• Home
  • Berita
  • 10+ Kupas Tuntas Anonymous Proxy! Baca Biar Kamu Gak Kudet

10+ Kupas Tuntas Anonymous Proxy! Baca Biar Kamu Gak Kudet

Oleh Ayoni Sulthon
No ratings yet.
Kupas Tuntas Anonymous Proxy! Baca Biar Kamu Gak Kudet

Kamu sering mendengar istilah proxy ketika membaca berbagai majalah yang berkaitan dengan komputer dan internet ? Namun kamu tidak mengetahui apa itu proxy dan kegunaannya. Apalagi dengan adanya istilah Anonymous Proxy yang sangat terdengar asing di telinga. Padahal proxy ini sangat berguna dalam menjaga privasi kamu setiap kali berselancar di internet.

Menggunakan internet secara bebas bisa menjadi sumber cracker memperoleh alamat, data kamu, dan jenis perangkat yang kamu gunakan. Sisanya, cracker bisa saja menjual data identitas kamu kepada pihak yang mau membayarnya dengan harga tinggi. Pasti kamu tidak ingin itu semua terjadi dan perlu mengetahui cara memakai proxy bukan?.

Anonymous Proxy

Tenang saja ! Semua hal yang berkaitan dengan proxy akan dibahas di sini.

 Hubungan IP dengan Proxy

Setiap kali seseorang mengakses website di internet, maka internet akan memberikan informasi berupa alamat kepada perangkat. Alamat tersebut yang disebut sebagai Internet Protocol (IP). Kode IP ini biasa dipakai server untuk identifikasi dalam mengirim konten suatu website.

Server tersebut akan mencatat IP orang yang mengaksesnya. Alhasil, ada perangkat lain yang akan mengerti informasi kamu berupa email, data diri, video, dan lain-lain dari kode IP-mu yang dicatat oleh server.

Anonymous Proxy

Ini dapat membuat kamu menjadi tidak aman dan rentan terhadap cyber crime. Alamat yang dipakai setiap perangkat juga memiliki kode yang unik dan terpakai setiap mengakses internet. Lalu, apakah mungkin tersambung ke internet tanpa menggunakan IP? Jawabannya adalah tidak mungkin. Kamu tidak akan bisa berselancar di internet tanpa IP.

Kamu tidak akan dapat menonton acara TV secara streaming maupun mencari informasi di Google, karena semua itu perlu tersambung ke internet. Kamu perlu paham betapa pentingnya nomor IP seseorang ini dan jangan sampai ada orang lain mengetahuinya. 

Alasan Mengapa IP Perlu Dirahasiakan

Kamu sudah paham bahwa setiap perangkat memiliki IP yang berbeda, sehingga ini benar-benar mirip dengan kartu identitas. IP tersebut dapat dipakai untuk memblokir si pengguna dari login atau mengakses suatu situs. IP juga berisi identitas kita yang unik, sehingga mengandung banyak informasi pemiliknya.

Jika IP sampai jatuh ke tangan cracker, maka kamu bisa bernasib buruk. Cracker bisa memanfaatkan data tersebut untuk melancarkan aksi pembobolan akun kamu atau aksi kejahatan serius lain di dunia cyber. Kamu sekarang sudah semakin paham akan pentingnya merahasiakan IP yang tertera di perangkat kamu bukan. 

Pengertian Proxy dan Seberapa Pentingnya Proxy

Pembahasan akan dimulai dari definisi proxy terlebih dahulu untuk membuat kamu mengerti pentingnya menggunakan proxy. Definisi proxy adalah suatu cara akses internet dengan  memberikan informasi IP yang berbeda dari IP yang diterima perangkat. Sistem proxy memerlukan server guna menjalankan fungsinya.

Ada banyak sekali jenis proxy server yang saat ini ditawarkan di internet. Setelah kamu memahami definisi dari proxy, maka kamu perlu memahami cara kerjanya demi keamanan data kamu. Apabila diibaratkan proxy ini mirip dengan jembatan yang menghubungkan antara perangkat kamu dengan jaringan internet.

Penggunaan proxy saat ini lebih ditujukan untuk mengamankan identitas saat menggunakan internet. Beberapa data yang bisa disembunyikan adalah alamat, IP, dan data diri. Namun, proxy juga bisa berguna melakukan akses terhadap situs yang diblokir. Proxy juga bisa dipakai memblokir akses ke suatu negara oleh pengguna yang sedang berada di luar negeri.

Sebagian besar instansi perkantoran maupun sekolah menggunakan proxy dalam pembatasan akses ke suatu website atau media sosial. Tujuannya sudah pasti agar karyawan maupun murid bisa lebih fokus dalam bekerja maupun belajar.

 

Apa Itu Anonymous Proxy?

Pembahasan selanjutnya akan berkutat pada anonymous proxy yang masuk dalam salah satu jenis proxy. Jenis yang satu ini tidak akan mengirimkan alamat IP asli dari perangkat kamu. Ini sangat berbeda dengan transparent proxy yang akan memberikan informasi IP saat akses internet.

Anonymous proxy ini bisa dipasang ke sebuah website, sehingga sering disebut anonymizer atau anonymizer website. Proxy ini dapat menghapus keterangan informasi sebelum disampaikan ke target koneksi. Kamu juga tidak perlu software tambahan maupun script. Proxy yang satu ini justru bisa mengetahui informasi dari target yang akan disambungkan.

Proxy ini juga memiliki fungsi yang sama dengan proxy lain yang berupa membantu menghindarkan pengguna dari berbagai iklan marketing online, mendapatkan informasi yang diinginkan tanpa diketahui lokasinya, menghindari sensor, melindungi dari cracker, dan melindungi sejarah penelusuran kamu.

Yakin Anonymous Aman?

Kamu bertanya-tanya mengenai seberapa aman dari proxy ini dibandingkan dengan jaringan proxy lain. Jawabannya adalah kamu bisa menggunakan proxy ini dengan aman selama disediakan oleh vendor terpercaya. Namun saat kamu menemukan adanya iklan penyedia proxy gratis, sebaiknya berhati-hati.

Itu bisa saja merupakan jebakan pemerintah atau cracker untuk mendapat identitas dan mencuri data para penggunanya. Jangan mudah tertipu dengan kata gratis, karena pada dasarnya di dunia ini tidak ada yang benar-benar gratis. Hanya saja kelemahan dari proxy jenis ini adalah koneksi internet akan jadi sedikit melambat. 

Cara Menggunakan Anonymous Proxy Secara Aman

Ada banyak langkah yang bisa kamu lakukan supaya kegiatan mengakses internet bisa lebih aman. Informasi ini bisa kamu pakai saat sedang mencari proxy server terpercaya. Beberapa langkah tersebut:

anonymouse proxy

  1. Cari proxy server yang memberikan enkripsi antara proxy server dengan target tersambung. Hal ini bisa membantu melindungi data dari pencuri.
  2. Kamu perlu mengecek bagian permintaan koneksi dengan jalan memberikan sinyal melalui anonymous proxy server.
  3. Cari informasi mengenai seberapa cepat proxy bekerja saat kamu menggunakan alat pengukur kecepatan internet.

Beberapa Jenis Anonymous Proxy Terpercaya

Kamu berniat menggunakan anonymizer proxy yang terpercaya dan bingung harus mencarinya dimana. Setidak ada beberapa daftar berikut yang bisa menjadi referensi kamu dalam menentukan jenis proxy yang akan dipakai. Daftarnya bisa kamu lihat berikut.

Hidester

Kamu yang menggunakan Hidester tidak perlu melakukan install software maupun aplikasi sama sekali. Ada sebuah situs tersendiri yang bisa kamu akses di berbagai macam platform, termasuk smartphone kamu. Selain itu, kamu juga tidak perlu mengisi bagian pendaftaran di situs tersebut.

Proxysite.com

Kamu mencari anonymizer proxy yang bisa mengakses ke media sosial, maka pilihlah Proxysite. Beberapa media sosial yang dapat kamu akses yaitu Youtube dan Facebook. Tidak perlu lagi keluar dari kantor kamu agar bisa mengaksesnya. Proxy ini dapat memastikan kamu bisa berselancar internet dengan aman berkat enkripsi Secure Socket Layer (SSL).

Hide.me

Salah satu proxy yang aman dan tidak mencatat apapun dari IP kamu adalah Hide.me. Bahkan, Chrome web store juga memiliki ekstensi ke Hide.me.

Kproxy

Proxy yang berikutnya adalah Kproxy yang mana memiliki subskripsi berbeda dalam penyesuaian dengan perangkat user. Hebatnya proxy ini juga menawarkan segudang layanan, seperti download tak terbatas, tidak adanya iklan, dan bisa memilih akses ke server premium.

 

 

Ayoni Sulthon

SEO Strategist DomaiNesia, ask me all about SEO


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!