• Home
  • Berita
  • Pop Up Adalah: Kenali Fungsi Hingga Contohnya!

Pop Up Adalah: Kenali Fungsi Hingga Contohnya!

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Dalam beberapa penjelasan artikel, mungkin kamu pernah mendengar istilah pop up. Apa itu pop up? Pop up adalah halaman kecil yang melayang pada halaman website atau aplikasi yang biasanya memiliki fungsi dan tujuan tertentu.

Masih belum terbayang seperti apa pop up itu? DomaiNesia coba beri contoh penggunaannya, saat kamu membuka sebuah website berita dan kamu ingin mengakses website tersebut secara keseluruhan namun ada iklan yang menutupi konten dan harus ditutup.

Itulah yang disebut dengan contoh iklan pop up. Contoh pop up lainnya yaitu saat kamu menggunakan aplikasi pesan seperti WhatsApp pada smartphone, kamu pasti pernah mendapatkan notifikasi pesan baru yang muncul saat kamu tidak mengakses aplikasi WhatsApp itu sendiri kan?

Yups notifikasi tersebut berbentuk pop up dan kamu bisa membalas pesan melalui pop up tersebut. Bagaimana? Sudah paham apa yang dimaksud dengan pop up? Yuk pahami pop up lebih dalam lagi sebab ada beberapa fungsi dan contoh iklan pop up yang wajib kamu tahu!

Pop Up Adalah

Dalam pembahasan secara teknis, pop up adalah sebuah antarmuka yang memang muncul menimpa tampilan UI dengan fungsi dan tujuan tertentu. Biasanya bisa dijumpai pada website dan aplikasi dengan tujuan untuk memberikan informasi atau notifikasi pesan.

Kapan pop up ini akan muncul? Pop up adalah jendela kecil yang muncul atas keinginan pengguna atau keinginan pemilik website. Kehadiran pop up bisa membantu pengguna dalam mengoperasikan aplikasi atau website loh DomaiNesians!

Jika kamu merasa terganggu dengan kehadirannya maka kamu bisa menutup pop up yang muncul setelah kamu mengetahui informasi yang telah disampaikan.

Pernah kan menemui pop up? Selain contoh iklan pop up yang sudah dibahas sebelumnya, ada contoh pop up yang lain yaitu saat kamu melakukan klik kanan pada desktop PC milikmu. Itu juga disebut sebagai pop up dengan tujuan untuk melakukan beberapa aksi seperti pengaturan sistem. 

pop up adalah
Sumber : envato

Apa Saja Fungsi Pop Up?

Selain untuk memberikan informasi, ada beberapa fungsi pop up yang lain dan kamu harus tahu. Berikut fungsi pop up yang sudah DomaiNesia rangkum untuk kamu!

Untuk media promosi

Fungsi pop up adalah untuk menyampaikan informasi kepada pengguna dan salah satunya dimanfaatkan untuk media promosi. Saat kamu membuka website atau aplikasi pasti sering menjumpai jendela kecil yang berisi iklan.

Apalagi jika website atau aplikasi tersebut terdapat fitur untuk penjualan. Tak usah jauh-jauh lagi untuk mencari contohnya, saat kamu membuka aplikasi seperti Tokopedia dan Shopee pasti kamu akan mendapatkan pop up iklan yang berisi penawaran misalnya saja ada gratis ongkir 0 rupiah.

Namun, contoh pop up iklan ini bisa saja untuk mengiklankan bisnis lain. Sebab pemilik website menggunakan layanan dari Google yaitu Google Adsense.

Sumber : envato

Memberikan peringatan

Fungsi pop up berikutnya yaitu untuk memberikan peringatan kepada pengguna mengenai apa yang terjadi pada sistem atau aplikasi yang sedang digunakan.

Pop up peringatan ini biasanya dilengkapi dengan ikon warning berwarna kuning pada sistem operasi Windows.

Contoh pop up peringatan yaitu saat kamu sedang asik bermain smartphone dan baterai smartphone sudah menipis maka kamu akan mendapatkan pop up peringatan yang menginformasikan bahwa baterai hampir habis.  

Menyampaikan notifikasi

Fungsi pop up adalah untuk menyampaikan notifikasi mengenai sistem. Baik itu berupa notifikasi pesan baru, pemberitahuan bahwa proses download telah berhasil, atau notifikasi mengenai persetujuan cookies saat mengakses website.

Umumnya pop up yang berisi notifikasi ini dilengkapi dengan tombol untuk melakukan tindakan lanjutan misalnya untuk membalas pesan.

Baca Juga : Cara Membuat Pop Up Otomatis di WordPress

Menampilkan menu

Saat kamu melakukan klik kanan pada Google Chrome kamu akan melihat berbagai menu yang bisa kamu pilih. Misalnya saat kamu ingin membuka menu inspect element yang banyak dimanfaatkan oleh web developer.

Atau saat membuka file explorer pada Windows dan kamu melakukan klik kanan maka kamu akan menjumpai berbagai menu dan juga pengaturan yang biasa kamu gunakan.

Dari sini bisa ditarik kesimpulan bahwa salah satu fungsi pop up adalah menampilkan menu untuk melakukan beberapa tindakan dan berinteraksi langsung dengan sistem. 

Jenis-Jenis Pop Up

Beragam fungsi pop up sudah kita bahas sebelumnya. Selain fungsi, pop up juga memiliki banyak jenis yang dikategorikan berdasarkan tujuan dan bentuknya.

Pop Up Pengaturan

Pop up pengaturan merupakan jenis pop up yang pertama. Dimana kamu dapat menemukan pop up pengaturan? Kamu bisa menemukannya saat melakukan klik kanan pada desktop PC atau komputer milikmu.

Kegunaan pop up ini jelas untuk menampilkan menu dan pengaturan yang bisa kamu akses secara cepat. Semua pop up pengaturan ini bisa kamu temukan pada semua sistem operasi termasuk Windows.

Jika pada Windows kamu bisa menemukan menu seperti View, Refresh, Sort By, dan New. Namun pada MacOs kamu akan melihat menu New Folder, Get Info, Show View Options, dan Change Desktop Background.

Pop Up Dialog Box

Pop up ini pasti sering dijumpai oleh pengguna PC, laptop, bahkan smartphone sekalipun. Pop up dialog box ini menandakan bahwa ada aktivitas pada sistem yang mengharuskan penggunanya untuk melakukan konfirmasi.

Dilengkapi dengan 2 tombol untuk menyetujui aktivitas atau menolaknya. Contohnya saat kamu ingin menghapus file atau aplikasi, maka kamu akan mendapati pop up dialog untuk melakukan konfirmasi.

Kamu harus tahu, untuk membuat website kamu butuh hosting Indonesia dan Cloud hosting agar website Anda live sepanjang hari

Pop Up Notifikasi

Jenis pop up adalah pop up notifikasi yang muncul pada PC, laptop, atau smartphone milikmu. Keberadaan jenis pop up ini adalah untuk menginformasikan pada pengguna bahwa terdapat informasi penting tanpa harus membuka aplikasi terlebih dahulu.

Misalnya terdapat notifikasi pesan baru.

Pop Up Iklan

Berikutnya, jenis pop up adalah pop up iklan. Pop up iklan berisi ajakan atau promosi yang digambarkan dalam infografis, poster, atau flyer yang dibuat untuk memasarkan produk atau suatu jasa.

Kamu perlu berhati-hati ya DomaiNesia dalam mengklik iklan yang ada pada website ilegal seperti website ilegal untuk menonton film sebab iklan tersebut bisa menjadi sarana virus bahkan hacking.

Tapi tidak semua iklan berbahaya, yang perlu digaris bawahi adalah iklan yang ada pada website ilegal saja sebab iklan pada website legal bersifat aman untuk dikunjungi. Contoh iklan pop up adalah tawaran yang muncul saat kamu mengakses website. 

Sumber : envato

Pop Up Aplikasi

Jenis pop up yang terakhir yaitu pop up aplikasi. Pop up aplikasi muncul untuk menandakan suatu proses atau kegiatan di dalam aplikasi yang sudah terpasang pada gadget.

Selain menunjukkan kegiatan, pop up ini juga bisa menandakan bahwa ada pesan masuk atau pemberitahuan untuk melakukan pembaruan aplikasi yang terpasang. Umumnya pop up ini muncul secara otomatis pada gadget milik pengguna.

Cara Mudah Membuat Pop Up

Pop up adalah salah satu bagian dari user interface yang memiliki banyak fungsi dan tujuan. Bagi sebagian orang yang belum mengenal penggunaanya akan menilai bahwa membuat pop up tersebut sulit.

Jika kamu beranggapan seperti itu, kamu salah besar sebab DomaiNesia akan memaparkan cara membuat pop up dengan mudah. Simak yuk tiap poinnya!

Cara Membuat Pop Up Notifikasi pada Whatsapp

Pada aplikasi chatting seperti WhatsApp, kamu bisa menampilkan notifikasi pesan baru dalam bentuk pop up. Berikut cara membuat pop up notifikasi pada WhatsApp yang bisa kamu coba langsung.

  1. Klik titik tiga pada bagian kanan atas lalu pilih Settings.
  2. Pilih menu Notifications dan pilih Pop up notification.
  3. Pada menu ini ada tiga pilihan yang tersedia yaitu sebagai berikut.
  • Only when screen “on”: memunculkan pop up saat layar menyala. 
  • Only when screen “off”: memunculkan pop up saat layar mati.
  • Always show popup: memunculkan pop up saat layar hidup dan saat mati.

Pilih sesuai kebutuhanmu.

Cara Membuat Pop Up Notifikasi pada Instagram

Sama halnya dengan WhatsApp, kamu juga bisa menambahkan pop up pada Instagram. Pop up adalah salah satu bentuk notifikasi yang diterima pengguna yang biasanya berisi informasi. Simak cara membuat pop up pada Instagram berikut ini.

  1. Buka Instagram dan beralih ke halaman profil.
  2. Klik pada bagian kanan atas dengan simbol garis yang berjumlah tiga dan kemudian pilih Settings.
  3. Pilih menu Notifications dan kamu akan melihat berbagai jenis notifikasi, lalu klik On.

Baca Juga: Cara Membuat Pop Up Otomatis di WordPress

Sekarang Kamu Sudah Mengenal Pop Up Kan?

Pop up adalah salah satu komponen di dalam User Interface website yang memiliki jenis dan fungsi tersendiri. Fungsi pop up ini beragam, mulai dari untuk memberikan informasi, peringatan, menampilkan menu, bahkan hingga menjadi media promosi.

Yup, pop up adalah media promosi yang sering kamu temui pada sebuah website. Contoh pop up iklan adalah penawaran layanan jasa atau produk tertentu yang memang sengaja dikemas oleh pemilik website dengan tujuan untuk mengiklankan. Tertarik membuat pop up sendiri?

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds