Cara Membuat Pop Up Otomatis di WordPress

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Cara Membuat Pop Up Otomatis di WordPress – Salah satu strategi untuk menarik perhatian pengunjung website adalah pop up otomatis. Biasanya banyak toko online yang menggunakan pop up otomatis untuk menawarkan diskon dan promo. Untuk membuat pop up otomatis dalam dilakukan dengan mudah. Bisa secara manual atau menggunakan plugin. Pada panduan ini akan membuat pop up otomatis dengan plugin di website WordPress.

Baca Juga : Cara Membuat Kontak Kami di WordPress

Apa itu Pop Up Otomatis?

Pop up otomatis merupakan komponen pendukung pada website yang biasanya berupa gambar kecil, yang diatur untuk muncul secara tiba-tiba saat user pertama kali membuka website atau ditengah website. Pada umumnya pop up otomatis ini dilakukan untuk tujuan campaign bisnis. Misalnya kamu memiliki website yang menjual baju, kemudian untuk menarik pelanggan kamu bisa gunakan pop up diskon atau bundling produk dsb.

Sumber : freepik

Keuntungan Menggunakan Pop Up Otomatis

Pada website, salah satu strategi campaign yang banyak dilakukan untuk menarik pelanggan adalah pop up otomatis. Untuk membuat pop up otomatis bisa mudah dilakukan. Di website WordPress, kamu bisa menggunakan plugin. Apa sih keuntungan menggunakan pop up otomatis?

  • Menaikkan engagement user. Kamu bisa menggunakan pop up otomatis untuk menawarkan campaign bisnismu. Misalnya campaign diskon produk bisnis, campaign bundling produk, dan lainnya. Dengan melalui pop up otomatis, kamu bisa menarik user untuk melihat website bisnismu.
  • Mengidentifikasi user. Dengan pop up, kamu juga bisa mengidentifikasi user secara personal. Identifikasi yang dilakukan bertujuan untuk memahami pelanggan mulai dari nama, usia, danlainnya.
  • Meningkatkan conversion rate. Ketika user atau pelanggan berlama-lama di suatu halaman website, bisa jadi mereka sedang mempertimbangkan produk yang akan dibeli. Jika kamu tiba-tiba menampilkan pop up diskon khusus hari ini, maka akan ada kemungkinan user atau pelanggan akan tertarik dengan diskon yang kamu tawarkan.

Cara Membuat Pop Otomatis di WordPress

Adapun tahap persiapan dan beberapa langkah yang perlu kamu lakukan dalam membuat pop up di WordPress antara lain :

Tahap Persiapan

1. Login WordPress

Langkah pertama untuk membuat pop up otomastis adalah membuka website WordPress yang kamu miliki kemudian tambahkan /wp-admin atau /wp-login di belakang nama domain. Misalnya www.namadomain.com/wp-admin. Kemudian isikan username dan password dari WordPress itu sendiri. Lalu klik Log In.

2. Install Plugin CM Pop Up

Selanjutnya silahkan klik menu Plugins dan klik Add New.


Di halaman ini kamu bisa melakukan instalasi plugin apa saja yang disediakan oleh WordPress sesuai kebutuhan kamu. Karena pada panduan kali ini akan membuat pop up otomatis di WordPress maka kamu memerlukan plugin pop up WordPress. Ada banyak jenis plugin pop up WordPress. Salah satunya adalah CM Pop-up banners for WordPress. Sehingga silahkan ketik CM Pop Up di kolom pencarian sebelah kanan atas. Setelah itu untuk melanjutkan membuat pop up otomatis langsung saja klik Install Now.

membuat pop up otomatis

3. Mengaktifkan Plugin CM Pop Up

Setelah berhasil melakukan install, yang harus kamu lakukan untuk membuat pop up otomatis adalah mengaktifkan plugin. Silahkan klik Activate di sebelah kanan ikon plugin.

4. Mengatur & Membuat Pop Up Otomatis

Sekarang saatnya mengatur dan membuat pop up otomatis. Untuk mengatur dan membuat pop up otomatis silahkan klik menu CM Pop-up banners for WordPress kemudian klik Add new campaign.

Pop up pada website bisa ditampilkan dalam bentuk gambar, tulisan, GIF, atau lainnya. Pada panduan kali ini akan menggunakan gambar.

Selain itu kamu juga bisa mengatur pop up otomatis kapan ditampilkan di homepage atau disetiap page. Berikut ini beberapa pengaturan membuat pop up otomatis yang bisa kamu lakukan :

  • Type. Kamu bisa memilih tipe pop up yang kamu diinginkan.
  • Disable Campaign. Kamu bisa centang pilihan Disable Campaign ketika saat ini kamu belum ingin menampilkan popup di website.
  • Width and Height. Kamu bisa menentukan tinggi dan lebar pop up yang akan ditampilkan.
  • Background Color. Kamu bisa memberi warna baground untuk pop up yang akan ditampilkan.
  • Shape. Kamu bisa memilih bentuk pop up yang kamu inginkan.
  • Center content vertically / horizontally. Konten pop up akan muncul secara vertikal/horizontal.
  • Underlay Type. Kamu bisa memilih underlay untuk pop up yang ditampilkan, yaitu dark, light, dan no underlay. Underlay Type ini bertujuan untuk menambah kesan artistik.
  • Hide Devices with Width Less Than. Kamu bisa menentukan ukuran minimal layar device yang tidak akan memunculkan pop up.
  • Show on Every Page, Home Page or Selected Page. Kamu bisa memilih apakah akan menampilkan pop up di setiap halaman atau di halaman tertentu.


Jika kamu sudah selesai mengatur pop up otomatis, silahkan klik Publish.

5. Membuat Pop Up Otomatis Berhasil!

Yeay, membuat pop up otomatis telah berhasil dilakukan! Pop up otomatis ini bisa kamu tambahkan di website untuk menarik perhatian user. Selain itu juga bisa kamu gunakan untuk menawarkan campaign seperti promo, diskon, dan lainnya.

Baca Juga : Cara Membuat Blog Profesional Tanpa Ribet

Kesimpulan

Membuat pop up otomatis di WordPress mudah dilakukan bukan? Cukup install plugin dan membuat pop up otomatis maka websitemu akan menampilkan pop up ketika user membuka website secara otomatis. Buat kamu yang belum punya website, segera bikin websitemu hanya dengan sekali klik dengan produk Instant Deploy DomaiNesia. Dengan Instant Deploy, kamu bebas untuk membuat jenis website apapun. Bisa toko online, bisa membuat website blog, hingga website e-learning. Silahkan manfaatkan Instant Deploy dan ikuti panduan Panduan Instant Deploy DomaiNesia.

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!