• Home
  • Berita
  • Apa Itu Domain Premium? Ciri & Kelebihannya!

Apa Itu Domain Premium? Ciri & Kelebihannya!

Oleh Ratna Patria

Sebuah website dibentuk dari berbagai macam komponen-komponen agar menjadi satu kesatuan tampilan yang dapat memberikan informasi, pengetahuan atau data-data penting yang ada di dalamnya. 

Untuk membuat website yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat di internet, kamu memerlukan proses layanan hosting dan memiliki alamat URL dengan domain sesuai apa yang kamu inginkan. Namun, tidak semua yang kita inginkan itu tercapai, ada saja halangannya seperti nama domain sudah digunakan, atau domain tersebut memiliki harga lebih mahal daripada yang lain. Domain ini sering disebut sebagai domain premium, apa itu domain premium? Yuk kita bahas tuntas!domain premium

Apa Itu Domain Premium?

Domain premium adalah domain yang terindikasi memiliki banyak peminatnya dan memiliki harga yang lebih tinggi daripada domain-domain lainnya. Biasanya domain premium adalah pilihan para pemilik bisnis yang ingin memulai branding merek mereka dengan menggunakan domain yang lebih terpercaya dan mudah dihafal oleh para pengunjung website mereka.

Perbedaan yang paling menonjol daripada domain gratis hanya pada top level domain yang lebih singkat. Biasanya, alamat pada domain premium hanya memiliki karakter yang terbatas dari 2 hingga 4 karakter saja, oleh karena itu domain premium ini sangat penting untuk memudahkan para pengunjung mengakses website dimanapun dan kapanpun. Kemudian hal ini dapat berdampak pada traffic dari sebuah website menjadi meningkat.

Tentu saja, bagi beberapa perusahaan dengan keuntungan yang cukup besar, domain premium adalah sebuah investasi bagi sebuah bisnis untuk memudahkan para pengunjung menghafal URL dari bisnis kamu. Mereka tidak keberatan merogoh kocek yang cukup banyak karena akan berdampak besar kepada berjalannya sebuah bisnis. Jadi mulai pertimbangkan menggunakan domain premium ya!

Selain yang sudah disebutkan diatas, ada nggak ya ciri ciri lain dari domain premium ini? Mari kita cari tahu dari penjelasan di bawah ini!

Ciri-ciri Domain Premium

Secara tidak sadar, kita menghafal sebuah alamat domain karena terbiasa membukanya. Tetapi bisa jadi karena memang alamat website tersebut mudah kita hafalkan, dan dekat dengan kata-kata yang digunakan sehari-hari. Berikut merupakan ciri-ciri dari domain premium yang perlu kamu tahu:

1. Nama domain yang singkat, padat dan mudah diingat!

Dengan harga yang tidak murah, kamu bisa bebas mengatur nama domain agar lebih singkat dan mudah diingat. Dengan beberapa karakter tersebut, membuat nama domain unik dan menjadikan website kamu pilihan utama yang akan dicari daripada website-website kompetitor lain yang tidak menggunakan domain premium. 

2. Menggunakan TLD yang Terpercaya

Setelah nama domain yang singkat, biasanya pengguna domain premium menggunakan TLD (Top Level Domain) atau ekstensi dari domain yang terpercaya dan umum dikalangan masyarakat. Seperti .id .org .com dan sebagainya. Masyarakat menjadi lebih yakin bahwa website yang akan dibuka merupakan website resmi yang tidak perlu diragukan lagi keasliannya.

3. Mengandung Keywords yang Mudah Dicari!

Para perusahaan memanfaatkan domain premium ini agar mudah ditemukan dan dihafal oleh konsumennya. Oleh karena itu, nama domain terkadang menggunakan kata umum yang sering kita dengar pada kehidupan sehari-hari agar konsumen tidak perlu lagi menghafal kata-kata yang lebih susah. 

Bagaimana? sekarang kamu sudah bisa membedakan domain gratis dan domain premium bukan? Selanjutnya mari kita kupas agar kamu lebih yakin, apa sih kelebihan dari domain premium? Kenapa bisnis kamu membutuhkan domain premium ini? simak penjelasan di bawah ini ya!domain premium

Kelebihan Domain Premium

Setelah mengetahui penjelasan dan ciri-ciri dari domain premium, agar lebih yakin kamu juga harus mengetahui kelebihan dari domain premium agar dapat menerapkan strategi marketing yang tepat untuk bisnis kamu. Di luar penjelasan yang akan disebutkan, sangat banyak kelebihan lain yang bisa didapatkan dengan menyesuaikan bidang bisnis yang akan kamu jalani. Berikut merupakan kelebihan dari domain premium

1. Mendapat Kepercayaan dari Konsumen dan Meningkatkan Kredibilitas

Domain premium adalah domain yang membutuhkan dana yang cukup besar. Pastinya, pemilik bisnis sudah memikirkan secara matang apakah layak untuk membeli sebuah domain premium demi berjalannya sebuah bisnis. Dengan karakter yang singkat, kemudian menggunakan TLD atau ekstensi domain yang umum diketahui orang sebagai website yang aman dan terpercaya, membuat para konsumen tidak memiliki ketakutan atau kekhawatiran terkait informasi pada website tersebut. Jika terdapat kegiatan transaksi pun, konsumen akan lebih memilih website dengan kredibilitas yang tinggi daripada yang tidak memiliki kredibilitas sama sekali. Itulah mengapa kepercayaan konsumen sangat penting dalam berjalannya sebuah bisnis.

2. Mudah Diingat

Masih berkaitan dengan kelebihan sebelumnya, domain premium ini sangat mudah diingat karena hanya menggunakan sedikit karakter. Jika kamu bersaing dengan kompetitor yang tidak menggunakan domain premium, alamat website kamu akan muncul pertama kali di benak para konsumen karena tidak memerlukan usaha yang berarti untuk menghafalnya. Pastinya hal ini akan berpengaruh pada traffic website yang akan jauh berbeda dengan menggunakan domain gratis. 

3. Investasi Teknologi untuk Bisnismu!

Dengan harga yang tidak murah, tentu saja domain premium adalah sebuah teknologi yang dapat diinvestasikan. Mengapa? Karena domain premium akan menjadi identitas sebuah website selamanya dan akan sangat berdampak terhadap perkembangan sebuah bisnis yang sedang dijalankan. Berawal dari meningkatkan traffic kunjungan kemudian berdampak kepada penjualan produk pada sebuah website, dan sehingga seiring berjalannya waktu revenue dari bisnis kamu akan ikut meningkat bahkan dapat berkali-kali lipat dari harga domain premium yang kamu beli.

Sudah semakin yakin dengan kelebihan-kelebihan domain premium? Jika sudah, mulailah merancang anggaran yang akan dikeluarkan dan nama domain yang akan dibuat, jika kamu membutuhkan contoh-contoh dari perusahaan besar yang sukses, cek penjelasan di bawah ini ya!

Contoh Nama Domain Premium

Jika kamu membutuhkan inspirasi sebelum membeli domain premium, maka kamu harus mengetahui contoh-contoh perusahaan besar yang menggunakan domain premium dengan harga yang fantastis! berikut merupakan daftarnya

  1. www.xl.co.id 
  2. www.fb.com 
  3. www.ui.ac.id 
  4. www.ovo.id 
  5. www.dana.id 

dan masih banyak lagi perusahaan-perusahaan besar yang menggunakannya. Sangat sederhana bukan? namun dengan harga fantastis tersebut akan terbayarkan dengan naiknya traffic pengunjung dan dapat meningkatkan brand awareness yang membuat para pengunjung mudah mengingat alamat website kamu. Sudah cukup yakin untuk menggunakan domain premium? Jika masih bingung cara membelinya, simak penjelasan di bawah ini!

Cara Membeli Domain Premium 

Jika kamu sudah yakin akan membeli domain premium, pastikan kamu menggunakan layanan yang terpercaya seperti domain premium pada DomaiNesia kemudian tentukanlah budget yang sekiranya akan kamu keluarkan untuk domain premium ini. Jika sudah aman, maka saatnya kamu untuk memilih domain mana yang akan dibeli, berikut tata cara dalam membeli domain premium dengan mudah dan cepat!

1. Mengakses Halaman Website DomaiNesiadomain premium

Pertama, akses halaman DomaiNesia sebagai layanan penyedia hosting dan domain termurah di Indonesia. Pada halaman tersebut terdapat beberapa menu terkait domain-domain yang disediakan.

2. Mencari Nama Domain yang Ingin Kamu Belidomain premium

Selanjutnya, cari nama domain premium sesuai keinginan kamu yang berisikan 2-4 karakter pada nama domain. Jika sudah, klik tombol Cari untuk dapat menampilkan ketersediaan dari sebuah domain premium.

3. Klik “Hubungi Kami” pada Domain Premium yang Masih Tersediadomain premium

Setelah klik cari, maka tampilan yang akan kamu dapatkan adalah seperti gambar di atas. Pada sebelah kiri terlihat bahwa terdapat lingkaran hijau dan abu-abu. Lingkaran hijau menandakan bahwa domain tersebut masih tersedia, sedangkan lingkaran abu-abu menunjukkan bahwa domain tersebut sudah tidak tersedia. 

Kemudian, pilih menu “Hubungi Kami” pada domain yang masih tersedia pada tombol hijau sebelah kanan

4. Isi Data Diri dengan Lengkap ya!domain premium

Halaman selanjutnya disini kamu akan diminta untuk mengisikan data diri yang sebenarnya. Tujuannya adalah agar pihak DomaiNesia dapat dengan mudah menghubungimu kembali terkait kelanjutan transaksi dari domain premium tersebut. Terutama pada alamat E-mail dan nomor telepon, jangan sampai salah ya!

5. Klik Menyetujui Kebijakan Privasi dan Kirim!domain premium

Selanjutnya, jangan lupa memberikan checklist pada kotak yang berisikan “Saya telah membaca, memahami, dan menyetujui Kebijakan Privasi dan Terms of Service”. Jika sudah,  yuk kita klik tanda kirim!

6. Tim DomaiNesia akan Menghubungi Email yang Kamu Daftarkan

The last but not least, pihak DomaiNesia akan menghubungi kamu secepat mungkin untuk menindaklanjuti domain premium yang ingin kamu daftarkan. Pastikan strategi dan promosi bisnis disini sudah matang untuk diterapkan domain premium.

Bergabung dengan Program Reseller RNA.ID dan Manfaatkan Keunggulannya

DomaiNesia memiliki program reseller baru yang memiliki benefit lebih baik dari sebelumnya. RNA.ID mengundang kamu untuk menjadi bagian dari Program Reseller baru yang menawarkan berbagai keuntungan menarik. 

Dengan menjadi bagian dari Registrasi Neva Angkasa (RNA), kamu akan merasakan berbagai keunggulan yang luar biasa, termasuk harga domain Indonesia yang lebih terjangkau dan layanan purna jual yang profesional.

Ada beberapa keunggulan yang bisa kamu dapatkan, salah satunya adalah kamu juga dapat dengan mudah beli domain premium. Ini memberi kesempatan bagimu untuk menawarkan domain berkualitas tinggi kepada pelanggan.

Dengan bergabung dalam Program Reseller RNA.ID, kamu tidak hanya mendapatkan akses ke layanan yang luar biasa, tetapi juga kesempatan untuk memperluas bisnis domainmu dengan cara yang lebih efisien dan menguntungkan.

Tertarik Ingin Beli Domain Premium? 

Akhirnya sampai ke penghujung artikel ini, bagaimana? Sudah semakin yakin untuk menggunakan domain premium? Domain premium adalah sebuah investasi yang dapat meningkatkan brand awareness dan kredibilitas dari sebuah website. Namun, kembali lagi kepada kondisi bisnis kamu dan budget yang cocok ya! Jangan sampai memaksakan suatu hal namun malah berakhir sia-sia. Cek website DomaiNesia dan berkonsultasi dengan admin DomaiNesia yang akan membantu kamu dalam mempertimbangkan domain terbaik untuk kamu. Jangan sampai terlewat ya! Karena terdapat promo serta harga spesial untuk kamu. Semoga artikel ini membantu website kamu terus berkembang ya!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds