• Home
  • Berita
  • SEO On Page: Faktor-faktor Penting yang Perlu Diperhatikan

SEO On Page: Faktor-faktor Penting yang Perlu Diperhatikan

Oleh Bimo Hutomo
No ratings yet.

SEO on Page adalah salah satu jenis dari SEO yang akan mempengaruhi peringkat halaman dalam mesin pencarian. Apabila kamu berhasil mengoptimasi website dengan optimal maka peluang untuk menduduki peringkat teratas Google juga semakin terbuka lebar.

Nah dalam melakukan optimasi SEO on Page ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan dan ikuti. Mungkin bagi orang yang belum paham mengenai SEO akan merasa bahwa pembahasan kali ini cukup sulit. Tapi jika kamu memperhatikan pembahasan dari awal hingga akhir, dijamin kamu pasti akan paham! Tertarik memulainya?

SEO on Page
Sumber: Envato

Apa itu SEO?

Sebelum membahas salah satu jenisnya, ada baiknya kamu tahu terlebih dahulu apa itu SEO. Dalam bahasa awam, SEO adalah teknik yang digunakan untuk mengoptimasi website agar mendapatkan peringkat terbaik dalam mesin pencarian. Sebab jika website sudah berhasil menduduki peringkat teratas maka trafik organik juga pasti akan meningkat.

Perlu kamu ketahui juga bahwa melakukan optimasi SEO tidak bisa hanya satu kali saja namun kamu harus melakukannya secara berulang dan terus menerus agar website tetap berada pada ranking teratas. SEO sendiri masih terbagi menjadi dua jenis yaitu SEO on Page dan SEO off Page. Namun pada pembahasan kali ini, DomaiNesia akan mengajak kamu untuk mengetahui SEO on Page lebih jauh lagi. Yuk cari tahu DomaiNesian!

SEO on Page adalah

SEO on Page adalah teknik dalam melakukan optimasi website dengan tujuan untuk memperoleh peringkat teratas dan juga meningkatkan trafik organik. Optimasi SEO on Page adalah optimasi yang memang difokuskan pada konten dari sebuah website seperti gambar, tag, judul, url, dan internal link yang digunakan. Pada intinya, SEO on Page ini merupakan langkah optimasi konten yang ada dalam website agar dapat menyajikan konten yang berkualitas dan bermanfaat bagi pembacanya.

Selain itu, optimasi SEO on Page ini bisa memudahkan mesin pencari untuk memahami konten-konten dari website sehingga ketika pengguna memasukkan kata kunci maka mesin pencari bisa menampilkan website yang relevan. Dalam melakukan optimasi SEO on Page ada banyak cara yang bisa kamu terapkan. Berikut ini caranya!

Baca juga: Cara Membuat Link Website Untuk Tingkatkan SEO

Cara Mudah Optimasi SEO on Page

DomaiNesia sudah merangkum sekitar 13 cara mudah melakukan optimasi SEO on Page yang bahkan bisa diikuti oleh pemula loh! Cukup ikuti beberapa tips dan cara di bawah ini ya DomaiNesian!

1. Ciptakan judul yang menarik perhatian

Pertama, cara optimasi SEO on Page adalah memaksimalkan penggunaan judul. Sebelum membuka website, pasti fokus utama terletak pada judul setiap konten yang dicari. Semakin menarik judul yang digunakan maka membuat orang penasaran dengan isi dari website.

Menurut penelitian, judul konten yang mengandung angka bisa meningkatkan performa hingga 45%. Namun tidak semua judul harus menggunakan angka ya! Jadi sesuaikan saja dengan kebutuhanmu. Contoh judul konten yang menggunakan angka, seperti:

  • Rekomendasi 10+ Framework PHP Terbaik dan Terpopuler 2021.
  • Mengenal 10 Front End Framework Terbaik yang Wajib Kamu Tahu!
  • Intip 12 Peluang Kerja Online dari Rumah, Emang Bisa?

Dari contoh judul konten di atas, bisa dilihat bahwa penambahan angka menjadi fokus utama sebab membuat orang semakin penasaran. Apalagi jika angka yang dituliskan bernilai besar, karena orang akan berpikir bahwa website tersebut menyajikan informasi yang banyak dan lengkap.

SEO on Page
Sumber: Envato

2. Pilih permalink yang sederhana dan deskriptif

Cara optimasi SEO on Page adalah dengan menggunakan permalink sederhana namun tetap menggambarkan isi konten, Apakah kamu sudah tahu apa itu permalink? Permalink adalah url yang digunakan untuk membuka konten tertentu di dalam website. Contohnya untuk mengakses artikel apa itu SEO maka url yang digunakan seperti “https://www.domainesia.com/tips/apa-itu-seo/

Semakin panjang permalink yang digunakan maka akan menyusahkan mesin pencari untuk mengidentifikasi isi konten dan juga sulit untuk dibaca. Bahkan pada SEO 2019, permalink menjadi salah satu indikator utamanya loh! Jadi dalam penulisannya kamu harus menggunakan keyword. Contoh kasusnya saat kamu ingin membuat permalink untuk konten dengan keyword “apa itu developer” maka kamu bisa menuliskan permalink menjadi “https://www.domainesia.com/berita/apa-itu-developer/

Namun apabila kamu menggunakan WordPress maka kamu harus melakukan setting permalink sendiri karena default permalink yang diberikan sulit untuk dibaca. Caranya mudah yaitu pilih Settings > Permalink. Lalu ubah menjadi Post Name dan jangan lupa untuk simpan perubahannya. Kini permalink websitemu bisa kamu ubah sesuai kebutuhan ya!

3. Manfaatkan penggunaan heading dan subheading

Jika kamu sekarang sebagai pengunjung website, apakah kamu lebih dimudahkan dengan penulisan heading dan subheading? Yup, memang kedua juga bisa memudahkan pengunjung untuk membaca informasi, bisa membuat pengunjung tidak jenuh, dan juga menjadi salah satu bagian dalam optimasi SEO on Page loh! Sebab keberadaannya bisa membuat konten lebih terstruktur dan juga memudahkan dalam menemukan poin yang memang sedang dicari.

Heading dan subheading ini memisahkan antara poin utama dan juga sub poin lainnya. Selain memudahkan pengunjung, penggunaannya juga bisa memudahkan mesin pencari dalam melakukan crawling sehingga pokok pembahasan bisa ditemukan. Apabila kamu pengguna WordPress pasti sudah tidak asing lagi karena kamu menemukan heading 1 sampai heading 6. Sudah pernah menggunakannya?

Heading 1 ini digunakan untuk penulisan judul ya DomaiNesian! Sedangkan heading 2 sampai 6 digunakan untuk poin yang lebih kecil lagi. Tapi dalam penerapan biasanya yang digunakan hanya sampai heading 4 saja. Usahakan dalam setiap heading yang kamu gunakan mengandung keyword ya!

4. Pakai tema yang responsive

Berikutnya cara optimasi SEO on Page adalah dengan menggunakan tema yang responsive di semua perangkat digital. Tidak semua pengunjung membuka website melalui laptop saja, bahkan mungkin pengunjung lebih sering membuka website melalui smartphone atau tablet. Sayangnya tidak semua website bisa memiliki tampilan yang responsive.

Maka dari itu, sebelum menggunakan tema WordPress kamu harus mencari tahu terlebih dahulu apakah tema tersebut mobile friendly atau tidak. Selain untuk kenyamanan pengunjung, Google sudah mulai menerapkan mobile first indexing. Melalui kebijakan tersebut maka menuntut semua pemilik website untuk menggunakan tema yang responsive.

Mobile First Indexing ini artinya Google akan menilai tampilan website pada perangkat mobile terlebih dahulu. Lalu jika hasilnya buruk bisa jadi berpengaruh negatif terhadap penilaian SEO secara keseluruhan. Jadi perlu DomaiNesian pastikan lagi bahwa tema yang digunakan memang responsive ya!

5. Tambahkan multimedia

Cara optimasi SEO on Page adalah menambahkan gambar atau video pada setiap konten. Pengunjung akan jenuh apabila kamu hanya menyajikan tulisan saja dari awal hingga akhir. Untuk menghindari kejenuhan, maka kamu bisa menambahkan multimedia agar terlihat lebih interaktif dan berwarna.

Konten yang memuat video di dalamnya bisa berkesempatan 53 kali lebih besar untuk menduduki peringkat teratas Google. Coba deh DomaiNesian tambahkan foto atau video setidaknya dua buah saja agar pengunjung tidak jenuh untuk menyimak pembahasan konten hingga akhir!

SEO on Page
Sumber: Envato

6. Sajikan konten yang bermanfaat dan berkualitas

Selain judul yang menarik, konten adalah salah satu bagian yang paling penting dari optimasi SEO on Page. Semakin berkualitas dan juga bermanfaat maka websitemu bisa semakin mudah untuk bersaing dengan website lain. Seperti apa konten yang berkualitas itu? Jawabannya adalah konten yang mampu menyajikan dan juga menjawab segala pertanyaan yang dibutuhkan oleh pengunjung website. Kemas konten yang berkualitas, menarik, dan mengandung informasi yang relevan ya!

7. Perhatikan panjang konten 

Setelah menyajikan konten yang berkualitas, cara optimasi SEO on Page adalah dengan memperhatikan panjang konten tersebut. Memang tidak ada aturan khusus untuk panjang konten yang efektif, namun kamu bisa membandingkannya dengan kompetitor. Caranya yaitu coba buka peringkat 3 di atas dalam mesin pencarian kemudian cari tahu berapa rata-rata panjang kontennya. Jika sudah mendapatkan angkanya maka usahakan kamu menulis konten di sekitaran angka tersebut. 

8. Tambahkan internal link

Cara optimasi SEO on Page adalah dengan memaksimalkan internal link. Pernah mendengar internal link? Internal link adalah link yang akan mengarahkan ke halaman lain pada satu website yang sama. Internal link ini bisa memudahkan pengunjung dalam menemukan konten lain yang masih relevan dengan konten yang sedang dicari.

Tidak hanya sampai situ saja, sebab link ini bisa membantu Google untuk mengidentifikasi hubungan setiap konten di dalam website dan akan menjadi penilaian tersendiri. Google juga mengutamakan website yang memiliki keterikatan antara satu konten dengan yang lainnya loh!

9. Tambahkan tombol yang mengarahkan ke sosial media

Selain melalui website, mengenalkan produk, brand, atau bisnis juga bisa dilakukan melalui sosial media. Biasanya dalam sebuah website, kamu bisa menemui tombol untuk share konten tersebut ke sosial media pribadi. Memang pada dasarnya hal ini tidak mempengaruhi SEO.

Namun tidak ada salahnya untuk dicoba, siapa tau trafik website milikmu juga semakin tinggi kan! Apalagi kita tahu bahwa masyarakat di Indonesia ini sangat aktif dalam bersosial media. Bagaimana cara menambahkan tombol ini? Coba kamu gunakan beberapa plugin sosial media seperti MasShare atau AddToAny.

Baca juga: SEO Time! Begini Cara Menulis Artikel SEO yang Optimal

10. Ubah link menjadi open in new tab

Poin kali ini mungkin tidak begitu diperhatikan oleh pemilik website. Padahal open in new tab ketika kita klik link akan meningkatkan user experience loh! Coba bayangkan saat kamu membuka 3 link di dalam satu konten, lalu kamu harus melakukan back berkali kali dan juga kamu tidak bisa membukanya secara bersamaan. Cara ini bisa kamu lakukan untuk mengoptimasi SEO.

11. Tingkatkan kecepatan loading website

Cara optimasi SEO on Page adalah meningkatkan kecepatan website. Kunci agar pengunjung website tidak beralih ke kompetitor adalah dengan meningkatkan loading website. Semakin lama website memuat data maka pengunjung akan merasa frustasi dan beralih mengunjungi website kompetitor padahal konten yang kamu sajikan sudah berkualitas dan menarik.

Hal tersebut akan membuat angka bounce rate semakin tinggi dan berakibat pada SEO yang buruk. Tidak inginkan ini terjadi? Sekarang, coba cek kecepatan website milikmu, jika sudah berada di angka 5 detik maka kamu harus segera meningkatkan kecepatannya. Sebab batas wajar pengunjung menunggu hanya di angka 3 detik saja. 

12. Manfaatkan LSI Keyword

Cara terakhir dalam optimasi SEO on Page adalah dengan memanfaatkan LSI Keyword. LSI keyword adalah variasi dari kata kunci yang masih memiliki arti yang sama dengan keyword yang kamu targetkan. Sebab penggunaan keyword yang sama secara berlebihan bisa membuat Google membaca kontenmu sebagai spam.

Maka dari itu, coba variasi keyword yang lain. Pun demikian pengunjung juga tidak semuanya menggunakan keyword yang sama kan? Jadi manfaatkan LSI keyword melalui tools seperti LSIKeywords dan juga LSIGraph.

Optimasi SEO on Page Adalah Salah Satu Faktor Kesuksesan Website!

SEO on Page adalah teknik yang diterapkan dengan tujuan untuk mendapatkan peringkat teratas dalam mesin pencarian. Ada banyak cara yang bisa diterapkan dalam melakukan optimasi ini, mulai dari memperhatikan pemilihan judul, menambahkan multimedia, meningkatkan performa website, dan masih banyak lagi cara lain yang bisa kamu praktikan. Pada dasarnya optimasi seo ini bukan hal yang sulit kan apabila kamu mau mempelajarinya? Yuk optimasi SEO on Page dari sekarang dengan mengikuti berbagai cara di atas untuk mencapai tujuan websitemu.

SEO on Page
Sumber: Envato

Mudah, Cepat, dan Andal: DomaiNesia Solusi Hosting dan Domain untuk Website

Mau mempraktikan cara-cara diatas tapi belum punya website? Layanan hosting murah DomaiNesia menawarkan paket yang sesuai dengan kebutuhan website kamu, mulai dari shared hosting hingga VPS hosting. Dengan fitur-fitur seperti cPanel, Instant Deploy, dan SSL gratis, membuat website dengan DomaiNesia sangat mudah dan cepat. Selain itu, DomaiNesia menawarkan layanan yang andal dengan uptime hingga 99,9%.

Beli Hosting Murah

Pilihan domain yang ditawarkan oleh DomaiNesia sangat beragam, termasuk domain internasional seperti .com, .net, dan .org serta domain lokal seperti .id dan .co.id. Kamu dapat beli domain murah baru atau mentransfer domain yang sudah kamu miliki ke DomaiNesia.

Tim dukungan pelanggan DomaiNesia siap membantu 24/7 jika kamu mengalami masalah atau membutuhkan bantuan dalam membuat atau mengelola website kamu. Kamu dapat menghubungi tim dukungan pelanggan melalui live chat, telepon, atau tiket.

DomaiNesia adalah pilihan yang tepat jika kamu ingin membuat website dengan mudah, cepat, dan andal. Dengan layanan hosting yang andal, pilihan domain yang beragam, dan sertifikat SSL, DomaiNesia dapat membantu kamu memiliki website yang selama ini kamu inginkan.

Bimo Hutomo

As a marketer at DomaiNesia, I'm a fan of lego. Electrical engineer but a bit obsessed about marketing and business.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Ekstra Diskon Migrasi 5% serta GRATIS biaya migrasi & setup.

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds