• Home
  • Berita
  • Mengenal Carrd Co, Kelebihan Hingga Cara Membuat Carrd Co

Mengenal Carrd Co, Kelebihan Hingga Cara Membuat Carrd Co

Oleh Mila Rosyida

Teknologi yang semakin berkembang membuat semua orang dapat dengan mudah melakukan aktivitasnya. Salah satunya untuk mempelajari dan mempraktikkan cara membuat website impian tanpa perlu menguasai coding.

Kini sudah banyak bermunculan website builder seperti Wix, Strikingly, dan masih banyak lagi. Pada pembahasan kali ini, DomaiNesia akan mengajak kamu untuk memahami seputar carrd.

Pernah mendengar apa itu carrd? Yuk langsung kita bahas bersama mulai dari pengertian dan cara membuat carrd. Scroll terus penjelasannya hingga tuntas ya!

Apa itu Carrd Co?

Sebelum beranjak untuk membahas cara membuat carrd co, yang pasti kamu harus mengenal terlebih dahulu pengertiannya. Carrrd co atau carrd adalah platform pembuatan website one-page yang sederhana dan mudah digunakan.

Dibandingkan dengan platform pembuatan website yang lebih kompleks seperti WordPress atau Wix, Carrd lebih terfokus pada pembuatan website yang cepat dan mudah dilakukan, terutama untuk keperluan personal atau proyek kecil.

Saat menggunakan Carrd, kamu bisa menemukan berbagai macam template dan desain yang bisa kamu sesuaikan sesuai kebutuhan. Tak hanya template yang tersedia, kamu  juga bisa menambahkan berbagai jenis elemen seperti gambar, teks, tombol, formulir, dan widget media sosial ke dalam halaman website. 

carrd co

Perlu aplikasi pihak ke-3 untuk memenuhi kebutuhan website? Tenang, Carrd co juga menyediakan integrasi dengan beberapa layanan pihak ketiga seperti Google Analytics, MailChimp, dan Stripe untuk mempermudah manajemen website.

Siapa yang sering memanfaatkan platform Carrd co? Platforrm ini merupakan pilihan yang tepat bagi pengguna yang ingin membuat website sederhana dengan cepat dan mudah tanpa memerlukan pengetahuan teknis yang mendalam.

Bisa dibilang bahwa Carrd co ini cocok untuk pengguna yang ingin mencoba menerapkan cara membuat landing page dan mengembangkan website sederhana seperti website profile, portfolio, atau undangan online.

Ingin membangun website sederhana dengan Carrd co? Kamu bisa kok menggunakannya secara gratis dengan fitur terbatas, namun jika ingin menggunakan fitur yang lebih kompleks maka kamu bisa mulai di harga 9 USD per tahunnya.

Apa Saja Fitur yang Ditawarkan?

Platform satu ini memiliki banyak fitur yang dapat digunakan untuk mmengembangkan website one page. Fitur-fitur yang ditawarkan seperti:

  • Banyak pilihan template siap pakai dengan desain dan layout yang siap pakai yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan.
  • Tersedia 1 hingga 25 situs website untuk satu akun tergantung dari paket langganan yang dipilih.
  • Elemen yang bisa dimodifikasi seperti custom style dan juga Js event.
  • Tersedia custom domain sendiri untuk halaman web yang dibuat.
  • Mendukung integrasi dengan layanan pihak ketiga mulai dari Facebook, Google Analytic, Stripe, MailChimp, ConvertKit, EmailOctopus, dan lain sebagainya.
  • Mendukung berbagai jenis media untuk diunggah seperti foto, video, hingga musik.
  • Embed code atau memungkinkan untuk menyematkan tag html atau javascript ke dalam halaman website.
  • Halaman yang dibuat dengan platform ini didesain secara responsif, sehingga tampilan website akan menyesuaikan dengan ukuran layar pengguna.

Kelebihan Carrd Co

Memang sudah banyak website builder lain yang lebih terkenal. Namun ada beberapa alasan yang mendasari platform ini layak untuk kamu coba.

Dukungan komunitas yang baik

Kelebihan pertama yang menjadi kunci dari penggunaan teknologi adalah dukungan komunitas. Carrd memiliki komunitas pengguna yang aktif dan dukungan yang baik dari tim pengembangnya. Jadi kamu tidak perlu pusing untuk memikirkan permasalahan sendiri karena kamu dapat memperoleh bantuan jika mengalami masalah atau memerlukan bantuan dalam penggunaanya.

Template Siap Pakai

Menyediakan berbagai macam template yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan pengguna. Template tersebut sudah dilengkapi dengan desain dan layout yang siap pakai, sehingga proses pembuatan website bisa dilakukan dengan lebih cepat dan mudah.

Mudah Digunakan

Tak hanya perlu dukungan komunitas, tampilan yang mudah digunakan juga diperlukan apalagi bagi pengguna yang tidak paham masalah teknis. Carrd dirancang untuk digunakan oleh orang-orang yang tidak memiliki pengalaman teknis dalam membangun situs web. Oleh karena itu, antarmuka penggunaannya mudah dipahami dan digunakan.

Desain Responsif

Halaman yang dibuat dengan Carrd didesain secara responsif, sehingga tampilan website akan menyesuaikan dengan ukuran layar pengguna. Tanpa perlu memikirkan tampilan dibanyak perangkat lagi deh jika menggunakan platform ini. 

Pembuatan Halaman Satu Arah

Platform ini memungkinkan pengguna untuk membuat halaman website yang terdiri dari satu halaman saja atau one page. Sehingga dapat meningkatkan kecepatan loading halaman dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Harga Terjangkau

Kelebihan terakhir dari platform ini adalah menawarkan harga yang terjangkau untuk fitur-fiturnya yang lengkap. Sehingga bisa menjadi alternatif CMS yang lebih ekonomis jika dibandingkan dengan WordPress atau Drupal.

Cara Membuat Carrd Co

Jika kamu sudah memahami penjelasan sebelumnya, berarti kamu sudah siap untuk langsung mengikuti cara membuat cardd co. Siapkan laptop, komputer, atau smartphone milikmu untuk mengikuti setiap langkah-langkahnya.

Cara Membuat Carrd Co Melalui PC

Berikut cara membuat Carrd Co melalui PC, antara lain :

Akses laman resmi carrd.co

Cara membuat Carrd co pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka halaman resmi carrd.co kemudian lakukan pendaftaran menggunakan alamat email jika kamu belum memiliki akun. 

Tentukan pilihan

Setelah berhasil masuk menggunakan akun milikmu, kamu akan disuguhkan dua pilihan apakah ingin menggunakan template yang sudah disediakan atau membuat template sendiri.

Membuat template sendiri

Apabila kamu memilih untuk membuat template sendiri, maka kamu bisa klik persegi panjang pada halaman pojok kanan atas. Berikut penjelasan untuk masing-masing ikon yang termasuk ke menu yang ada di persegi panjang.

  • Ikon plus, digunakan untuk menambahkan elemen seperti container, gambar, video, ikon, link, button, dan lain nya.
  • Ikon undo dan redo, digunakan untuk mengembalikan perubahan yang sudah dilakukan.
  • Preview, melihat preview animasi yang sudah ditambahkan pada halaman website.
  • Mobile preview, digunakan untuk mengubah tampilan menjadi tampilan pada mobile agar bisa memastikan apakah tampilan sudah responsif. 
  • Publish site, digunakan untuk mengunggah situs yang sudah berhasil dibuat.
  • Ikon tiga garis bertumpukan, digunakan untuk melihat menu lain nya. 

Cara membuat carrd co

Lanjut untuk cara membuat carrd co. Tidak perlu khawatir karena kamu tinggal drag and drop saja untuk menggunakannya! Penjelasan dan cara lengkapnya di bawah ini.

  • Pilih template yang akan digunakan.
  • Apabila ingin mengubah personal profil, kamu bisa langsung mengubah gambar dengan cara klik ikon gambar yang tersedia pada template, kemudian pilih gambar yang kamu inginkan.
  • Untuk mengubah teks yang tersedia, maka kamu langsung saja klik ikon teks lalu ubah sesuai keinginanmu. Selain untuk mengubah konten teks, kamu juga bisa mengubah font yang digunakan dengan cara klik teks yang ingin diubah lalu pilih ikon kuas pada bilah yang muncul di sebelah kiri dan cari  “font”. Tak hanya mengubah font, kamu juga bisa menyesuaikan warna teks, ukuran, jarak teks, rata teks, dan lainnya. 
  • Lalu untuk cara membuat carrd co dengan mengubah kontainernya, kamu bisa langsung klik container yang ingin disesuaikan. Lalu akan disajikan pilihan untuk mengubah warna background, pattern yang digunakan, dan banyak lagi.
  • Selain mengedit template yang sudah tersedia, kamu juga bisa untuk menambahkan elemen pendukung agar websitemu tampil lebih menarik, seperti menambahkan video tutorial, penjelasan dalam bentuk gambar, menambahkan galeri foto, menambahkan ikon pendukung, dan banyak lagi yang bisa kamu eksplor. 
  • Jika sudah merasa puas dengan website yang kamu bangun, kini saatnya masuk ke cara membuat carrd co yang terakhir yaitu publikasi. Caranya cukup mudah yaitu klik ikon garis tiga bertumpukan lalu pilih “publish” dan lengkapi title, description, dan URL untuk mengunggah website tersebut. 

Cara Membuat Carrd Co Melalui Smartphone

Sama halnya dengan cara membuat carrd co melalui pc, yaitu dengan mengakses website resminya melalui browser. Kemudian lakukan log in jika sudah memiliki akun atau daftar jika belum memiliki akun.

Jika sudah maka kamu akan diarahkan ke halaman yang sama persis dengan yang diakses melalui PC. Pilih tema yang tersedia, lakukan perubahan jika dibutuhkan, dan unggah website ke URL yang sudah ditentukan.

Mudah kan? Bahkan kamu bisa kok untuk melihat tampilan websitemu ke mode PC untuk memastikan tampilannya sudah rapi. 

Beli Email Hosting

Siap Membuat Website Responsive Sendiri?

Saat membutuhkan website yang responsive, menarik, namun tidak bisa coding maka carrd adalah jawaban dari kebutuhanmu.

Cukup melakukan pendaftaran email, memilih template atau menggunakan template sendiri, menyesuaikan dengan konten yang dibutuhkan, dan website responsive pun sudah bisa ada di tanganmu tanpa harus melakukan coding lagi!

Harga berlangganan yang tergolong murah jika dibanding website builder lain, bahkan kamu bisa menggunakannya secara gratis dengan fitur yang terbatas.

Yuk coba buat website profile atau portofolio sendiri untuk meningkatkan kredibilitas! Nah, agar lebih lama lagi, jangan lupa untuk menggunakan layanan domain dan hosting terbaik hanya di DomaiNesia ya! Selamat mencoba.

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds