Home  »  Permulaan   »   Cara Mengatasi Gambar Tidak Muncul Saat Dishare di Facebook

Cara Mengatasi Gambar Tidak Muncul Saat Dishare di Facebook

Last Update:

Cara Mengatasi Gambar Tidak Muncul Saat Dishare di Facebook
Hi DomaiNesians! Social media adalah salah satu aspek yang cukup penting agar website atau toko online kamu dikenal orang. Bagaimana mungkin toko kamu yang masih baru bisa diketahui orang tanpa share di Twitter, Facebook, Instagram atau yang lainnya. Permasalahan muncul ketika website/ toko online telah siap namun error ketika di share. Apakah kamu pernah mengalaminya? Jadi ketika link diposting, maka gambar “thumbnail” tidak muncul. Kira-kira apa sebabnya ya? Bagaimana cara mengatasi gambar tidak muncul saat dishare di Facebook? Yuk ikuti panduan berikut ini.

Penyebab Gambar Tidak Muncul di Facebook

Dikutip dari wpbeginner, untuk mendeteksi error pada Facebook memang cukup sulit. Karena pada mode debug tidak muncul error yang spesifik. Namun berikut ini ada beragam alasan mengapa Facebook tidak mau membaca gambar sebagai thumbnail,

  1. Gambar memiliki tag og:image yang berbagai macam. Hal ini bisa jadi karena featured image lebih kecil daripada gambar yang diupload.
  2. Gangguan pada plugin cache
  3. Isu CDN misalnya CloudFlare error
  4. Hilangnya meta tag OG (Open Graph) dari gambar (thumbnail image)

Cara Mengatasi Gambar Tidak Muncul Saat Dishare di Facebook

Lalu bagaimana jika link yang ingin diposting tidak muncul gambar saat dishare? Tenang saja! Ada bermacam-macam cara yang bisa kamu lakukan untuk mensiasati hal ini.

Upload Manual dari Facebook

Ketika link tidak muncul gambar saat dishare, akan ada tulisan 404 pada bagian thumbnail gambar. Nah, jika terjadi hal seperti itu silakan upload gambar secara manual. Kamu bisa klik Foto/ Video lalu pilih gambar atau klik tanda “+”.
Solusi Gambar Tidak Muncul Saat Share di Facebook

Menggunakan Plugin Yoast SEO di WordPress

Jika kamu pengguna WordPress, jangan khawatir. Kamu bisa mensiasati gambar yang tidak muncul dengan menggunakan plugin Yoast SEO. Plugin Yoast SEO adalah salah satu plugin yang wajib kamu instal di WordPress karena kelebihannya dalam urusan Search Engine Optimization. Bagaimana Yoast SEO dapat menjadi solusi gambar thumbnail tidak muncul di Facebook?
Solusi Gambar Tidak Muncul Saat Share di Facebook
Coba scroll ke bawah dan temukan plugin Yoast SEO. Kemudian klik tombol share lalu terdapat beberapa form seperti Facebook Title, Facebook Description, dan Facebook Image. Nah, ketika kamu menulis artikel jangan lupa lengkapi bagian Yoast SEO ya. Untuk mengantisipasi gambar tidak muncul ketika share di Facebook, silakan upload gambar pada bagian Facebook Image. Kamu bisa klik Upload Image setelah memilih gambar yang diinginkan.

Baca Juga: 5 Plugin WordPress Yang Wajib Kamu Punya!

Dengan Yoast SEO, kamu bisa membuat konten sesuai dengan kaidah SEO, membuat sitemap dengan format XML, menambah meta description, mengubah judul konten dan judul halaman, mengubah .htaccess, mengubah robots.txt dan sebagainya. Kamu juga bisa memanipulasi caption yang akan di share di social media seperti Facebook atau Twitter agar lebih menarik.

Menggunakan Tool Facebook Debugger

Untuk mengetahui pesan error lebih lanjut, kamu bisa gunakan Facebook Debugger. Silakan masukkan URL artikel WordPress pada link Facebook Debugger
https://developers.facebook.com/tools/debug/sharing/
Solusi Gambar Tidak Muncul Saat Share di Facebook

Nanti akan ada pesan error yang muncul.

Kesimpulan

Ada beberapa cara mengatasi gambar tidak muncul saat dishare di Facebook. Kamu bisa upload gambar manual, menggunakan bantuan plugin Yoast SEO, atau lainnya. Tergantung dengan pesan error yang muncul ya DomaiNesians! Agar website kamu aman, segera pasang SSL ya. Jika bingung, bisa cek Tips Memilih SSL Untuk Pemula.

Please rate this


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!