Home  »  Email   »   Cara Install Roundcube di Hosting

Cara Install Roundcube di Hosting

Last Update:

cara install roundcube di hosting
Pernah mendengar kata Roundcube sebelumnya? Bagi yang sudah membuat email dengan domain sendiri, pasti sudah tidak asing dengan istilah Roundcube. Biasanya Roundcube dapat kita temui pada saat membuka webmail. Dikutip dari Wikipedia, Roundcube adalah IMAP email client berbasis website. Nah, sebenarnya kamu tidak perlu susah-susah untuk melakukan instalasi Roundcube. Di semua cPanel DomaiNesia, kamu bisa menemukan Roundcube di Webmail. Buat yang belum tahu, silakan baca Cara Akses Webmail. Namun terkadang agar orang lain lebih mengerti dan mudah dalam mengakses, Roundcube diletakkan di domain/ subdomain. Lalu bagaimana cara agar orang lain dapat mengakses roundcube di melalui domain/ subdomain? Bagaimana cara install Roundcube di Hosting? Coba ikuti panduan berikut.

Cara Install Roundcube di Hosting

Adapun cara install roundcube di Hosting yaitu,

1. Login cPanel Hosting

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah login ke cPanel. Login cPanel dapat melalui https://namadomain/cpanel, sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting. Buat kamu yang belum tahu cara login cPanel, silahkan baca di Cara Login cPanel Hosting.

cara install roundcube di hosting

2. Memilih Softaculous Apps Installer

Setelah itu, silahkan tulis “softaculous” pada bagian kolom pencarian. Maka akan muncul menu Softaculous Apps Installer. Silahkan klik menu tersebut. Untuk lebih tahu tentang Softaculous, kamu bisa baca Apa itu Softaculous Apps Installer.

cara install roundcube di hosting

3. Memilih Roundcube

Kemudian kamu akan diarahkan ke halaman Softaculous Apps Installer. Softaculous akan memudahkan para pengguna dalam melakukan instalasi. Sehingga, kamu tidak perlu melakukan instalasi secara manual lagi. Segera tulis “roundcube” pada kolom pencarian. Kemudian klik Roundcube.

cara install roundcube di hosting

4. Melakukan Instalasi Roundcube

Lalu akan muncul halaman instalasi Roundcube. Pada halaman ini kamu dapat mengetahui versi Roundcube, detail info, demo, review, fitur- fitur serta beberapa screenshot. Untuk melakukan instalasi, silahkan klik Install Now.

cara install roundcube di hosting
Setelah itu, kamu harus mengisi beberapa kolom dibawah ini agar proses instalasi dapat sinkron dengan hosting.

Software Setup
Pada kolom Choose Protocol, silahkan pilih protokol yang diinginkan. Secara default, website memiliki protokol HTTP. Namun jika kamu telah memasang SSL pada website, protokol akan berubah menjadi HTTPS. Jadi pastikan kamu tidak salah dalam memilih protokol. Pada kolom Choose Domain, silahkan pilih nama domain/ subdomain yang diinginkan untuk dilakukan instalasi roundcube. Jika tidak tahu cara membuat subdomain, silakan baca Cara Membuat Subdomain di cPanel. Pada kolom In Directory, silahkan tulis nama folder sesuka hati. Nantinya folder tersebut akan digunakan sebagai tempat file instalasi roundcube. Apabila roundcube tidak ingin dimasukkan dalam folder, biarkan kosong saja.

Site Settings
Pada kolom Site Name, silakan tulis nama website/ nama halaman dari website yang telah dibuat.

cara install roundcube di hosting

IMAP Settings
Agar email dapat sinkron, maka kamu harus memasukkan konfigurasi IMAP dan SMTP. Pada kolom Server Address, silakan diisi dengan nama server kamu. Pada panduan kali ini, Tim DomaiNesia menggunakan contoh server canary.rapidplex.com. Pada kolom Connection Type, silakan pilih SSL. Karena mail server kamu telah dipasang SSL. Pada bagian IMAP Port, tuliskan port IMAP yaitu 993.

cara install roundcube di hosting

SMTP Settings
Pada kolom Server Address, silakan tulis sesuai dengan nama server kamu misalnya canary.rapidplex.com. Pada kolom Connection Type silakan pilih SSL. Pada bagian SMTP Port, tuliskan port SMTP yaitu 465.

cara install roundcube di hosting

Catatan: Untuk SMTP Server Address, anda dapat menuliskan nama server seperti contoh pada gambar, atau nama domain atau mail(dot)namadomain. Untuk cek nama server, silakan baca Cek Nama Server Hosting Saya

Advanced Options
Pada bagian advanced options, kamu bisa atur nama database serta waktu backup. Silakan pilih waktu backup per hari, per minggu ataupun per bulan. Jika sudah, jangan lupa klik Install.

5. Instalasi Roundcube Telah Selesai

Tunggu sebentar hingga proses instalasi selesai.

cara install roundcube di hosting
Apabila telah sukses, maka akan muncul seperti gambar berikut. Untuk mengakses roundcube, silakan tulis nama domain/ subdomain di web browser.

cara install roundcube di hosting

6. Login Roundcube di Hosting

Agar kamu dapat masuk ke dashboard roundcube di hosting, silakan tulis username dan password email. Username dan password email dapat kamu temui pada Menu Email Account di cPanel Hosting. Silakan tulis username dan password akun email kemudian klik Login.

cara install roundcube di hosting

Voila! Cara install roundcube di hosting telah selesai. Sekarang kamu bisa mengelola email di dashboard roundcube dengan mudah. Coba cek inbox, apakah ada email masuk atau tidak. Untuk keluar dari dashboard roundcube, kamu bisa klik logout pada bagian pojok kanan atas.

Kesimpulan

Bagaimana? Cara install roundcube di hosting sangat mudah bukan? Sebenarnya, kamu bisa langsung mengakses Roundcube di Webmail via cPanel Hosting. Namun jika dashboard email banyak diakses orang, biasanya akan lebih mudah jika diletakkan dalam domain/ subdomain. Ingin menambahkan nama divisi, alamat perusahaan serta logo perusahaan dalam email secara otomatis? Coba ikuti Cara Membuat Email Signature di Webmail. Mendapat email dengan jumlah ratusan tiap hari? Segera lakukan upgrade hosting murah di DomaiNesia ya!


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!