• Home
  • Berita
  • Apa itu Doctype? Apakah Deklarasi Doctype pada HTML penting?

Apa itu Doctype? Apakah Deklarasi Doctype pada HTML penting?

Oleh Bimo Hutomo
No ratings yet.

Jika membuat suatu produk yang berbentuk digital, pastinya memerlukan tahapan coding yang dikerjakan oleh programmer. Setiap produk digital, terdapat beberapa komponen yang wajib ada pada sebuah dokumen code yang ditetapkan oleh sebuah framework atau bahasa pemrograman tertentu untuk mengoptimalkan kerja pada framework atau bahasa pemrograman tertentu.

Salah satu contohnya, jika kamu pernah membangun sebuah website dan memperhatikan format code yang ada pada HTML, bagian paling atas selalu terdapat syntax <!DOCTYPE html> jadi apasih DOCTYPE itu? Kenapa selalu ada pada dokumen-dokumen code HTML? Untuk lebih detailnya, mari kita bahas sampai tuntas!

Doctype
Sumber: Envato

DOCTYPE itu Apa?

DOCTYPE itu apa? DOCTYPE seringkali digunakan pada HTML yang diterapkan pada user interface website, jadi DOCTYPE adalah sebuah penanda untuk memberikan informasi sekilas kepada pemrogram dan browser tentang Definisi Tipe Dokumen (DTD) dan bagaimana situs web harus di render. Pada HTML5 syntax yang digunakan yaitu:

Pada deklarasi di atas, kamu dapat langsung menandai bahwa yang digunakan adalah jenis HTML5. Jadi, DOCTYPE ini dijadikan sebuah penanda bagi browser bahwa sebuah file berisikan code yang akan ditampilkan menjadi sebuah antarmuka website. Lantas, Bagaimana awal mula DOCTYPE ini digunakan? 

Jadi, saat pengembangan HTML5, mereka membutuhkan sebuah browser agar website dapat tertampil dengan baik. Sebuah website tidak akan tertampil dengan baik jika tidak ada browser yang menjadi media penampilnya, kemudian W3C (World Wide Web Consortium) menulis seperangkat standar website untuk menangani situasi ini. Semua pengembang browser dan pengembang web harus mematuhi standar yang akan memastikan bahwa website akan ditampilkan dengan baik di seluruh browser. Salah satunya yaitu dengan memberikan tanda bahwa dokumen ini adalah HTML.

Jadi pengembang mulai memprogram mode rendering ke browser mereka. Pengembang web perlu menambahkan deklarasi DOCTYPE ke bagian atas dokumen HTML. Deklarasi DOCTYPE akan memberi tahu browser mode rendering mana yang akan digunakan untuk dokumen tersebut. Hingga saat ini, standart ini masih digunakan untuk dapat memastikan bahwa dokumen yang terpilih yang akan di render untuk ditampilkan pada browser. 

Berikut merupakan penjelasan detail bagaimana browser mendeteksi rendering untuk jenis HTML.

Baca juga: Pengertian HTML, Fungsi dan Struktur dan Contohnya

Bagaimana Cara Rendering pada Dokumen HTML?

Pada sebuah dokumen yang berisi baris kode, pada HTML jika programmer ingin melakukan eksekusi atau running, disitulah sebuah mesin melakukan rendering dari yang awalnya sebuah baris kode menjadi tulisan, gambar, animasi yang akan bergabung menjadi antarmuka sebuah website yang akan kamu lihat pada browser. Terdapat dua cara rendering yang harus kamu ketahui, berikut penjelasannya.

Doctype
Sumber: Envato

1. Render Standard Web Browser

Pertama, terdapat render standar yang digunakan pada web browser untuk menampilkan antarmuka yang telah dibuat sebelumnya. Dengan prosedur urutan yang sesuai pada standarisasi CSS pada halaman website, render standar ini harus menemukan terlebih dahulu deklarasi DOCTYPE yang digunakan pada HTML. Dengan prosedur ini juga tidak memerlukan waktu yang lama untuk menampilkan antarmuka yang telah ditulis melalui baris kode.

2. Render Quirks Web Browser

Yang kedua, pada render Quirks Web Browser ini mesin belum mengetahui DOCTYPE yang dimiliki oleh sebuah dokumen tersebut apa. Pada mode ini, jika tidak terdapat deklarasi DOCTYPE, browser akan tetap menampilkan antarmuka yang sudah ditulis sebelumnya, namun penataan serta tampilan bisa jadi akan lebih berantakan atau beda dari yang diharapkan. 

Jadi, dengan mendeklarasikan DOCTYPE kamu bisa lebih efisien dalam membangun web tanpa harus menata ulang antarmuka, setiap ada perubahan kamu bisa lakukan pengecekan secara cepat dan memperbaikinya jika ada yang kurang sesuai, jadi tetap berjaga-jaga untuk mendeklarasikan DOCTYPE ya!

Baca juga: Cara Membuat Website dengan HTML di Android

Apa Fungsi dari Deklarasi Doctype?

Apa Fungsi dari Deklarasi DOCTYPE? Fungsi deklarasi DOCTYPE yang paling utama adalah untuk menjadi pengenal bagi browser, maupun bagi programmer untuk menandakan bahwa file ini berisikan dokumen yang akan dieksekusi menggunakan bahasa pemrograman HTML dan akan ditampilkan pada browser. Browser yang digunakan bisa berbagai macam sesuai dengan preferensi dan apa saja browser yang tersedia pada komputer kamu. 

Dari sisi browser juga dapat memudahkan browser melakukan rendering kepada dokumen yang akan dieksekusi, karena saat proses running nantinya mesin akan membaca mulai dari awal dokumen hingga akhir sebelum memutuskan untuk menampilkan sebuah keluaran (output).

Doctype
Sumber: Envato

Beli WordPress Hosting

Apakah Deklarasi Doctype Penting?

Pada praktiknya, deklarasi DOCTYPE ini bukan hal yang wajib, namun jika deklarasi tidak ada, maka akan ditandai sebagai kesalahan, seperti saat dokumen HTML dicentang atau diaktifkan akan mengakibatkan browser tidak dapat mengidentifikasi aturan sintaksis dan tata bahasa yang digunakan dengan pasti, kesalahan tampilan dapat muncul dan fungsionalitas website dapat terganggu.

Hal ini akan menyebabkan website yang telah dibangun tidak optimal, jadi hanya dengan satu deklarasi ini akan membuat mesin lebih mudah membaca dokumen kamu dan dapat dieksekusi pada media yang tepat.

Apakah kamu sudah paham DOCTYPE itu apa dan apa fungsi deklarasi DOCTYPE? Jangan lupa untuk mendeklarasikannya di awal dokumen ya!

Bimo Hutomo

As a marketer at DomaiNesia, I'm a fan of lego. Electrical engineer but a bit obsessed about marketing and business.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds