• Home
  • Berita
  • Perbedaan Windows dan Linux Pada Cloud VPS

Perbedaan Windows dan Linux Pada Cloud VPS

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Perbedaan Linux dan Windows – Salah satu kegalauan yang sering terjadi setelah membeli Cloud VPS adalah bingung memilih sistem operasi yang diterapkan pada Cloud VPS. Apakah Windows atau Linux. Di kalangan umum, Windows memang sistem operasi yang populer dan banyak digunakan. Namun, Linux juga tidak kalah populer dan banyak digunakan untuk kalangan IT. Maka dari itu diperlukan perbedaan Windows dan Linux yang bisa menentukan apakah harus menggunakan Windows atau Linux.

Tentang Cloud VPS

Menurut Wikipedia, Virtual Private Server (VPS) merupakan server yang dibuat seperti server fisik hanya saja bersifat virtual. Istilah VPS mungkin sudah banyak didengar di kalangan IT. Bagi orang umum, mungkin VPS belum begitu populer namun jika istilah server pasti sudah mengenal. Di DomaiNesia, Cloud VPS merupakan perkembangan tingkat lanjut dari VPS. Perkembangan apa yang dimaksud? Nah, dalam Cloud VPS sudah terdapat teknologi cloud modern yang membuat website lebih optimal. Apalagi ditambah dengan adanya kemampuan Cloud VPS untuk mereplikasi data sebanyak 3 kali secara real time dan syncronous. Karena Cloud VPS bekerja dalam cluster server dan memiliki kemampuan replikasi, maka jika terjadi kesalahan pada satu server, masih ada data cadangan dan masih bisa berjalan dengan lancar. Sedangkan VPS biasa belum ada teknologi cloud modern dan hanya berjalan di Single Server. Jika server bermasalah, maka data yang kamu simpan di VPS juga bermasalah.

Perbedaan Windows dan Linux Pada Cloud VPS

Jika kamu menggunakan VPS atau Cloud VPS, kamu harus menginstal sistem operasi ada VPS atau Cloud VPS. Windows dan Linux merupakan kedua sistem operasi yang dikenal dan sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Pada dasarnya, Windows merupakan sistem operasi close source dan berbayar. Sedangkan Linux bersifat open source dan gratis. Linux biasa digunakan oleh kalangan IT seperti programmer, system administrator, security engineer, dan masih banyak lagi. Namun apabila di Cloud VPS, beberapa provider memberikan fasilitas sistem operasi Linux dan turunannya seperti Ubuntu, Debian dan CentOS. Lalu, apa perbedaan Windows dan Linux pada Cloud VPS?

Perbedaan #1 : Biaya

Perbedaan Windows dan Linux pada Cloud VPS yang pertama adalah biaya. Dari sisi biaya, Linux lebih murah daripada Windows. Hal ini karena memang Linux bersifat open source dan tidak perlu membayar lisensi. Berbeda dengan Windows, yang harus membayar untuk membeli lisensi. Buat pengguna pemula Cloud VPS, sebaiknya kamu menggunakan Linux agar tidak mengeluarkan banyak biaya.

perbedaan windows dan linux
Sumber : freepik

Perbedaan #2 : Kemudahan Dalam Penggunaan

Perbedaan Windows dan Linux pada Cloud VPS selanjutnya adalah kemududahan dalam penggunaan. Ukuran mudah dalam penggunaan suatu hal memang relatif. Ada sebagian orang memilih Linux untuk sistem operasi Cloud VPS karena pengoperasian langsung dari server melalui terminal. Namun ada juga sebagian orang yang lebih memilih Windows untuk sistem operasi Cloud VPS. Karena memang Windows menawarkan pengoperasian Cloud VPS yang sudah dalam bentuk Graphical User Interface (GUI). Bagi kalangan yang tahu tentang hal teknis server, pasti lebih nyaman menggunakan Linux.

Perbedaan #3 : Performa

Perbedaan Windows dan Linux pada Cloud VPS ketiga adalah performa. Cloud VPS dengan Linux memiliki performa yang lebih cepat dibandingkan dengan Windows. Hal ini karena dinilai dari beberapa hal. Pertama, Linux tidak menggunakan GUI, jadi tidak membutuhkan banyak sumber daya (resource). Kedua, apabila traffic website sedang naik atau beban tinggi, Linux masih bisa bekerja dengan lancar dan optimal. Ketiga, jika terdapat perbaikan kendala di Cloud VPS, dengan Linux tidak perlu melakukan reboot berulang kali. Karena memang Linux bekerja dengan SSH dan melalui Terminal atau command line.

Sumber : freepik

Perbedaan #4 : Keamanan

Perbedaan Windows dan Linux pada Cloud VPS keempat adalah keamanan. Keamanan memang hal penting pada Cloud VPS dan hosting. Mencegah serangan malware, DDoS, data hilang memang harus dilakukan. Linux memberikan keamanan yang lebih baik untuk mencegah serangan malware dan virus. Tidak hanya itu, karena Linux bersifat open source maka pengguna Linux lainnya bisa dengan bebas memperbaiki permasalahan yang terjadi nantinya akan dibagikan ke forum atau komunitas dan bisa dijadikan referensi jika terjadi serangan yang sama. Berbeda dengan Windows, karena berlisensi, Windows juga memiliki tingkat keamanan yang baik namun apabila dilakukan konfigurasi dengan benar. Karena pengguna Windows tidak bisa mengatasi permasalahan sendiri.

Perbedaan #5 : Compatibility

Perbedaan Windows dan Linux pada Cloud VPS kelima adalah compatibility. Linux bisa bekerja dengan baik apabila bertemu dengan berbagai macam bahasa pemrograman dan aplikasi yang open source seperti PHP, Perl, Java, dan Phyton. Sedang Windows akan bekerja lebih baik jika bertemu dengan aplikasi dari Windows seperti ASP Classic, ASP.net, dan MS Access.

PHP Adalah
Sumber: freepik

Perbedaan #6 : Control Panel

Perbedaan Windows dan Linux pada Cloud VPS selanjutnya adalah control panel. Control panel digunakan untuk mengelola Cloud VPS. Instalasi control panel biasanya dilakukan oleh pengguna Cloud VPS sendiri. Namun ada juga yang berasal dari provider Cloud VPS. Biasanya control panel pada Linux menggunakan cPanel atau Web Host Manager (WHM). cPanel ini dikenal dengan kemudahannya dan mudah dipahami. Tidak hanya pad CLoud VPS, cPanel juga bisa bekerja di hosting. Sedangkan Windows menggunakan Plesk sebagai control panel.

Perbedaan #7 : Akses Server

Perbedaan Windows dan Linux pada Cloud VPS terakhir adalah akses server. Jika kamu menggunakan Linux sebagai sistem operasi, akses server bisa dilakukan dengan mudah. Dengan Linux kamu bisa mengakses server melalui SSH. Sedangkan Windows tidak menyediakan akses server melalui SSH. Buat kamu yang pengen tahu SSH itu apa, silahkan baca Kenalan dengan SSH yuk!

Sumber : freepik

Baca Juga : 3 Cara Menggunakan SSH Untuk Pemula

Windows dan Linux : Mana Yang Terbaik Untuk Cloud VPS?

Setelah tahu perbedaan Windows dan Linux diatas, menurut kamu siapa yang terbaik untuk Cloud VPS? Apakah Windows atau Linux? Sebenarnya untuk menilai mana yang terbaik, tergantung pada diri masing- masing pengguna. Apanila kamu punya kemampuan dan wawasan dalam hal teknis server, akan lebih baik jika menggunakan Linux sebagai sistem operasi Cloud VPS. Mengingat Linux bersifat open source dan bisa sewaktu- waktu masuk server melalui SSH. Jadi saat ada kendala teknis langsung bisa menyelesaikan secara cepat. DomaiNesia menawarkan sistem operasi Linux dan turunannya. Terdapat 5 sistem operasi Linux di Cloud VPS DomaiNesia antara lain Ubuntu, Debian, CentOS, Fedora, dan OpenSuse. Instalasi sistem operasi Linux di Cloud VPS pun juga mudah dilakukan, hanya dengan memilih versi sistem operasi saja. Untuk mengetahui kelebihan apa saja yang ada pada Cloud VPS DomaiNesia, silahkan baca Mengenal Cloud VPS DomaiNesia. Namun, bagi kamu yang tidak begitu tahu tentang hal teknis server, mungkin akan lebih baik jika menggunakan Windows pada Cloud VPS. Tapi kamu harus siap untuk membayar semua biayanya.

Sebagai pengguna pemula Cloud VPS, kamu wajib membaca Konfigurasi Dasar Pada Cloud VPS.

Kesimpulan

Sekarang kamu tidak perlu galau dengan pilihan Windows atau Linux. Semua perbedaan Windows dan Linux sudah dijelaskan di atas. Mulai dari hal umum seperti biaya hingga hal teknis seperti akses server. Kami merekomendasikan agar kamu memilih sistem operasi pada Cloud VPS sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!