• Home
  • Berita
  • Sekarang Pembayaran di DomaiNesia bisa dengan Kode Unik

Sekarang Pembayaran di DomaiNesia bisa dengan Kode Unik

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Pembayaran dengan Kode Unik – Hi DomaiNesians! Ketika kamu akan membayar suatu produk dari toko online, apakah pernah kamu mendapatkan pembayaran dengan kode unik? Misalnya kamu membeli paket data seharga 30.000, kemudian total harga yang harus kamu bayar sebesar 30.337. Pembayaran kode unik ini sudah banyak ditemui di segala jenis toko online. Mulai dari bisnis toko online di kalangan menengah hingga yang besar seperti Tokopedia, Blibli, Grab, dan lainnya. Biasanya pembayaran dengan kode unik ini dapat kamu temui saat memilih metode pembayaran berupa transfer bank. Kode unik tersebut pada umumnya juga terdiri dari 1-3 digit terakhir pada total pembayaran. Sebenarnya apa sih kode unik itu? Mengapa harus membayar dengan kode unik? Apa manfaatnya buat kamu?

Apa itu Kode Unik?

Kode unik merupakan suatu variasi 1 hingga 3 digit angka yang tertera pada total pembayaran suatu produk. Biasanya 1- 3 digit angka ini ditambahkan bersama dengan harga produk yang harus dibayar. Jadi misalnya kamu membeli suatu produk dengan harga 12.000, kemudian ditambahkan kode unik 234 sehingga total yang harus dibayarkan sebesar 12.234. Selain itu, pembayaran kode unik ini biasanya juga digunakan saat kamu memilih metode pembayaran berupa transfer bank.

Mengapa Harus Membayar dengan Kode Unik?

Pernahkah kamu merasa lama saat menunggu notifikasi konfirmasi pembayaran dari suatu toko online? Kalau iya, itulah dampaknya jika kamu tidak melakukan pembayaran dengan kode unik. Mengapa begitu? Jadi dalam pembayaran melalui transfer ada 2 tipe yang harus kamu ketahui yaitu :

    • Pertama, tipe pembayaran transfer TANPA menggunakan kode unik.
      Suatu toko online yang menerapkan tipe pertama ini akan memberikan tagihan pembayaran sesuai harga produk yang kamu beli. Misalnya harga suatu produk A sebesar 40.000. Maka total yang harus kamu bayarkan juga 40.000. Namun masalah yang muncul pada tipe ini adalah setelah kamu melakukan transfer, kamu akan mendapatkan konfirmasi pembayaran dari toko online tersebut dalam waktu yang cukup lama. Hal itu dikarenakan dari sisi bank harus mendeteksi masuknya uang 40.000 itu dari mana. Bagaimana jika dalam waktu yang bersamaan ada 5 transaksi transfer sebesar 40.000? Maka kamu harus menunggu notifikasi konfirmasi pembayaran sesuai antrian. Itulah mengapa kamu mendapatkan notifikasi dalam waktu yang cukup lama.
  • Kedua, tipe pembayaran transfer DENGAN kode unik.
    Berbeda dengan tipe pertama. Suatu toko online yang menerapkan tipe kedua, akan memberikan tagihan pembayaran sesuai harga produk yang kamu beli ditambah dengan kode unik. Misalnya harga suatu produk sebesar 40.000, kemudian kode uniknya 234. Maka kamu harus membayarkan sebesar 40.234. Dengan adanya penambahan kode unik ini akan mempercepat proses transaksi sehingga notifikasi konfirmasi pembayaran dapat kamu terima dengan cepat. Karena kode unik akan berbeda pada setiap transaksi.

Manfaat Membayar dengan Kode Unik

Adapun manfaat dari pembayaran dengan kode unik antara lain :

  • Proses verifikasi pembayaran dapat dilakukan dengan cepat sehingga notifikasi konfirmasi pembayaran dapat diterima dengan cepat pula
  • Proses lanjutan terhadap produk semakin cepat, misalnya produk akan diproses dengan cepat
  • Memudahkan pihak toko online dalam memverifikasi pesanan

Sekarang Pembayaran di DomaiNesia menggunakan Kode Unik

Mulai 3 Januari 2022, kode unik berubah menjadi administration fee. Administration fee merupakan biaya yang diperuntukkan agar kami dapat terus meningkatkan kualitas layanan dengan nominal kurang dari Rp1.000. Administration fee diberlakukan pada setiap metode pembayaran di DomaiNesia.

Sebelumnya, pembayaran transfer melalui Bank BCA dan Mandiri di DomaiNesia memang menggunakan kode unik. Hal ini dilakukan agar mempermudah pembayaran dan mempercepat aktivasi layanan. Namun mulai 3 Januari 2022, Kami sudah tidak memberlakukan kode unik. Sebagai gantinya untuk mempermudah dan mempercepat layanan, Kami mengubah kode unik menjadi administration fee. Administration fee merupakan biaya yang diperuntukkan agar kami dapat terus meningkatkan kualitas layanan. Administration fee diberlakukan pada semua metode pembayaran. Pada dasarnya di DomaiNesia, administration fee fungsinya sama dengan kode unik. Dan nominal angka pada administration fee juga tidak terlalu signifikan. Hanya berkisar dari Rp 1,00 hingga Rp 1,000,00.  Dengan adanya administration fee ini, pastinya proses verifikasi pesanan dan aktivasi produk bisa dilakukan dengan cepat. Tanpa harus menunggu dalam waktu yang lama.

Sumber : freepik

Kesimpulan

Pembayaran dengan kode unik akan memudahkan toko online untuk melakukan proses verifikasi dan aktivasi produk atau jasa. Di DomaiNesia, sekarang kamu dapat melakukan pembayaran dengan administration fee sebagai ganti kode unik. Nominal administration fee yang diberikan juga tidak terlalu signifikan. Mulai dari 1 rupiah hingga 1000 rupiah. Administration fee diberlalukan untuk semua metode pembayaran di DomaiNesia. Jadi buat kamu yang belum order domain dan hosting, buruan order Paket Hemat di DomaiNesia. Ikuti step by stepnya sesuai dengan panduan Cara Order Paket Hemat Domain dan Hosting di DomaiNesia ya..

Baca Juga : Cara Membayar Tagihan Melalui OVO Cash

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


esamusarof
June 1, 2021

masih belajar dan belajar bersama semoga bisa sukses

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!