Home  »  Email   »   Cara Mengubah Logo Roundcube Menjadi Logo Sendiri

Cara Mengubah Logo Roundcube Menjadi Logo Sendiri

Last Update:
5/5 (1)


Hi DomaiNesians! Sudah punya email dengan menggunakan domain sendiri? Email dengan domain sendiri biasa disebut dengan email perusahaan atau email personal sebagai contoh saya@domainesia(dot)com, email@namadomain(dot)net dan sebagainya. Email ini membuat perusahaan kamu menjadi lebih profesional dan lebih dikenal publik lho. Nah untuk pengelolaan email perusahaan seperti ini biasanya harus melalui webmail yang ada di cPanel. Jadi, kamu harus login cPanel kemudian membuka webmail untuk mengirimkan email, membuka inbox ataupun melihat email terkirim. Hal tersebut tentu sangat merepotkan. Apalagi jika memiliki beberapa karyawan yang memiliki akses untuk membalas email perusahaan. Untuk itu, kamu perlu suatu alamat website yang isinya dashboard/ halaman pengelolaan email. Salah satu dashboard yang membantu dalam pengelolaan email adalah Roundcube. Dikutip dari Wikipedia, Roundcube adalah IMAP email client berbasis website. Jadi, kamu bisa menulis email, melihat email masuk dan melihat email terkirim layaknya Gmail, YahooMail atau yang lainnya. Nah agar lebih terlihat profesional, kamu bisa lho ubah logo Roundcube menjadi logo perusahaan sendiri. Mau tahu caranya? Ikuti langkah-langkah cara mengubah logo roundcube berikut ini.

Cara Mengubah Logo Roundcube Menjadi Logo Sendiri

Adapun cara mengubah logo Roundcube menjadi logo sendiri yaitu,

1. Memiliki Email Dengan Domain Sendiri

Pastinya! Kamu harus memiliki email dengan nama domain sendiri terlebih dahulu. Misalnya:
saya@namadomain(dot)com
email@namasubdomain(dot)com
dan sebagainya.
Jika belum punya, silakan order domain dan hosting kemudian ikuti Panduan Cara Membuat Email Perusahaan dengan Domain Sendiri.

2. Melakukan Instalasi Roundcube di Hosting

Nah, biasanya Roundcube bisa kamu temui ketika ingin mengelola email sendiri dengan menggunakan webmail. Namun kali ini berbeda. Agar lebih terlihat profesional, kamu bisa melakukan instalasi Roundcube di domain atau subdomain. Hal ini sangat berguna ketika ada banyak orang yang ingin mengakses email dan melakukan pengelolaan email sendiri. Jadi, karyawan kamu bisa langsung membuka domain/ subdomain kemudian melakukan login. Bagaimana cara instal Roundcube di domain/ subdomain?

– Persiapkan domain/ subdomain
Jika belum memiliki subdomain, kamu bisa baca Cara Membuat Subdomain Melalui cPanel Hosting.
Sebagai contoh: mail(dot)domainesia(dot)com atau yang lainnya.

– Lakukan Instalasi Roundcube
Setelah mempersiapkan domain/ subdomain, kamu bisa lakukan instalasi Roundcube. Silakan ikuti Panduan Cara Install Roundcube di Hosting.

3. Cek Tampilan Roundcube

Setelah berhasil melakukan instalasi Roundcube, coba login sekarang. Kamu bisa login dengan menggunakan username dan password email perusahaan ya. Beginilah tampilan Roundcube yang telah berhasil diinstall.

 cara mengubah logo Roundcube menjadi logo sendiri

Kamu bisa mengubah logo yang tertera di sana dengan logo perusahaan seperti yang akan dilakukan pada panduan cara mengubah logo Roundcube berikut ini. Namun, sebelumnya coba cek template/ tampilan roundcube terlebih dahulu ya. Agar nanti memudahkan kamu untuk mengubah logo.

 cara mengubah logo Roundcube menjadi logo sendiri
Setelah login, silakan klik Menu Settings pada pojok kanan atas. Kemudian klik Preferences lalu pilih User Interface. Nah pada Interface skin terdapat 2 pilihan. Kamu bisa pilih Classic atau Larry. Pada panduan kali ini akan digunakan interface skin Larry.

 cara mengubah logo Roundcube menjadi logo sendiri

4. Meletakkan Logo Baru

Step selanjutnya dalam cara mengubah logo Roundcube menjadi logo sendiri yaitu meletakkan logo baru. Letakkan logo perusahaan pada halaman depan Roundcube. Hal ini bertujuan agar dashboard pengelolaan email kamu terlihat lebih profesional. Hal pertama yang harus dilakukan yaitu persiapkan logo perusahan. Logo perusahaan ini akan diletakkan ke dalam folder /skins/larry/images. Adapun cara meletakkannya yaitu, silakan login cPanel Hosting terlebih dahulu. Kemudian, buka File Manager.

 cara mengubah logo Roundcube menjadi logo sendiri

Kemudian masuk ke dalam directory domain/ subdomain kamu. Sebagai contoh kali ini Roundcube akan diinstal pada subdomain ro.websitesaya.net. Silakan cari folder ro.websitesaya.net pada file manager. Setelah itu, buka directory skins/larry/images. Caranya, klik folder skins lalu pilih folder larry. Setelah itu pilih folder images dan lakukan upload logo perusahaan kamu disana. Silakan klik Upload kemudian pilih logo perusahaan. Tunggu hingga proses upload selesai ya. Oiya karena ini merupakan logo, silakan sesuaikan ukuran logo perusahaan ya. Jangan terlalu besar ataupun terlalu kecil.

 cara mengubah logo Roundcube menjadi logo sendiri

Jika sudah, coba cek apakah logo perusahaan kamu sudah masuk folder image atau belum.

5. Mengubah Logo Roundcube

Untuk mengubah logo Roundcube dengan logo perusahaan, kamu harus akses SSH ke hosting terlebih dahulu. Silakan ikuti Panduan Akses SSH ke Hosting. Setelah itu, silakan masuk ke folder domain/ subdomain yang tadi telah dibuat. Kamu bisa gunakan perintah cd /namafolder . Kemudian masuk ke directory skins/larry/images/. Caranya tulis

cd skins/larry/images

maka akan muncul tampilan berikut. Nah pastikan nama logo perusahaan kamu ada disitu ya.

 cara mengubah logo Roundcube menjadi logo sendiri

6. Mengubah Konfigurasi Roundcube

Untuk mengarahkan ke logo perusahaan tersebut, kamu harus mengubah konfigurasi Roundcube. Silakan tulis perintah berikut

nano config/config.inc.php

Lalu tambahkan perintah berikut ini,

$config[‘product_name’] = ‘Tulis judul halaman pengelolaan email’;
$config[‘skin’] = ‘larry’;
$config[‘skin_logo’] = ‘skins/larry/images/namalogoperusahaan’;
Misalnya:
$config[‘product_name’] = ‘DomaiNesia Mail’;
$config[‘skin’] = ‘larry’;
$config[‘skin_logo’] = ‘skins/larry/images/domainesia_logo.png’;

Jangan lupa di simpan ya! Bagi kamu yang menggunakan editor nano, untuk menyimpan file yang telah di edit caranya yaitu ctrl+x lalu tekan Y pada keyboard kemudian Enter.

7. Yeay! Logo Berhasil Diubah!

Coba sekarang lakukan reload web browser atau tekan f5 pada keyboard. Yeay! Sekarang sudah berubah menjadi logo perusahaan kamu. Itu artinya panduan cara mengubah logo roundcube menjadi logo sendiri sudah berhasil.

 cara mengubah logo Roundcube menjadi logo sendiri

Berikut tampilan ketika sudah berhasil login. Yeay! Logonya sudah berhasil diubah!

 cara mengubah logo Roundcube menjadi logo sendiri

Kesimpulan

Bagaimana? Cara mengubah logo Roundcube menjadi logo sendiri telah selesai. Mudah bukan? Agar terlihat profesional, sebenarnya ada banyak cara dari mulai cara simpel hingga rumit. Nah agar email perusahaan dapat dikelola dengan baik, kamu bisa gunakan Roundcube ini. Hanya perlu buat subdomain, lakukan instalasi Roundcube dan ubah logonya menjadi logo perusahaan. Ingin lakukan upgrade hosting karena punya banyak email? Yuk ikuti cara upgrade hosting murah. Salam DomaiNesia!

Baca Juga: Cara Pasang SSL di Website


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!