• Home
  • Tips
  • Optimalkan Websitemu dengan Long Tail Keyword SEO

Optimalkan Websitemu dengan Long Tail Keyword SEO

Oleh Ratna Patria
4.5/5 (2)

Pernahkah kamu mendengar long tail keyword? Menggunakan long tail keyword di artikel blog berpotensi mendatangkan lebih banyak trafik dan konversi, lho.

Long Tail Keyword SEO
Sumber: Freepik

Apa Itu Long Tail Keyword

Long tail keyword merupakan jenis keyword yang lebih spesifik dan biasanya terdiri dari tiga sampai lima kata.

Ketika kamu ingin berbelanja sepatu, kamu biasanya mengetik ‘beli sepatu online’ atau lebih spesifik lagi dengan mengetikkan ‘beli sepatu formal online’.

Walaupun kamu ingin websitemu mendapat peringkat tertinggi di mesin pencari untuk keyword ‘sepatu’, tetapi kamu bisa mendatangkan lebih banyak traffic ke website dengan mengoptimalkan long tail keyword SEO seperti ‘beli sepatu formal online’ karena lebih spesifik.

Mengoptimalkan Long Tail Keyword SEO

Cara paling jitu untuk memastikan website perusahaanmu mengoptimalkan long tail keyword adalah dengan memasukkannya pada artikel blog dan FAQ yang mudah dipahami.

Buatlah blog aktif yang membahas topik yang sedang tren di industri bisnismu.

Blog ini akan membantu memperkuat SEO website agar bisa muncul di peringkat atas mesin pencari.

Contohnya jika kamu adalah orang yang menawarkan produk domain seperti Radix.

Kamu bisa membuat konten blog yang membicarakan topik seputar domain, website, teknologi dan hal lain yang berhubungan dengan website.

Bisa juga kamu membahas satu per satu mengapa kamu harus menggunakan TLD baru seperti .ONLINE, .TECH, .STORE, .SITE, .PRESS, dan .SPACE.

Untuk memastikan long tail keyword SEO yang kamu gunakan banyak dicari orang dan relevan, kamu bisa menggunakan SEO tools seperti Ahrefs, SEMrush atau Ubersuggest.

Setelah meriset keywords, kamu bisa langsung mengeksekusi blog dengan informasi yang bermanfaat atau bisa dalam bentuk FAQ untuk memudahkan pengunjung website mendapatkan topik yang mereka cari.

Pentingnya Long Tail Keyword

Long tail keyword mencakup hampir 70% dari semua pencarian website dan biasanya dicirikan dengan search volume rendah, minim persaingan dan conversion rate yang tinggi.

Dengan long tail keyword, kamu bisa menargetkan keyword pencarian dengan lebih baik dan spesifik.

Selain itu, dapat mengubah pencarian keyword tertentu yang langsung mengarahkan ke website.

Mengapa Harus Menggunakan Long Tail Keyword?

Ada beberapa alasan kuat untuk menggunakan long tail keyword SEO sebagai salah satu strategi marketing di website pribadi atau perusahaan.

Menggunakan long tail keyword dan mengoptimalkannya di website tidak hanya membantu dalam persaingan peringkat di mesin pencari, tetapi juga membantu kamu menaklukkan tren voice search saat ini.

Banyak generasi milenial menggunakan voice search setiap harinya.

Long Tail Keyword SEO
Sumber: Freepik

Ini artinya mereka berbicara ke smartphone atau smart home device untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Voice search mengharuskan kamu menyampaikan permintaan secara detail, berarti kamu harus menggunakan long tail keyword yang relevan.

Peringkat Tinggi di Mesin Pencari

Penggunaan long tail keyword SEO yang paling penting adalah untuk membuat website berada di peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari.

Ini berarti mengungguli kompetitor dan secara strategi memenuhi maksud pencarian spesifik dari pengguna yang ingin menemukan bisnis atau keahlianmu.

Dengan memasukkan long tail keyword yang relevan pada blog dan konten di websitemu, kamu pasti akan mendapatkan peringkat lebih tinggi dari kompetitor.

Misalnya keyword ‘domain’ pasti akan banyak sekali yang mencari dan juga akan kesulitan mendapat keyword yang tinggi volumenya.

Tetapi dengan memasukkan ‘Domain dan Hosting Murah Bergaransi di Jakarta’ mungkin akan lebih rendah pencarian dan tingkat kesulitan keywordnya.

Jika bisnismu menawarkan hosting atau domain dengan tujuan untuk menjual, kamu perlu mempertimbangkan untuk memasukkan long tail keyword.

Meningkatkan Content Marketing

Perlu kamu ketahui bahwa mesin pencari seperti Google menyukai konten yang fresh.

Konten baru yang disertai dengan long tail keyword akan meningkatkan SEO dan kontenmu ke level yang lebih baik.

Tetapi kamu harus konsisten membuat konten yang berkualitas.

Buatlah konten yang bisa menambah value bagi pengunjung website dan berperan dalam goals campaign marketing.

Selanjutnya, kamu perlu menyertakan long tail keyword di URL, title tag, isi artikel (body text) dan alt tag di gambar artikelmu.

Meningkatkan Konversi

Tahukah kamu kalau conversion rate rata-rata long tail keyword bisa mencapai 36%?

Karena itu kamu wajib memasukkan long tail keyword yang relevan untuk mendatangkan trafik organik lebih banyak ke websitemu.

Menggunakan long tail keyword adalah salah satu cara organik dalam marketing.

Tidak membutuhkan biaya dibandingkan kamu harus membuat campaign iklan PPC (Pay-Per-Click). Ini tentu menguntungkan dari segi anggaran marketing.

Optimalkan SEO dengan Long Tail Keyword

Sekarang kamu sudah mengetahui apa itu long tail keyword SEO dan pentingnya untuk website.

Long tail keyword SEO dapat membantu kamu mengoptimalkan voice search, mendapatkan peringkat tertinggi di mesin pencari, mengoptimalkan content marketing dan meningkatkan conversion rate.

Long Tail Keyword SEO
Sumber: Freepik

Yang tidak kalah penting, sajikan blog yang berisi informasi atau konten berkualitas yang bisa memberikan value pada pengunjung website.

Optimasi website dengan SEO harus dibarengi dengan konten yang berkualitas.

Sudah siap mencoba dan merasakan manfaat dari penggunaan long tail keyword?

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!