Home  »  Permulaan   »   Cara Membuat Kontak Kami di WordPress

Cara Membuat Kontak Kami di WordPress

Last Update:

cara membuat kontak kami
Sudah punya website kan? Belum punya? Hmm… buat dong! Kamu bisa buat website sendiri dengan mudah mengikuti Tutorial Cara Buat Website Untuk Pemula. Nah kalau kamu sudah punya website, pastikan ada form kontak kami ya. Form kontak kami ini sangat berguna ketika ada pengunjung yang tertarik dan ingin bertanya-tanya tentang produk atau konten yang ada di website. Jika form kontak kami ini diletakkan pada toko online, siapa tahu ada pembeli yang tertarik untuk memesan produk kamu. Untuk itu, pada panduan kali ini akan dijelaskan cara membuat kontak kami di WordPress. Mau tahu caranya, yuk ikuti panduan berikut ini.

Sekilas Tentang Contact Form 7

Ada banyak manfaat yang didapat jika kamu memasang form kontak kami di website. Antara lain:
Untuk toko online, customer dapat dengan mudah bertanya tentang produk, harga produk serta pemesanan dengan jumlah banyak
Untuk website pribadi, pengunjung dapat dengan mudah berinteraksi dengan pemilik website
Untuk website portofolio, pengunjung dapat bertanya-tanya tentang portofolio dan proyek yang pernah kamu kerjakan. Siapa tahu ada client yang tertarik dengan hasil kerjamu, kan?
Untuk website organisasi/ website perusahaan, masyarakat dapat dengan mudah melakukan kontak dengan perusahaan/ organisasi. Misalnya untuk bertanya perihal magang, cara gabung dan sebagainya.

cara membuat kontak kami

Untuk memasang form kontak kami di website, kamu bisa menggunakan Plugin Contact Form 7. Khususnya untuk pengguna WordPress, kamu bisa menggunakan Plugin Contact Form 7. Apa itu plugin Contact Form 7? Contact Form 7 adalah suatu plugin WordPress yang dapat mengelola form kontak. Form kontak atau form kontak kami ini dapat dilakukan kustomisasi sesuai keinginan, disinkronisasikan dengan email, serta kamu dapat mengubah konten/ tulisan didalamnya. Agar lebih aman, kamu juga bisa memasukkan captcha didalamnya.

cara membuat kontak kami

Cara Membuat Kontak Kami di WordPress

Untuk membuat form kontak dengan Contact Form 7, tentu saja kamu harus memiliki website berbasis WordPress. Ada 3 cara membuat WordPress yang bisa kamu gunakan. Jika kamu ingin membuat website dengan WordPress dari nol hingga jadi, silakan gunakan Instant Deploy DomaiNesia. Penasaran dengan caranya? Silakan baca Cara Membuat Website dengan WordPress.
Jika kamu sudah memiliki website dengan WordPress, silakan ikuti cara membuat kontak kami berikut ini:

1. Login WordPress

Pastikan kamu bisa melakukan login WordPress. Untuk melakukan login WordPress, silahkan buka namadomain/wp-admin di web browser. Lalu masukkan username dan password.

cara membuat kontak kami

2. Memilih Plugin Contact Form 7

Setelah masuk dashboard WordPress, silakan perhatikan pada sidebar sebelah kiri. Silakan pilih Menu Plugins lalu klik Add New.

cara membuat kontak kami

Kemudian pada kolom Keyword silakan ketik “contact form 7” lalu tekan enter. Pilih Plugin Contact Form 7 lalu klik Install Now. Tunggu hingga proses instalasi selesai dan plugin akan terinstall dengan sendirinya. Jika proses instalasi selesai, maka akan muncul tulisan Plugin activated.

cara membuat kontak kami

3. Membuat Form Kontak Kami di WordPress

Nah, sekarang saatnya membuat form kontak kami di WordPress. Jika instalasi plugin telah selesai, maka akan muncul Menu Contact pada bagian sidebar. Kemudian klik Menu Contact dan klik Add New. Jika sudah, pada bagian judul silakan tulis nama form kontak yang diinginkan.
Terdapat 4 tab menu yang bisa kamu pilih yaitu Form, Mail, Messages, dan Additional Settings. Pada tab Menu Form, kamu bisa edit keterangan yang ada di atas form kontak. Kamu bisa sesuaikan sesuai keinginan misalnya tulisan Your Name diganti dengan “Nama Anda” dan sebagainya.

cara membuat kontak kami

Pada tab Menu Mail, kamu bisa tuliskan alamat email perusahaan/ email pribadi. Apa fungsi alamat email ini? Oke, baik. Ketika ada orang menuliskan pesannya melalui form kontak kami, maka pesan akan otomatis dikirim ke alamat email. Nah pastikan alamat email perusahaan atau email sendiri sudah tersedia ya. Jika belum, kamu bisa ikuti Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri. Jika sudah, pada bagian To dan Form silakan masukkan alamat email valid yang sama. Jika sudah, biarkan default saja. Jangan lupa klik Save.

cara membuat kontak kami

Pada tab Menu Messages, kamu bisa mengubah dan melakukan kustomisasi “pesan”. Misalnya ketika pesan sudah terkirim, pesan tidak terkirim, ada error dalam pengisian, dll.

cara membuat kontak kami

Untuk tab Menu Additional Settings, kamu bisa tambahkan beberapa kode di sana. Jika tidak, biarkan default saja. Jangan lupa klik Save.

cara membuat kontak kami

4. Menambahkan Contact Form 7 di Website

Jika sudah, sekarang saatnya menambahkan form kontak di website kamu. Silakan copy kode contact form tersebut terlebih dahulu. Kode contact form nantinya akan disematkan pada post atau widget agar dapat muncul di website.

cara membuat kontak kami

Membuat Halaman Kontak Kami

Agar form kontak kami dapat muncul di suatu halaman website, maka silakan lakukan hal berikut:
– Pilih Menu Posts lalu klik Add New.

cara membuat kontak kami
– Jika sudah, silakan tulis judul post dan paste kode contact form yang tadi telah dibuat. Kamu juga bisa menambahkan tulisan apapun di halaman tersebut. Apabila sudah, jangan lupa klik Publish.

cara membuat kontak kami
– Coba cek halaman website kamu. Maka form kontak kami berhasil disematkan di halaman website.

cara membuat kontak kami

Memasukkan Form Kontak Kami dalam Widget

– Pilih Menu Appearance lalu klik Widgets. Kemudian pilih dan drag Custom HTML ke sebelah kanan. Custom HTML ini nanti adalah tempat kamu melakukan paste kode contact form tadi sebagai widget. Kamu bisa meletakkan Contact HTML di bagian sidebar, footer, homepage atau sebagainya.

cara membuat kontak kami
– Lakukan paste kode contact form tadi, lalu klik Save.

cara membuat kontak kami
– Coba cek website kamu, maka form kontak kami telah berhasil dibuat.

cara membuat kontak kami

Melakukan Tes Form Kontak Kami

Nah sekarang saatnya mencoba form kontak kami yang telah dibuat. Anggap saja kamu sebagai pengunjung website. Silakan isi form kontak kami. Tulis nama kamu, alamat email kamu, perihal, serta pesan yang ingin dikirimkan. Jika sudah klik Send.

cara membuat kontak kami

Coba sekarang kamu cek email perusahaan/ email sendiri yang tadi telah ditulis. Kamu bisa buka email dengan webmail. Kamu bisa baca Cara Mengakses Email Melalui Webmail. Pastikan kamu sudah membuat email perusahaan dan email sendiri ya! Coba cek Inbox apakah ada pesan yang masuk ke email? Jika ada, itu tandanya form kontak kami sudah sinkron dengan email kamu.

cara membuat kontak kami

Jika ingin melakukan sinkronisasi antara email perusahaan dan Gmail, silakan baca Konfigurasi Email Domain pada Gmail. Yeaay, panduan cara membuat kontak kami telah selesai kamu ikuti!

Kesimpulan

Cara membuat kontak kami di WordPress sangatlah mudah. Form kontak kami ini sangat bermanfaat untuk berinteraksi dengan pengunjung lho! Pengunjung dapat mengirimkan pesan atau pertanyaan langsung melalui website. Ingin mengubah tema WordPress? Baca juga Cara Mengubah Tema WordPress. Ingin agar WordPress kamu masuk di halaman pertama Google? Yuk baca 5 Plugin SEO Yang Wajib Kamu Pasang dan Cara Agar Website Muncul di Halaman Pertama Google. Salam DomaiNesia!


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!