• Home
  • Berita
  • Apa Sih Perbedaan WhatsApp dan WhatsApp Bisnis?

Apa Sih Perbedaan WhatsApp dan WhatsApp Bisnis?

Oleh Ratna Patria

WhatsApp merupakan aplikasi komunikasi online yang saat ini banyak digunakan oleh penduduk dunia. Selain karena tampilannya simpel dan mudah diakses, WhatsApp sudah mendukung berbagai fitur untuk meningkatkan komunikasi.

Mulai dari pesan teks, suara, gambar, panggilan suara, hingga panggilan video. Pada awal tahun 2018, WhatsApp meluncurkan produk terbarunya yang dikhususkan untuk kalangan bisnis. Produk ini diberi nama WhatsApp bisnis

Walaupun bukan diperuntukkan khusus untuk bisnis, WhatsApp biasa tetap sering digunakan oleh pebisnis pemula. Padahal dengan menggunakan WhatsApp bisnis, pengusaha atau yang saat ini sedang merintis usaha bisa lebih memaksimalkan hubungan komunikasinya dengan pelanggan.

Dan juga, ada berbagai fitur yang hanya bisa didapatkan di WhatsApp bisnis. Apa saja itu? Mari kita ulas tentang perbedaan WhatsApp biasa dan WhatsApp bisnis.

WhatsApp bisnis
Sumber: Freepik

Apa itu WhatsApp Bisnis?

WhatsApp mulanya adalah aplikasi pesan berbayar, hingga akhirnya berhasil diakuisisi oleh Facebook. Setelah itu WhatsApp menjadi produk yang bebas diakses dan tidak pernah muncul iklan sama sekali.

Hal tersebut memicu pertanyaan, bagaimana Facebook bisa mengembalikkan modal WhatsApp yang dulu dibeli dengan harga 19 miliar dollar? Lalu pada Januari tahun 2018, WhatsApp bisnis diperkenalkan.

Hingga saat ini WhatsApp mengklaim jika WhatsApp sudah diunduh oleh dua miliar lebih orang. Dan diprediksi akan terus meningkat seiring berkembangnya zaman. Tapi bukan masalah seberapa banyak jumlah unduhan WhatsApp, melainkan engagement-nya.

Setiap harinya WhatsApp mengirimkan sekitar 65 miliar pesan dan sekitar 750 ribu pesan setiap detik. Tidak hanya itu, terdapat sekitar 450 juta pengguna aktif tiap harinya. Artinya WhatsApp memiliki user engagement yang sangat tinggi.

Setelah WhatsApp bisnis diluncurkan, kehadirannya memang dibutuhkan oleh kebanyakan bidang bisnis. Terutama di era digital saat ini. Terbukti, walaupun aplikasi bisnis ini tak sepenuhnya gratis, WhatsApp bisnis sudah diunduh lebih dari 100 juta pengguna di Google Play Store.

Perbedaan WhatsApp dan WhatsApp Bisnis

Aplikasi pada kedua WhatsApp ini memiliki fitur-fitur yang berbeda. Walaupun punya kesamaan seperti memerlukan nomor ponsel, terhubung dengan internet, dan tentu saja untuk berkomunikasi. Selain fitur, perbedaan lainnya juga terdapat pada harga. Apakah benar-benar gratis?

Profil Akun

Pada WhatsApp bisnis akan ditampilkan profil akun bisnis. Mulai dari brand, terakhir online, waktu operasi, alamat toko, alamat website, nomor hp, hingga penjelasan singkat mengenai bisnis tersebut. Hal ini sangat membantu pelanggan yang ingin melakukan komunikasi, sehingga tahu apa yang ditawarkan oleh pelaku bisnis.

Balas Otomatis

Ada juga fitur balas otomatis yang bisa dinikmati oleh pengguna WhatsApp bisnis. Fitur ini membuat komunikasi dengan pelanggan bisa lebih cepat, karena sudah diatur template dan bisa disesuaikan dengan apa yang ingin pelanggan ketahui. Misalnya ketika pelanggan mengetik angka 1, maka akan muncul chat bisa saja pesan selamat datang, FAQ(Frequently asked questions), atau informasi lainnya.

Broadcasts

Kamu juga bisa mengirimkan pesan ke lebih dari satu orang dengan template yang sama dalam satu waktu, yang tidak akan didapat pada aplikasi WhatsApp biasa. Jadi akan sangat membantu ketika bisnis sedang mengadakan promo atau ada informasi penting lainnya yang harus diketahui oleh pelanggan sesegera mungkin.

WhatsApp bisnis
Sumber: Freepik

Insight Pelanggan

Akan ada fitur statistik yang membantu sangat membantu. Fitur ini berfungsi sebagai laporan tentang akun bisnis WhatsApp, seperti berapa banyak pesan yang masuk, yang terkirim, dan yang tidak terkirim. Sehingga pemilik bisnis akan sangat mudah menganalisis dan mengatur strategi untuk mengembangkan bisnisnya di kemudian hari.

Freemium dan Premium

WhatsApp biasa adalah aplikasi gratis, namun pada WhatsApp bisnis menawarkan dua opsi, yaitu gratis dan juga berbayar. Untuk pengguna gratis menggunakan aplikasi WhatsApp Bisnis, sedangkan untuk yang berbayar menggunakan dengan WhatsApp Bisnis yang berupa API (Application Programming Interface), bukan aplikasi smartphone. Walaupun keduanya sama-sama diperuntukkan untuk bisnis, keduanya memiliki beberapa perbedaan.

Bisnis vs API

WhatsApp Business App

Jenis WhatsApp Business App ini adalah aplikasi yang bisa diunduh di Google Play Store, App Store atau digital store resmi lainnya. Dan digunakan menggunakan perangkat seluler yang terhubung dengan nomor ponsel.

Satu nomor ponsel hanya bisa menggunakan salah satu jenis WhatsApp. Jadi jika sudah terdaftar dengan WhatsApp biasa tidak bisa digunakan untuk WhatsApp bisnis. Aplikasi ini gratis dan cocok digunakan untuk bisnis kecil hingga menengah. Bahkan tanpa ada batasan pesan yang bisa dikirim atau diterima.

Selain itu jenis konten yang dikirim juga banyak, seperti text, suara, gambar, video, dan sebagainya. Aplikasi ini juga bisa mengkategorikan kontak berdasarkan label, jadi sangat memudahkan.

WhatsApp Business API

Jenis yang kedua adalah WhatsApp Business yang berbentuk API. Untuk menggunakan WhatsApp berjenis API ini dibutuhkan pengajuan menggunakan WhatsApp Partner. Walaupun berbayar, WhatsApp Business API bisa terhubung lebih dari satu perangkat. Sehingga WhatsApp Business API ini lebih cocok untuk digunakan oleh perusahaan besar dan berskala global.

WhatsApp bisnis
Sumber: Freepik

Maksimalkan Komunikasi Pelanggan

Dengan hadirnya WhatsApp dengan fitur yang dikhususkan pelaku bisnis, sangat membantu para pengusaha untuk mengelola komunikasi dengan customernya. Terutama karena WhatsApp merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan pengguna smartphone saat ini.

Dengan menggunakan WhatsApp khusus bisnis, kamu bisa dengan mudah mengoptimalkan komunikasi dengan pelanggan. Mulai dari pesan otomatis, broadcast, label, membuat profil bisnis, hingga melihat statistik yang bisa kamu gunakan untuk mengembangkan pelayanan bisnis menjadi lebih baik lagi.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Hidayat
October 13, 2020

Betul, untuk meningkatkan DA memang enggk bisa instant. Bikin konten dengan onpage seo yg terbukti longterm ketimbang beli jasa backlink.

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!