5 Ide Menulis Blog Yang Wajib Anda Pilih

ide menulis blog

Hi DomaiNesians! Punya cita- cita jadi blogger seperti Raditya Dika, Benakribo atau Alit Susanto? Mungkin pernah ya pastinya. Menulis sekarang ini dapat dilakukan kapanpun, dimanapun dan oleh siapapun. Anda bisa menulis apapun di blog. Banyak sekali platform blog yang bisa anda gunakan seperti blogger dan wordpress. Tetapi, permasalahan yang sering datang yaitu โ€œmau dibikin gimana sih blog saya?โ€ atau “mau nulis apa nih di blog? udah di depan laptop tapi kok jadi blank gini“. Nah dikutip dari byregina.com, berikut ini ada 5 ide menulis blog yang bisa anda jadikan referensi.

1. Tutorial

Agar blog anda mendapatkan traffic yang tinggi dan sering dikunjungi banyak orang maka hal yang paling penting adalah merumuskan ide menulis blog. Banyak sekali hal yang bisa anda tulis salah satunya tutorial. Semakin berkembangnya jaman dan internet semakin maju maka banyak orang yang lebih menyelesaikan permasalahannya sendiri. Anda bisa menuliskan berbagai tutorial darimulai tutorial hijab, tutorial membersihkan kamar mandi hingga tutorial memasak. Mungkin anda suka dengan teknologi? Nah silahkan tulis tutorial yang berhubungan dengan komputer, dunia pemrograman dan sebagainya. Atau mungkin anda suka berkreasi? Nah, coba saja tulis tutorial membuat kerajinan dari berbagai meterial.

2. Informasi

Sekarang ini informasi bisa didapatkan dari mana saja seperti misalnya surat kabar, website dan bahkan blog. Bagi anda yang berkecimpung di suatu bidang tertentu misalnya kesehatan, musik, teknologi atau apapun mungkin bisa menulis segala informasi terkait ke dalam blog. Misalnya anda seorang dokter, maka tulis informasi terkait kesehatan, pertolongan pertama, bahaya penyakit serta cara pencegahannya. Jika anda seorang musisi, maka tulis segala informasi mengenai dunia musik. Ide menulis blog ini sudah banyak diadaptasi oleh berbagai blogger misalnya blogdokter.com.

3. Food and Traveling

Anda suka makan? Anda juga suka travelling? Sekarang ini travel blogger sedang berada di atas awan lho. Banyak blogger yang sukses karena pengalaman traveling di berbagai penjuru dunia. Nah, bagi anda yang suka traveling mungkin ini salah satu ide menulis blog yang patut anda tiru. Tulis pengalaman traveling anda dari mulai obyek wisata, biaya yang dihabiskan, transportasi, penginapan dan kegiatan apa saja yang bisa anda lakukan di sana. Siapa tahu suatu saat nanti anda di kontrak majalah travel untuk jalan- jalan bukan?

4. Review Produk

Ini nih khususnya buat cewek- cewek yang suka banget mengikuti review produk sebelum membeli. Banyak blog yang isinya review dari berbagai macam produk seperti kosmetik, perawatan tubuh, perawatan wajah, brand pakaian, tas dan sebagainya. Intinya hanya satu yaitu โ€œtidak mau rugiโ€. Bagi anda yang suka mencoba hal- hal baru dan mungkin ingin memberikan penilaian serta ulasan terhadap suatu produk, mungkin ide menulis blog review produk ini dapat dicoba. Siapa tahu beberapa bulan kemudian ada tawaran endorse!

5. Pengalaman Pribadi

Nah yang terakhir, anda bisa menuliskan pengalaman pribadi ke dalam blog. Pengalaman pribadi memang menarik untuk diceritakan. Ketika anda menulis, bahkan terkadang ada luapan emosi yang tertuang. Blog bisa menjadi salah satu pengganti buku diari lho. Namun, pastikan anda harus bijak dalam menuliskan pengalaman pribadi. Anda bisa menuliskan pengalaman dalam mengerjakan skripsi ataupun pengalaman dalam membuat website sendiri. Nah, blog yang isinya pengalaman pribadi gini bisa lho diikutkan kompetisi blog gitu. Banyak kompetisi blog yang bisa diikuti. Salah satunya lomba blog DomaiNesia yang biasa diadakan sekitar bulan Oktober hingga November. Namun, sayangnya lomba blog DomaiNesia sudah berakhir nih ๐Ÿ™ Jangan khawatir! Siap- siap aja dari sekarang buat ngerombak blog kamu biar jadi lebih kece! Agaaar, tahun depan bisa ikutan ๐Ÿ˜€

ide menulis blog

Itulah 5 ide menulis blog yang bisa anda terapkan. Yang paling penting adalah sesuaikan dengan passion, hobi dan keinginan anda dalam menulis. Jangan sampai, hanya karena alasan mengejar traffic maka anda menulis hal yang tidak disukai. Karena berawal dari passion, maka kata- kata dalam menulis itu muncul. Keep writing guys!