• Home
  • Berita
  • Adobe XD : 15 + Kelebihan dan Kekurangan

Adobe XD : 15 + Kelebihan dan Kekurangan

Oleh Ayoni Sulthon
Adobe XD : 15 + Kelebihan dan Kekurangan

Untuk Anda yang gemar sekali membuat desain-desain untuk hal tertentu, pastinya sudah tidak asing lagi dengan adobe. Adobe merupakan salah satu software yang bergerak di bidang animasi, grafis, video dan juga pengembangan web. Adobe tentunya termasuk dalam salah satu perusahaan perangkat lunak yang besar di dunia.

Adobe secara khusus telah membuat suatu ruang untuk membuat desain UI atau UX yang dikenal dengan Adobe XD. Dengan fiturnya yang canggih, menjadikan Adobe ini menjadi sebuah program luar biasa yang responsive dan juga intuitif, memudahkan Anda untuk cepat menciptakan sebuah prototype.

Adobe ini sendiri adalah sebuah alat dari Adobe yang disediakan secara gratis untuk mendesain UX atau UI dan prototyping berbagai platform seperti ponsel, tablet, web dan juga platform lainnya. Tentunya Adobe ini memiliki tombol begin tutorial untuk menjelaskan berbagai cara atau proses untuk menggunakan Adobe XD.

Fitur Adobe XD

Adobe XD sendiri tentunya menyediakan banyak fitur canggih terkait dengan tools UX. Sebagian besar tools tentu tidak asing lagi, namun untuk mendesain UX terbaik, Adobe ini merancang beberapa tools khusus untuk mendukung penggunanya menciptakan berbagai desain yang canggih. Berikut adalah fitur-fitur yang tersedia.

  1. Fitur UX Kits

15 + Kelebihan dan Kekurangan Adobe XD

Fitur pertama yang akan Anda temukan dalam Adobe XD ialah fitur UX Kitd. Dengan adanya fitur ini, Anda akan dipermudah dan juga cepat dalam membuat aplikasi asli dan khusus untuk platform Apple iOS, Google dan juga Windows. Untuk mengaksesnya, tinggal klik File lalu pilih Kit UI.

  1. Pengulangan Grid

Adobe XD jelas menawarkan fitur hebat, salah satunya ialah fitur Repeat Grid. Hadirnya Repeat Grid sendiri tentu akan membantu Anda menjalankan segala desain tertentu dengan mudah tanpa harus melakukannya secara manual. Waktu Anda pun tentu akan lebih hemat bukan?

  1. Simbol

Selanjutnya ada fitur Symbols pada Adobe XD yang cara kerjanya cukup mirip dengan aplikasi lain seperti Axure dan Illustrator. Symbols dapat Anda gunakan ketika Anda memiliki sebuah objek yang tidak biasa pada beberapa artboards, symbols akan membantu Anda untuk menyelesaikannya.

  1. Fitur Creative Cloud Libraries

Apakah Anda salah satu pengguna Creative Cloud yang membagikan aset seperti gaya karakter, warna, gambar, atau elemen lainnya ke aplikasi kreatid adobe Anda? Agustus 2017, Adobe telah menambahkan kemampuan khusus pada Adobe XD agar dapat mengakses aset tersebut.

  1. Fitur Prototype

adobe xd

Setelah bekerja keras mendesain artboards, mungkin Anda ingin melihat bagaimana aplikasi Anda akan bekerja. Adobe XD memiliki fitur Prototype yang memungkinkan Anda untuk melihat secara langsung bagaimana aplikasi Anda berjalan, apakah ada hal yang kurang sehingga Anda dapat menyempurnakannya. Solusi yang amat membantu bukan?

  1. Preview

Fitur yang satu ini tentu amat berguna bagi Anda yang ingin melihat pratinjau aplikasi secara menyeluruh. Bahkan Anda dapat membagikan prototypenya kepada rekan kerja dalam bentuk pratinjau. Setelahnya rekan kerja dapat memberikan komentar pada artboards Anda. Adobe XD jelas memberikan kemudahan yang tiada tara.

  1. Exports Assets

Ketika Anda mendesain aplikasi asli, biasanya Anda akan butuh mengekspor aset ciptaan Anda untuk diserahkan kepada para pengembang. Dengan Export Assets yang disediakan oleh Adobe XD, Anda akan dengan mudah melakukannya. Juga terdapat opsi ukuran, khusus Anda yang menggunakan objek vector.

Kelebihan Adobe XD

Mungkin Anda akan bertanya-tanya, apa kelebihan dari Adobe XD yang akan membantu Anda para designer untuk membuat berbagai aplikasi canggih dengan fitur-fiturnya, serta juga kemudahan dalam penggunaannya. Berikut beberapa kelebihannya.

  1. Focused Design Tools

Ketika menggunakan tools yang satu ini, Desainer akan dengan mudah membuat kerangka kerja yang jelas, kemudian juga membuat mockup hingga screen layouts serta production untuk desain lainnya. Tentu membuat aplikasi akan lebih mudah dengan menggunakan Adobe XD.

  1. Prototyping Tools

Jika Anda seorang desainer aplikasi mobile tertentu, ketika menggunakan Adobe XD akan dimudahkan karena adanya prototyping tools. Dengan adanya tools ini, Anda dapat membuat alur kerja yang rinci sehingga dari satu proyek ke proyek lainnya tidak akan saling terganggu.

  1. Built-in Sharing

Selanjutnya pada Adobe XD juga terdapat tools Built-in Sharing yang akan membantu Anda dalam merekam video selama waktu proses pengerjaan berlangsung. Dengan adanya fitur ini tentu akan membantu desainer lainnya untuk melakukan pengecekan melalui fitur Creative Cloud.

Baca juga : Cloud hosting untuk penyimpanan data web

  1. Asset Design From Photoshop, Illustrator dan Sketch

Kelebihan lainnya dari Adobe XD ialah Anda dapat mengakses aset desain dari beberapa perangkat lunak lainnya seperti sketch, photoshop, dan juga illustrator. Dengan kelebihan ini tentu akan memudahkan Anda dalam proses pekerjaan membuat desain aplikasi tertentu.

  1. Fast Performance

Mungkin Anda akan khawatir, apakah aplikasi canggih seperti Adobe XD akan mudah lagging atau ngelag karena banyaknya pekerjaan? Tentu Anda tidak perlu khawatir karena Adobe XD memiliki penawaran performa cepar, sehingga berapa banyak pun pekerjaan akan tetap lancar dan juga cepat.

Kekurangan Adobe XD

Dalam sebuah software atau aplikasi, tentu memiliki kelebihan yang akan membuat nyaman para penggunanya. Namun beberapa aplikasi tersebut juga memiliki kekurangan. Seperti Adobe XD, kelebihannya memang sangatlah menggiurkan, namun software yang satu ini juga memiliki kekurangan yang akan Anda rasakan ketika menggunakannya.

  1. Difficult Animating UI

Kekurangan pertama pada software ini, ketika Anda mendesain suatu prototype, maka Anda akan bisa menunjukkan apa saja yang akan ditampilkan dari aplikasi tersebut. Namun sayangnya dengan Adobe ini tidak ada tools animasi yang saling support dengan Adobe yang satu ini sehingga hal tersebut akan cukup menyulitkan para penggunanya.

  1. No CSS Export

Bagi Anda para designer, tentu tidak asing dengan tools CSS Export yang sering disematkan pada aplikasi desain. Dengan adanya tools yang satu ini, akan membuat designer bekerja lebih cepat dan juga lebih mudah alias simpel. Namun sangat disayangkan, pada Adobe XD tidak terdapat tools CSS Export.

  1. Fitur Copy dan Paste

Fitur Copy dan Paste tentu adalah fitur yang umum berada pada semua aplikasi. Dengan adanya fitur ini tentu akan memudahkan Anda dalam memindahkan objek dari desain satu ke lokasi lainnya. Namun Adobe XD malah membuat fitur copy dan paste yang cukup menyulitkan untuk digunakan.

  1. Prototype Live Preview

Yap, fitur Prototype Live Preview tentu akan memudahkan Anda untuk mengetahui letak-letak dari desain yang perlu perbaikan, atau melakukan penyempurnaan ketika melihat desain Anda yang sudah selesai dikerjakan. Namun sayangnya fitur ini sendiri baru bisa digunakan pada Mac.

Fitur yang cukup lengkap, kelebihan serta kekurangan pada bagian-bagian tertentu, dimiliki oleh Adobe ini. Sebagai seorang designer aplikasi, dalam penggunaan software ini, Anda perlu melakukan penyesuaian-penyesuaian tertentu untuk menyeimbangi kelebihan serta kekurangan yang Anda. Adobe XD tentu layak diperhitungkan.

Ayoni Sulthon

SEO Strategist DomaiNesia, ask me all about SEO and Digital Marketing.

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!