• Home
  • Berita
  • Apa Itu Accelerometer, 10 Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya

Apa Itu Accelerometer, 10 Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya

Oleh Ayoni Sulthon
No ratings yet.
Apa Itu Accelerometer,

Dalam sebuah perangkat ponsel, terdapat sensor accelerometer yang manfaatnya bisa Anda rasakan hingga saat ini. Berikut informasi selengkapnya mengenai ap aitu accelerometer dan mengapa sensor ini begitu penting mulai dari penjelasan, cara kerja, fungsi, kelebihan hingga contoh-contoh penggunaannya.

Karena teknologi, manusia bisa merasakan kemudahan demi kemudahan setiap harinya, salah satunya dengan akselerometer. Mungkin Anda asing dengan namanya. Padahal benda ini selalu menemani hari-hari Anda. Ingin tahu penjelasan lengkapnya? Simak hingga akhir, ya!

Mengenal Accelerometer

Pengertian akselerometer sendiri merupakan sebuah sensor yang digunakan untuk mengukur kecepatan. Karena inilah ia sering disebut sebagai sensor accelerometer atau alat vibration sensor.

Pengukur percepatan ini mampu mengidentifikasi/mengukur, baik statis maupun dinamis. Pengukuran dilakukan berdasarkan objek bergerak dan bergravitasi. Alat ukur kecepatan statis terjadi dengan menitikberatkan pada gravitasi bumi, sedangkan pengukuran dinamis berfokus pada objek yang sedang bergerak.

Dengan kata lain, getaran dan gravitasi mempengaruhi perintah otomatis sebuah benda yang di dalamnya ditanamkan akselerometer.

Sebenarnya manfaat yang diberikan alat ini sudah Anda rasakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, dalam penggunaan gadget.

Jika Anda penasaran bagaimana bisa alat ini mengukur percepatan daya tarik bumi dan vibrasi dalam ponsel Anda, berikut penjelasan mengenai cara kerjanya.

Prinsip Kerja Accelerometer

Akselerator memegang prinsip percepatan sebuah per dan beban. Keduanya dilepaskan hingga beban bergerak dengan percepatannya sampai kondisi tertentu sampai berhenti.

Apa Itu Accelerometer, 10 Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya

Yang terjadi ketika keduanya dilepaskan adalah beban akan berayun ketika terjadi goncangan. Ini akan menghasilkan pengukuran pada chip akselerometer. Supaya bisa mendeteksi 3 dimensi objek, diperlukan 3 alat yang tepasang tegak lurus dalam masing-masing chip tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Accelerometer

Terdapat dua kelebihan yang dimiliki alat ukur percepatan ini. Pertama, harganya yang terjangkau membuatnya banyak dipakai di berbagai sektor. Selain karena harganya yang lebih murah, hasil pengukurannya juga dinilai akurat ketika sistem sedang dalam keadaan statis.

Meskipun tergolong canggih, akselerometer juga memiliki beberapa kelemahan dalam prakteknya. Alat ini membutuhkan listrik dalam jumlah banyak sehingga menyebabkan baterai ponsel cepat habis.

Selain itu, responnya juga cukup lamban karena tidak bisa mengikuti pergerakan yang cepat. Terakhir yaitu hanya mampu membaca dua sumbu atas dan bawah karena dipengaruhi gravitasi.

Di balik kelemahannya tersebut, tetap saja akselerometer ini begitu berpengaruh besar dalam bidang industri dan juga pengetahuan alam. Berikut contoh penggunaannya.

Contoh Penggunaan Accelerometer

  • Transportasi

Kendaraan bermotor umumnya menggunakan pengukur ini untuk mendeteksi penurunan percepatan drastis yang terjadi ketika tabrakan. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa mengecek kecepatan yang ditampilkan pada kendaraan dari pengukuran akselerometer.

Tidak hanya mobil, chip ini juga digunakan dalam contoh transportasi lain seperti pesawat tempur. Kegunaannya yaitu sebagai komponen sistem navigasi, mendeteksi, serta memonitor getaran pada mesin putarnya.

Apa Itu Accelerometer, 10 Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya

  • Bidang Medis

Selain transportasi, alat ini juga banyak diaplikasikan dalam bidang kesehatan. Apakah Anda pernah memakai sport watch saat berolahraga? Setiap langkah yang terhitung dan ditampilkan jam olahraga tersebut adalah berkat pengukuran akselerometer.

  • Peralatan Elektronik

Notebook atau laptop yang Anda miliki juga sebenarnya dilengkapi dengan akselerometer untuk mengevaluasi goncangan misalnya saat laptop terjatuh. Saat kondisi ini terjadi, hard drive akan diproteksi sehingga data yang tersimpan tidak akan hilang/rusak.

Pada laptop premium, penggunaan alat ukur ini juga digunakan untuk mengubah layar menjadi portrait atau landscape.

Fungsi Accelerometer pada Ponsel

Selain beberapa manfaat di atas, akselerometer juga dapat memberikan fungsi berbeda tergantung dari alat yang digunakannya. Misalnya pada perangkat mobile yang sudah dirasakan manfaatnya oleh jutaan penggunanya di seluruh dunia.

Akselerometer sudah sering dimasukkan dalam perangkat smartphone pribadi Anda untuk berbagai fungsi berikut.

  • Motion input

Tidak hanya berfungsi pada sport watch, alat pendeteksi getaran ini juga bisa diakses perangkat lunak seperti aplikasi olahraga.  Alat inilah yang menghitung jumlah langkah saat Anda berjalan seharian dan berapa lama Anda bergerak. Tidak hanya itu, karena dialah Anda bisa mengetahui berapa kecepatan saat Anda berlari menggunakannya.

  • Shake control

Antar muka pada layar ponsel juga diatur oleh akselerometer, sehingga tampilan HP Anda menyesuaikan posisi layar saat dibolak-balikkan ke atas dan ke samping. Jadi, saat Anda menggoyangkan telepon, arah fiturnya juga berubah dan tetap berfungsi dengan baik.

Selain rotasi, Anda juga bisa menggunakannya untuk mengganti playlist dalam aplikasi musik dengan cara menggerakkannya.

  • Sensing orientation

Penggunaan aselerometer pada ponsel juga dapat berfungsi untuk memaksimalkan sensor kemiringan. Misalnya, saat mendeteksi gerakan sensitive dari games yang dimainkan di aplikasi. Karena inilah tampilan aplikasi games bisa sesuai dengan perintah yang Anda mau. Jika ingin objek permainan bergerak, Anda hanya perlu memutarnya hingga arah kemiringannya sesuai dengan yang Anda tentukan.

  • Sound recording

Selain merespon gerakan rotasi dan sensitivitas kemiringan, akselerator dalam ponsel juga dapat merespon getaran tekanan udara melalui mikrofonnya. Ini menyebabkan percepatan sehingga perangkat HP bisa digunakan untuk merekam.

  • Image stabilization

Gambar yang Anda ambil di ponsel juga dijaga oleh alat pengukur ini untuk menstabilkan tangkapan gambar dan menjaganya dari kekaburan. Ia bisa mengurangi gerakan yang menyebabkan blur saat mengambil foto di kamera. Akselerometer juga membuat kamera otomatis memutar gambar ketika akan dilihat.

Kesimpulan

Selain fungsi utamanya sebagai pengukur percepatan getar dan gravitasi, accelerometer banyak mengambil peran dalam banyak sektor industri. Dari bentuknya, sensor ini terlihat seperti rangkaian sederhana pada perangkat teknologi dalam ukuran besar seperti kendaraan, jam tangan, handphone, dan masih banyak contoh lainnya.

Alat ini memberikan banyak fungsi tergantung di mana ia ditanamkannya. Misalnya pada sebuah perangkat mobile yang sudah Anda sering temui dalam kehidupan sehari-hari sebagai berikut.

  • Menstabilkan tangkapan gambar atau stabilisasi pada fitur kamera sehingga bisa meminimalisir blur saat menangkap foto atau merekam video.
  • Sebagai shake control agar saat digoyangkan bisa mengubah fitur, mengganti daftar lagu tanpa menyentuh layar, dan bermain game di aplikasi yang memerlukan banyak gerakan miring serta rotasi.
  • Selain mendeteksi gerakan ponsel, penggunaan akselerometer juga banyak digunakan dalam aplikasi kesehatan. Penggunaannya yaitu dengan membawa media aselerometer pada pakaian Anda. Hasil pengukuran alat ini akan muncul secara otomatis pada layar, seperti berapa langkah yang tercatat, berapa lama Anda bergerak, hingga jumlah kalori yang dibakar.
  • Mengontrol antarmuka pengguna, yaitu bisa mengganti tampilan layar dari horizontal menjadi vertikal. Saat Anda menggerakkan HP ke arah kanan atau kiri, tampilan screen akan berubah otomatis menjadi landscape, begitupun sebaliknya.

Itulah tadi informasi mengenai ap aitu accelerometer. Selain memahami pengertiannya, Anda akhirnya tahu kelebihan, fungsi hingga contoh penggunaannya yang ternyata banyak diaplikasikan di berbagai industri.

Sebagian besarnya dimanfaatkan untuk teknologi terkini, seperti alat elektronik ponsel. Komponen sensor akan diintegrasikan ke dalam perangkat tersebut. Kemudian, hasilnya bisa ditunjukkan lewat perantara perangkat lunak yang ada di smartphone Anda. Semoga informasi ini bermanfaat!

Ayoni Sulthon

SEO Strategist DomaiNesia, ask me all about SEO and Digital Marketing.

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!