Home  »  Email   »   Cara Login ke Webmail

Cara Login ke Webmail

Last Update:

cara akses webmail email di cpanel

Apa itu Webmail

Webmail adalah salah satu fasilitas hosting yang berfungsi untuk memanage dan mengelola email masuk. Lalu apa bedanya dengan Gmail, Yahoo atau mail client lainnya? Webmail memang dikhususkan untuk anda yang memiliki email dengan nama domain sendiri. Bagaimana cara mengaksesnya? Tentu saja, anda dapat mengaksesnya melalui web browser seperti biasa. Setelah anda membuat email pada cPanel Hosting, maka anda dapat mengirim email, mengetahui inbox dan sent item melalui Webmail. Ada beberapa keuntungan yang bisa didapat yaitu anda dapat dengan mudah membuka email darimana saja. Tidak perlu setting apapun. Tidak perlu melakukan perihal instalasi lainnya.

Tahap Persiapan

1.  Pastikan anda memiliki domain dan hosting sebagai landasan terbentuknya website. Jika belum, silahkan lakukan order hosting dan domain di Hosting Murah. Anda juga bisa memilih paket hemat domain dan hosting dari DomaiNesia. Masih bingung pilih yang mana? Coba baca Tips Memilih Hosting Untuk Pemula dan Jangan Bingung Pilih Ekstensi Domain.

  1. Jika anda sudah memiliki domain dan hosting, pastikan anda tahu cara membuat email dengan domain sendiri. Jika belum, anda bisa baca Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri.

Cara Login ke Webmail

Adapun langkah- langkah cara login di Webmail yaitu,

1. Login Webmail

Masuk ke https://www.namadomain.com/webmail kemudian isi email dan password  akun email yang anda buat sendiri dari domain anda. Login Webmail

2. Memilih Interface Webmail

Setelah masuk, maka akan ada 3 pilihan interface untuk membuka email. Yaitu Horde, Roundcube dan SquirrelMail. Anda bisa memilih salah satu dari ketiga interface tersebut. Adapun perbedannya,Webmail Applicationa. Horde             : Memiliki fitur dan desain yang lebih menarik namun lebih berat. Hordeb. Roundcube : Secara fitur tidak selengkap dengan Horde tetapi secara desain masih lebih baik dari SquirrelMail dan aksesnya lebih cepat dariapda Horde Roundcubec. SquirrelMail : Desain interfacenya sangatlah sederhana dan dari segi fitur tidak selengkap Horde. Namun dari ketiga interface ini, SquirrelMail aksesnya lebih cepat SquirrelMailAnda dapat klik Set as default agar pada saat pertama kali login, interface tersebut langsung terbuka tanpa harus memilih terlebih dahulu. Set as default

Voila! Sekarang anda bisa mengelola email masuk, menulis email, melakukan pengecekan email terkirim langsung dari Webmail secara realtime. Nah, bagi yang ingin tahu cara sinkron Webmail dengan Gmail, anda bisa mengikuti step by step Cara Menghubungkan Email Domain ke Gmail. Setelah sinkron dengan Gmail, anda juga bisa melakukan sinkronisasi email domain di Android ataupun di iOS. Pengen tahu? Silahkan baca Cara Setting Email di Android dan Cara Setting Email di iOS.

Closing

Webmail adalah salah satu fasilitas hosting yang berfungsi untuk memanage/ mengelola email domain sendiri. Anda bisa mengetahui email masuk, email terkirim ataupun mengirim email dengan mudah seperti layaknya Gmail, Yahoo ataupun mail client lainnya. Tanpa harus setting apapun. Tanpa harus melakukan instalasi apapun. Pengen lebih tanggap terhadap respon email lagi? Pastikan anda menghubungkan email domain ke Webmail, Gmail serta Android/iOS. Lagi cari promo hosting murah? Kamu bisa order hosting terbaik dari DomaiNesia lho! Kalau kamu udah males dengan penyedia jasa layanan hosting abal-abal yang sering down, lakukan migrasi hosting aja ke DomaiNesia! Dapatkan diskon 25% untuk setiap migrasi hosting!


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!