• Home
  • Berita
  • Kredibilitas adalah: Fondasi Utama Meningkatkan Kepercayaan Bisnis

Kredibilitas adalah: Fondasi Utama Meningkatkan Kepercayaan Bisnis

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Apakah kamu seseorang yang sedang membangun sebuah bisnis? Dalam meningkatkan kepercayaan konsumen pada bisnis kamu, kenali istilah “kredibilitas”. Bisnis yang memiliki kestabilan keuntungan, memiliki tingkat kredibilitas yang tinggi dari konsumennya, yuk simak lebih lanjut terkait arti kredibilitas berikut ini!

Apa itu Kredibilitas?

Kredibilitas adalah

Kredibilitas adalah suatu kondisi yang membuat individu/organisasi/perusahaan dianggap dapat dipercaya, diandalkan dan telah diakui kebenarannya. Kredibilitas bisa dimiliki oleh siapa saja, jika orang memiliki kredibilitas yang tinggi, maka ia memiliki kemampuan dalam menyelesaikan tanggung jawab yang telah dimulai. Kredibilitas adalah suatu hal yang sangat berkaitan dengan kepercayaan, integritas, dan tanggung jawab.

Kredibilitas adalah
Sumber: Envato

Tidak mudah bagi setiap individu memiliki kredibilitas yang tinggi, kredibilitas adalah hal yang membutuhkan proses dalam penyesuaian serta pengalaman yang pernah dilewati. Individu yang memiliki kredibilitas yang tinggi, apapun yang ia kerjakan akan mudah dipercaya oleh sekitarnya. Contohnya jika membangun sebuah bisnis, konsumen akan lebih mudah untuk percaya kepada orang sekitarnya yang sebelumnya sudah terpercaya daripada bisnis dari yang tidak dikenali sama sekali. 

Jika bicara soal bisnis, kredibilitas adalah hal yang paling penting saat melakukan promosi dalam berkembangnya bisnis tersebut. Tanpa adanya kredibilitas, sebuah bisnis tidak akan memiliki kestabilan keuntungan dalam operasionalnya sehari-hari.

Contoh terdekatnya adalah, jika kamu hidup di daerah yang sama selama bertahun-tahun, tentunya kamu sangat mengenali lingkungan tersebut. Hingga saat membutuhkan sesuatu seperti kebutuhan sehari-hari kamu akan pergi ke toko yang sama karena merasa setelah bertahun-tahun toko tersebut terpercaya yang menjadikan toko tersebut memiliki kredibilitas yang tinggi, bahkan tidak ragu pula kamu akan merekomendasikan toko tersebut kepada orang sekitarmu karena kamu memiliki pengaman dengan toko tersebut. 

Baca juga: Cara Membuat Email Bisnis Profesional (100% Mudah!)

Pentingnya Kredibilitas dalam Bisnis

Jadi, apa pentingnya kredibilitas ini? Pentingnya kredibilitas dapat bergantung pada objek yang sedang dibicarakan. Jika berbicara terkait kredibilitas pada bisnis, hal tersebut merupakan komponen penting dalam pengembangan sebuah bisnis, mengapa?

Karena kredibilitas adalah suatu hal yang akan mengantarkan bisnis kamu ke tahap yang lebih maju, seperti jika investor menganggap bisnis kamu memiliki kredibilitas, mereka tidak ragu untuk berinvestasi kepada bisnis kamu karena dinilai dapat diandalkan serta dapat dipercaya. Konsumen juga akan berdatangan, kemudian mulai merekomendasikan bisnis kamu kepada sekitarnya, dan terus akan mengandalkan bisnismu jika memerlukan sesuatu.

Pentingnya Kredibilitas dalam sebuah bisnis atau perusahaan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor Kotler dan Keller (2006). Berikut merupakan faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kredibilitas pada bisnis kamu.

1. Kepercayaan Bisnis

Pada faktor pertama ini, Kredibilitas adalah dampak utama yang terjadi jika memiliki kepercayaan bisnis. Kejujuran merupakan hal terpenting bagi perusahaan untuk memberikan kepercayaan kepada konsumen, banyak cara untuk menunjukkan kejujuran perusahaan terutama dari sebuah produk dengan tidak melebih-lebihkan produk yang dimiliki, melainkan menyatakan yang sebenarnya dengan penataan kata yang menarik.

2. Keahlian Bisnis

Selanjutnya yaitu pada keahlian bisnis, cara perusahaan dalam mengelola bisnisnya juga akan menjadi perhatian bagi konsumen. Seperti dalam mengelola layanan, produk yang dimiliki, dan bagaimana produk tersebut dapat sampai kepada konsumen.

Kredibilitas adalah
Sumber: Envato

3. Daya Tarik Bisnis

Faktor terakhir yang berdampak pada pentingnya kredibilitas adalah daya tarik bisnis, daya tarik bisa melalui berbagai macam cara, seperti promosi yang menarik untuk membuat konsumen memiliki ketertarikan untuk mencoba bisnis kamu.

Tentu saja kredibilitas tidak terpaku pada hanya tiga poin di atas, kamu bisa melakukan improvisasi menyesuaikan bisnis yang akan dibangun. Pentingnya kredibilitas adalah bangun kepercayaan konsumen dengan cara kejujuran dan tidak berlebihan, agar konsumen menilai bisnis kamu memiliki kredibilitas yang tinggi.

Pahami juga target pasar agar konsumen dapat menerima produk atau jasa kamu dengan baik. Mulailah dari promosi skala kecil pada lingkungan sekitarmu, dan selanjutnya jika berhasil membangun sebuah kepercayaan, maka kredibilitas akan mengikuti seiring berkembangnya skala bisnismu.

Baca juga: Pelajari Perbedaan Email Hosting vs Email Shared Hosting Sebelum Membuat Email Bisnis

Apa saja Contoh Kredibilitas

Jika sudah memahami terkait apa itu kredibilitas, pentingnya kredibilitas pada penerapan bisnis, maka selanjutnya kita akan melihat bagaimana contoh kredibilitas dengan menyesuaikan objeknya dan akan melihat pentingnya kredibilitas dalam berbagai hal. Kredibilitas adalah suatu hal yang dapat melekat pada apapun dan siapapun, untuk mengetahui lebih dalam mari kita simak contoh kredibilitas pada kehidupan sehari hari

1. Contoh Kredibilitas pada Individu

Contoh kredibilitas yang pertama yaitu pada individu, tanpa kita sadari seringkali kita dapat menilai kredibilitas individu dari sebuah pertemuan, percakapan atau adanya kerja sama. Contohnya yaitu saat bersekolah, kamu ditempatkan pada sebuah kelompok untuk mengerjakan sebuah tugas, tanpa adanya perintah terdapat satu orang yang memiliki inisiatif untuk membagi tugas dengan tenggat waktu tertentu, dan ia mengerjakan tugas tersebut dengan baik dan tepat waktu.

Secara tidak langsung kamu akan melihat bahwa individu tersebut dapat dipercaya dan kedepannya kamu akan senang untuk terus bekerja sama dengan orang yang memiliki kredibilitas tersebut.

2. Contoh Kredibilitas pada Profesi

Selanjutnya, dalam pekerjaan sehari-hari kamu juga dapat melihat kredibilitas seseorang. Dalam dunia profesional jika kamu melihat karyawan lain yang selalu disiplin, mengerjakan pekerjaan tepat waktu, dan jujur terhadap pekerjaannya, maka karyawan tersebut akan dinilai memiliki tingkat kredibilitas yang tinggi dan akan lebih diberikan tanggung jawab yang lebih besar untuk meningkatkan kemampuannya.

3. Contoh Kredibilitas pada Bisnis

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, kredibilitas adalah hal yang sangat penting dalam bisnis. Contoh kredibilitas dalam bisnis yaitu dengan memberikan promosi yang sesuai dengan produk atau jasa kamu secara jujur. Berikan promosi yang menarik, dan fokus terhadap apa yang bisa diberikan dari bisnis kamu terhadap konsumen kemudian berikan pelayanan terbaik.

Dengan hal-hal tersebut kepercayaan konsumen akan meningkat serta akan merekomendasikannya kepada orang-orang sekitar mereka, karena pada kehidupan sehari-hari terkadang kita akan lebih percaya kepada orang yang sudah mencoba atau berpengalaman dalam menggunakan produk atau jasa sebuah bisnis.

Kredibilitas adalah
Sumber: Envato

4. Contoh Kredibilitas pada Penelitian

Ternyata kredibilitas juga dibutuhkan dalam sebuah penelitian lho! Seperti yang sudah disebutkan, kredibilitas dapat melekat pada apapun dan siapapun, termasuk pada sebuah penelitian juga. Suatu penelitian akan dinilai memiliki kredibilitas jika memuat fakta serta teori-teori yang memiliki sumber yang jelas atau pernah diteliti sebelumnya.

Terkadang untuk meningkatkan kredibilitas perusahaan, peneliti dapat mengunggah penelitian mereka dalam sebuah website organisasi yang memuat jurnal yang dilakukan peneliti-peneliti yang lebih senior untuk memvalidasi penelitian tersebut.

Beli Email Hosting

Cara Membangun Kredibilitas

Lantas jika kredibilitas itu penting, bagaimana cara membangun kredibilitas tersebut? Awali langkah dengan hal-hal kecil yang ada di sekitarmu. Untuk membangun kredibilitas pastinya memerlukan sebuah proses, berikut merupakan cara membangun kredibilitas yang dapat kamu terapkan di kehidupan sehari-hari

1. Mengedepankan Kejujuran

Cara membangun kredibilitas diawali dengan mengedepankan kejujuran dalam segala hal. Kejujuran merupakan highlight dari kredibilitas, karena jika kamu sekali berbohong, selanjutnya orang sekitarmu akan tidak yakin dengan apapun yang kamu lakukan atau katakan, jadi pertahankan kejujuran kamu ya!

2. Menerapkan Integritas

Integritas merupakan hal yang penting dalam langkah memulai cara membangun kredibilitas. Dengan mengetahui integritas seseorang, akan menambah tingkat kepercayaan pada orang tersebut dan akan meningkatkan nilai kredibilitas dari waktu ke waktu.

3. Memiliki Komunikasi yang Baik

Cara membangun kredibilitas selanjutnya adalah dengan memiliki komunikasi yang baik, dimulai dari komunikasi antar sesama, kemudian jika kamu memiliki bisnis, pastikan komunikasikan dengan baik keunggulan dari produk atau jasa kamu, memberikan pelayanan yang baik melalui komunikasi juga sangat penting. Dengan memiliki komunikasi yang baik, apa yang ingin kamu sampaikan akan dapat diterima baik oleh orang lain.

Kredibilitas adalah
Sumber: Envato

4. Memiliki Kemampuan dalam Suatu Bidang

Cara membangun kredibilitas selanjutnya adalah kamu harus memiliki kemampuan khusus pada suatu bidang. Hal ini akan membuat orang disekitarmu memiliki kepercayaan bahwa kamu dapat diandalkan melalui kemampuan yang bisa kamu lakukan. 

5. Konsisten

Konsisten merupakan cara membangun kredibilitas yang membutuhkan waktu yang cukup lama, karena kamu bisa melihatnya dari waktu ke waktu apakah individu atau perusahaan tersebut konsisten dengan konsentrasinya masing-masing. Dengan mengetahui tingkat konsisten pada seseorang, kamu bisa lebih percaya bahwa ia memiliki pengalaman cukup pada bidang tertentu dan dapat meningkatkan tingkat kredibilitas.

6. Bertanggung Jawab

Memiliki sifat tanggung jawab merupakan hal yang penting, tanggung jawab dapat terlihat dari hal-hal yang paling kecil di sekitar kita. Hal-hal kecil tersebut akan melatih kamu untuk memiliki tanggung jawab lebih besar terhadap pekerjaan ataupun tugas yang akan kamu hadapi. Bertanggung jawab dengan hal yang telah kamu mulai akan dapat meningkatkan kepercayaan seseorang kepada kamu dan pastinya meningkatkan kredibilitas kamu.

7. Tulus

Memiliki sifat tulus, akan membawa banyak hal baik untuk kehidupan. Dalam dunia bisnis, jika kamu sebagai pemilik bisnis tulus mengembangkan perusahaan dan memberikan produk atau jasa yang dapat memudahkan masyarakat akan membuat bisnis kamu lebih dipercaya, karena masyarakat bisa menilai hal yang tulu dan tidak, maka mencobalah untuk tulus dalam kehidupan sehari-hari ya!

Kredibilitas adalah
Sumber: Envato

Kredibilitas Membawa Kestabilan Bisnis

Kredibilitas adalah hal yang dapat kita temukan dimanapun yang dapat membuat diri kita semakin yakin dan percaya. Adanya kredibilitas pada bisnis pun akan membawa kestabilan bisnis seiring waktu berjalan. Kredibilitas adalah peran penting dari banyak hal, pada kita sebagai individu, pada profesi, bisnis hingga sebuah penelitian.

Bagi pemilik bisnis, meningkatkan kredibilitas adalah proses untuk mengembangkan sebuah bisnis. Hal ini dapat dimulai dari hal kecil seperti adanya kontak resmi yang menggunakan domain perusahaan agar meyakinkan para konsumen bahwa bisnis kamu terpercaya.

Untuk itu, kamu bisa cek email hosting DomaiNesia sebagai solusi dan jangan lupa untuk menerapkan sifat-sifat diatas agar kredibilitas bisnis kamu selalu stabil. Kredibilitas adalah hal yang penting namun bukan segalanya, yang terpenting adalah selalu mengedepankan hal-hal baik yang akan kamu hadapi!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Kevin
January 21, 2024

Terimakasih banyak min

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Ekstra Diskon Migrasi 5% serta GRATIS biaya migrasi & setup.

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds