• Home
  • Berita
  • Pelaku Bisnis Harus Tahu, Apa Itu CRM!

Pelaku Bisnis Harus Tahu, Apa Itu CRM!

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Buat kamu yang mau terjun sebagai pelaku bisnis harus paham bahwa banyak hal yang harus dipersiapkan. Bisnis yang baik memiliki manajemen administrasi yang tertata dan transparan. Banyak pelaku bisnis merasa kewalahan dengan mengelola administrasi bisnis terutama yang kaitannya dengan urusan pelanggan. Padahal urusan pelanggan merupakan pokok penting dalam keberlangsungan usaha.

CRM adalah Sebuah Strategi

Keberlangsungan sebuah usaha merupakan perang paling berat yang harus dihadapi oleh para pelaku bisnis. Inilah saatnya kamu mengenal dan menerapkan CRM atau Customer Relation Management. Kotler menjelaskan, CRM adalah sebuah proses dukungan yang diberikan kepada perusahaan dalam penyediaan layanan terhadap pelanggan secara real time serta menjalin hubungan baik secara lifetime dengan pelanggan lewat data yang diberikan oleh pelanggan. CRM adalah salah satu strategi dalam dunia bisnis yang didalamnya memadukan proses, manusia dan teknologi. Strategi ini bisa membantu perusahaan mengoptimalkan penjualan, mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan.

Mempertahankan pelanggan menjadi tugas berat perusahaan untuk tetap bertahan, oleh karena itu perusahaan membutuhkan sumber daya. Sumber daya yang dimaksud berupa sumber daya manusia atau dalam hal ini karyawan divisi pemasaran dan penjualan perusahaan. Dan sumber daya teknologi seperti software dan hardware yang mendukung berjalannya implementasi CRM di dalam perusahaan. Menjembatani kebutuhan pelanggan secara responsif membantu menanamkan nama baik perusahaan dalam benak konsumen. Oleh karena itu, penerapan CRM memiliki tujuan strategis.

crm adalah
Sumber: Pixabay

Tujuan dari Implementasi CRM

Tujuan utama dari strategi menggunakan CRM adalah:

  1. Meningkatkan penjualan dengan upaya menggaet para pelanggan baru. Implementasi CRM akan membantu dan mempermudah melakukan konversi dari calon pelanggan menjadi pelanggan. Software CRM adalah alat yang memungkinkan perusahaan melakukan kolaborasi dengan lebih mudah tidak terbatas jarak.
  2. Mengetahui informasi tentang kebutuhan dan perilaku pelanggan sebanyak mungkin. Penggunaan yang tepat memungkinkan perusahaan mendapatkan insight yang tepat untuk melayani pelanggannya, mempermudah mengelola pelanggan dan memiliki proses yang sangat fleksibel.
  3. Menjaga dan meningkatkan kualitas hubungan antara perusahaan dan para pelanggan yang sudah terjalin. Semua informasi yang dimiliki perusahaan terhubung satu sama lain sehingga bisa digunakan sebagai alat “memperlakukan” pelanggan sesuai kebutuhannya.
  4. Mempertahankan dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Adanya loyalitas pelanggan maka sudah dipastikan bahwa perusahaan memiliki kualitas komunikasi yang tepat sasaran dan responsif terhadap setiap kebutuhan pelanggannya. Pelanggan yang didengarkan akan menjadi loyal terhadap perusahaan karena mereka dianggap ada.
  5. Menjangkau lebih banyak bidang dalam internal perusahaan seperti penjualan, layanan pelanggan dan pemasaran. Perusahaan memiliki celah untuk mengembangkan bisnis, mencari peluang dan strategi untuk lebih mudah mengukur nilai perusahaan dimata konsumennya.

Fungsi Customer Relation Management

Penerapan CRM dinilai lebih efisien karena fungsinya dalam upaya menjatuhkan keputusan strategis perusahaan. Namun, banyak orang belum mengerti bagaimana CRM bekerja dibandingkan dengan cara konvensional yang biasa dipakai perusahaan. Untuk itu, berikut disebutkan fungsi CRM adalah sebagai berikut:

  1. Membantu perusahaan mengidentifikasi pelanggan

Seluruh data para pelanggan dapat dicatat dan dimasukkan ke dalam sistem yang bisa diakses. Data yang diinputkan haruslah detail, seperti nomor telepon, alamat rumah, dan kesempatan memberikan saran atas produk yang ditawarkan oleh perusahaan.

  1. Lebih mengenali orientasi pelanggan

Perusahaan bisa mengenali pelanggan terkait pelayanan yang mereka inginkan dan harapkan sehingga mudah untuk proses penindaklanjutan layanan.

crm adalah
Sumber: Pixabay
  1. Membukukan penjualan dan langkah strategis

Segala data yang sudah dimiliki menjadi salah satu data untuk proses pengambilan keputusan terkait penjualan dan pemasaran yang akan dilakukan oleh perusahaan. Hal ini untuk kepentingan efektifitas perusahaan melakukan penjualan produk sehingga tepat sasaran.

  1. Mengelola keluhan pelanggan

Peningkatan pelayanan produk secara responsif dengan manajemen aduan atau keluhan pelanggan.

  1. Menyajikan informasi terkait pelanggan dan layanan

Proses pengumpulan data yang telah dilakukan dengan menggunakan sistem, memungkinkan perusahaan dapat memberikan pelayanan sesuai informasi yang telah terekam sesuai data masing-masing pelanggan. Hal ini mempermudah pekerjaan dan juga menyingkat waktu proses layanan.

Kelebihan Menggunakan CRM

Mengapa CRM menjadi penting? Kebutuhan perusahaan akan sistem yang simpel dan terintegrasi menjadikan CRM begitu penting. Hasil data statistik oleh Gartner tahun 2017, CRM menjadi sistem manajemen berbasis data dengan pendapatan terbesar dari semua pendapatan perangkat lunak. Selain simpel dan terintegrasi, CRM adalah strategi dengan beberapa kelebihan untuk perusahaan kamu. Apa saja?

  1. Penyimpanan berbasis Cloud

Salah satu hal yang membuat CRM mengagumkan adalah penyimpanannya yang berbasis cloud. Dengan sistem cloud ini, maka CRM dapat diakses secara real time dimana saja, kapan saja tanpa henti.

  1. Gadget Friendly

CRM bisa digunakan melalui perangkat ponsel atau laptop yang kamu gunakan untuk mencatat

  1. Fast respond

Kamu bisa lebih responsif menindaklanjuti hal-hal yang perlu cepat diberikan keputusan dengan akses data yang telah tersedia.

  1. Melacak aktivitas

Sistem penyimpanan berupa database menjadikan kamu bisa melacak kebutuhan dan aktivitas tim marketing atau sales. Kamu bisa memantau peluang baru, kegiatan baru dan penjualan yang mereka lakukan dan akan mendapat laporan dari sistem.

crm adalah
Sumber: Pixabay

Mengelola Administrasi Perusahaan Jadi Mudah

Nah, dari penjabaran diatas, banyak hal yang bisa kamu dapatkan dengan implementasi CRM untuk bisnismu. Semua hal yang kamu butuhkan untuk pengelolaan administrasi perusahaan bisa kamu lakukan secara lebih real time dan lifetime. Hal ini penting mengingat, kamu perlu tahu produk mana yang pelanggan sukai dan bagaimana memenuhi kebutuhan dan ekspektasi mereka sehingga kamu bisa meningkatkan pelayanan.

Ratna Patria

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!