Kenal Lebih Dekat Dengan Termux [Terbaru 2019]5 min read

3.75/5 (4)

Kenal Lebih dekat Dengan Termux

Domainesians! Sudahkah kalian mendengar sebuah aplikasi yang bisa melakukan banyak hal dengan bantuan smartphone android? Jika belum kita akan membahasnya kali ini, untuk mengenal lebih dekat aplikasi Termux.

Perkenalkan, Aplikasi Ini Bernama Termux

Termux adalah sebuah emulator terminal android yang juga merupakan environtment Linux. Aplikasi ini dapat dijalankan langsung tanpa membutuhkan rooting pada smartphone android terlebih dahulu. Jadi cukup mudah, hanya plug and play.

Sebagai sebuah terminal emulator untuk android, Termux memiliki perbedaan jika dibandingkan dengan terminal emulaotr yang lainnya. Yakni perbedaan dimana dia memiliki paket tersendiri yang memiliki banyak sekali kegunaan. Dan ya, beberapa diantaranya adalah mengoperasikan linux di android dan bahkan bisa melakukan hacking atau defacing sebuah website.

Baca Juga: Panduan Deploy Website Berbasis Python di cPanel Hosting

source: pexels

Untuk yang belum mengetahui istilah terminal, terminal adalah sebuah istilah yang digunakan untuk perangkat elektronik atau electromechanical yang digunakan untuk memasukkan data, menampilkan atau mencetak (print) data dari komputer atau sistim komputer. Jika dahulu sebuah terminal memiliki ukuran yang cukup besar seperti DEC VT100, atau IBM 2741. Sekarang dengan menggunakan Termux menjadi lebih simpel dan handy karena dapat dijalankan melalui smartphone. Aplikasi yang hingga kini tengah dikembagkan ini juga membuka kesempatan untuk kamu, developer untuk bergabung didalamnya.

Aplikasi termux ini dibuat oleh Fredrik Fornwall, seorang developer android. Dia telah menciptakan banyak sekali aplikasi Android selain Termux. Dia mulai menciptakan aplikasi aplikasi tersebut sejak tahun 2010. Dan pada rangking Google, Fredrik Fornwall tampil pada rangking 100 aplikasi dilebih dari 5 negara.

Dengan aplikasi ciptaanya yang paling dikenal adalah termux, yang memiliki lebih dari 1 juta install. Tidak hanya termux saja, namun juga aplikasi React! , SMS reader, serta Deltafx juga memiliki tingkat donwload yang cukup tinggi.

Bagaimana Cara Menggunakan Termux

Domainesians cukup mendownload aplikasi ini di Google Playstore dan langsung bisa menginstallnya. Namun untuk bisa dijalankan, aplikasi ini harus mendapatkan izin dari pengguna. Kamu bisa menyettingnya dengan cara masuk ke setting > kemudian pilih apps > Termux > dan pilih permissions. Setelah itu jalankan termux-setup-storage pada aplikasi Termux. Aplikasi Termux juga hanya bisa dioperasikan pada Android dengan OS 5.0 atau Android Lollipop.

cara menggunakan termux

source: pexels

Namun perlu dipahami bahwa Termux ini hanya bisa di-install di memori Internal. Karena memori External biasanya memiliki format FAT32 atau exFAT. Yang berarti tidak support untuk mengizinkan unix (unix permissions) dan beberapa file khusus misalnya sockets atau symlinks. Dan lagi, sistim Android memaksa menggunakan noexec mount untuk penyimpanan user yang berarti pengguna tidak bisa menjalankan binaries.

Termux Untuk Hacking?

Apakah aplikasi Termux ini bisa digunakan untuk hacking sebuah website? Ya, bisa! Termux sangat bisa digunakan untuk menghack sebuah website dengan menggunakan beberapa tools tambahan pada Andoroid dan Chrome antara lain adalah Hydra, Metasploit Framework, Nmap, Bettercap, Slowloris, dan Sqlmap.

Namun, pada ulasan kali ini kita tidak akan membahas bagaimana cara hacking website. Atau bagaimana cara deface website.

Baca Juga: WordPress Kamu Aman Nggak? Yuk Cari Tahu!

5 Package ini Harus Ada di Termux Milikmu

Paket pada aplikasi ini berfungsi seperti sebuah tambahan atau playstore, dengan memberikan akses kita untuk dapat melihat, menambah, menghapus atau mengupdate sebuah program. Tidak kurang sebanyak lebih dari 100 package bisa ditambahkan di Termux kamu. Dengann total size kira-kira sebesar 3 Gigabyte. Dan dari sebanyak itu, setidaknya ada 5 package yang “harus” ditambahkan pada aplikasi Termux.

keamanan termux

source: pexels

Namun, sebelumnya kamu bisa memasukkan perintah berikut ini pkg upgrade && pkg upgrade , tujuan dari perintah ini adalah mengupdate semua package yang sudah terinstal di Termux ke versi yang terbaru.

  1. Aria2C

Aria2C adalah sebuah package yang bisa membantu pengguna untuk meletakkan file yang didownload ke tempat-tempat yang diinginkan. Bisanya pengguna kesulitan untuk menaruh file yang mereka download, entah di memori internal atau memori external. Secara sederhana Aria2C ini berfungsi layaknya Internet Download Manager di PC.

Dan untuk menginstall Aria2C kamu bisa menggunakan pkg install aria2 . Dan cara menggunakan Aria2C ini cukup mudah dengan memasukkan URL yang ingin didownload dan Aria2C akan menunjukkan proses download dari file yang diinginkan. Dan jika kalian ingin mendownload banyak file sekaligus, bisa dengan cara meletakkan URL pada tiap baris.

Untuk menjalankan download bisa menggunakan perintah ini aria2c -i links.txt --file-allocation=none -c --auto-file-renaming=false . Dengan perintah tersebut Aria2C akan mendownload file dengan url yang sudah ada pada file links.txt . Dan lokasi penyimpanan bisa dicek dengan penggunakan perintah pwd .

  1. Tree

Sering merasa kesulitan menemukan file di penyimpanan Android? Package Termux bernama Tree akan membantu menemukannya. Aplikasi ini dapat menunjukkan letak file yang terselip di sebuah folder tersembunyi misalnya. Untuk melihat letak file ini yang sebenarnya bisa dengan memberikan perintah tree . , sedangkan untuk menginstallnya bisa dengan pkg install tree .

  1. Unrar

Tidak hanya kedua pakcage diatas yang bisa digunakan, namun juga sebuah package unrar untuk menyelesaikan permasalahan meng-unrar file pada media penyimpanan. Jadi sekarang pengguna memiliki opsi lain selain aplikasi android yang biasanya memiliki banyak sekali iklan didalamnya. Dan untuk menjalankan package unrar, pengguna bisa menggunakan pkg install unzip && pkg install unrar.

  1. AG

AG adalah sebuah package yang bisa digunakan untuk mencari file atau bahkan frasa (kalimat) yang terdapat pada sebuah file. Package ini dapat diintegrasikan dengan package lain misalnya Vim 8 atau neovim. AG merupakan package yang sangat baik karena dapat bekerja untuk mencari sebuah file disebuah folder yang punya banyak sekali sub folder. Untuk menggunakannya pun mudah dengan memasukkan url pada ag –i “url” . Dan untuk mencari file atau kata kunci yang terkandung pada file, bisa dengan cara memasukkan ag –i “url” file.txt .

  1. NeoVim

Neovim merupakan package yang berguna sebagai file editor. NeoVim adalah satu dari sekian file editor mulai dari Nano, Vim, atau Vi. Namun NeoVim adalah sebuah file editor yang lebih baik karena lebih simpel dan mudah digunakan. NeoVim dapat digunakan membuka sebuah file lewat SFTP dan FTP, sehingga bisa mengedit file yang diletakkan di hosting tanpa harus menginstall yang lainnya. Namun pastikan telah menginstall python 2 atau 3 sebelumnya. Untuk menggunakan package ini cukup memasukkan nvim foo.bar dengan mengganti nama file yang dibuka pada bagian foo.bar.

Kesimpulan

Termux adalah sebuah aplikasi yang multifungsi dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Nggak cuma keperluan optimasi penggunaan smartphone, namun juga bisa digunakan untuk hacking sebuah website. Hal inilah yang membuat banyak sekali hacker dan penetrater menggunakan aplikasi ini untuk berbuat jahat, mungkin kesalah satu website milikmu. Ingin punya layanan hosting dan domain yang palilng aman? Berikut ini adalah cara mendapatkan hosting paling aman.

Please rate this

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

4 komentar

  1. Avatar Joko berkata:

    Termux sama Terminal emulator sama ga min ?

  2. Avatar Lehan_bs berkata:

    Tidak dapat login facebook

  3. Avatar jayadi berkata:

    Kenapa disaat memasukan pkg install phyton ngga bisa lanjut min?

Komentar