keamanan kernel berkaitan dengan sistem operasi yang digunakan pada sebuah perangkat atau server. Keamanan kernel mengatur terkait pembaharuan sistem operasi yang ada pada perangkat untuk memastikan tetap aman.

6. Keamanan Jaringan

Lapisan terakhir yaitu keamanan jaringan. Keamanan jaringan mengatur segala sesuatu pencegahan serta pendeteksian ancaman yang terjadi di dalam jaringan yang dapat membantu komunikasi antar perangkat.

network security
Sumber: Envato

Apa saja penerapan cara mengamankan jaringan dari serangan? Berikut merupakan beberapa software yang bisa kamu terapkan sebagai cara mengamankan jaringan dari serangan, simak penjelasan di bawah ini ya!

1. Firewall

Sistem keamanan jaringan yang pertama adalah firewall. Firewall adalah kumpulan komponen yang membatasi akses antara sebuah jaringan yang diproteksi dan internet, atau antara kumpulan kumpulan jaringan lainnya. Firewall memiliki tujuan untuk melindungi ancaman-ancaman yang berasal dari jaringan internet dengan melakukan aksi seperti blocking yang dapat menolak akses dari suatu user atau alamat IP tertentu.

2. Antivirus

Sistem keamanan jaringan yang kedua adalah antivirus, antivirus sangat penting untuk dimiliki perangkat-perangkat yang tersambung kepada jaringan tertentu. Antivirus bekerja dengan cara mencocokkan pola yang ada pada perangkat kepada pola yang dimiliki oleh database antivirus. Antivirus akan mendeteksi bahwa terdapat pola yang serupa dan akan mendeteksi hal tersebut sebagai ancaman yang ada di perangkat.

3. SIEM (Security Information and Event Management)

Sistem keamanan jaringan yang ketiga adalah SIEM. SIEM adalah sebuah perangkat lunak yang memiliki fungsi untuk menampung log event yang masuk ataupun keluar pada sebuah jaringan. SIEM memiliki fungsi untuk monitoring dan menyimpan history-history aktivitas jaringan. Dengan digunakannya SIEM, jika terjadi sebuah ancaman atau serangan, kamu bisa mengetahui apa yang sebelumnya dilakukan atau tidak dilakukan yang membuat jaringan kamu terkena serangan.

4. VPN (Virtual Private Network)

Sistem keamanan jaringan yang keempat adalah VPN atau Virtual Private Network. VPN digunakan untuk mengakses jaringan secara private dan terkadang anonim. Seringkali, jika kamu berada di tempat umum, WiFi publik adalah hal yang berbahaya karena segala aktivitas kita saat terkoneksi dengan WiFi tersebut akan terlihat oleh orang lain. Itulah mengapa VPN adalah salah satu sistem keamanan jaringan yang penting dimiliki oleh semua orang.

network security
Sumber: Envato

Baca juga: Cyber Security adalah Cara Mengamankan Data, Ayo Pahami Lebih Dalam

Fungsi Keamanan Jaringan

Dari penjelasan diatas apakah kamu sudah paham terkait seberapa pentingnya menerapkan sistem keamanan jaringan? Untuk lebih memahami terkait pentingnya sistem keamanan jaringan, berikut merupakan fungsi keamanan jaringan yang harus kamu ketahui!

1. Deteksi Dini Potensi Serangan

Dengan menggunakan sistem keamanan jaringan, kamu dapat lebih mudah mendeteksi potensi serangan lebih dini. Dengan adanya pendeteksian tersebut, membuat ancaman lebih besar akan terjadi. Pendeteksian dini potensi serangan juga dapat menjadi pencegahan serangan akan datang. Tentunya untuk dapat mendeteksi serangan dari berbagai ancam butuh waktu yang cukup lama agar dapat mendeteksi pola-pola yang mencurigakan dan membutuhkan evaluasi secara berkala.

2. Pengelolaan Hak Akses

Fungsi keamanan jaringan selanjutnya adalah pengelolaan hak akses. Dengan menggunakan manajemen hak akses, hal ini dapat membatasi siapa saja yang bisa mengakses data-data tertentu. Dengan adanya pengelolaan ini, potensi adanya kebocoran data ataupun kerusakan data dapat berkurang karena minimnya orang yang dapat mengakses data tersebut.

3. Respon Cepat terhadap Serangan

Selanjutnya terdapat kecepatan respon yang lebih cepat jika terdapat serangan yang masuk. Dengan adanya sistem keamanan jaringan, membuat respon terhadap serangan dapat lebih cepat. Hal ini adalah dampak dari deteksi dini yang telah diterapkan di awal, dengan adanya deteksi dini, maka akan semakin cepat pula respon tindakan yang harus dilakukan jika terdapat ancaman maupun serangan.

4. Monitoring and Recovery

Fungsi yang terakhir yaitu sebagai monitoring dan recovery. Jaringan adalah cara komunikasi antar perangkat yang dapat membantu pertukaran atau pengiriman informasi. Tentu saja, untuk mengamankan sebuah jaringan dibutuhkan sistem monitoring untuk mengawasi aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh jaringan. Jika terdapat kesalahan yang dapat menghambat komunikasi tersebut, dengan monitoring kamu bisa mengetahui mengapa komunikasi tersebut dapat terhambat. Untuk recovery, dengan menerapkan sistem keamanan jaringan, recovery sistem ataupun data yang rusak dapat lebih mudah dilakukan.

Beli Cloud Hosting

Bagaimana? Apakah kamu sudah memahami terkait pentingnya menerapkan sistem keamanan jaringan dan cara mengamankan jaringan dari serangan? Pastikan kamu rutin melakukan monitoring terhadap jaringan agar jika terdapat ancaman yang berbahaya, kamu bisa langsung menanganinya. Jangan sampai menunggu jaringan kamu terserang yaa!

Hiqbal Fauzi

As SEO Specialist at DomaiNesia with a bachelor's in animal husbandry, passionate about digital marketing, especially in SEO.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds