• Home
  • Tips
  • 3/5 (2) Bosan Website Sepi Traffic? Ketahui SEO Tools Terbaik 2020

Bosan Website Sepi Traffic? Ketahui SEO Tools Terbaik 2020

Oleh Ayoni Sulthon
Bosan Website Sepi Traffic? Ketahui SEO Tools Terbaik 2020

SEO Tools Terbaik – Memiliki website memang harus tahu bagaimana cara mengelolanya. Sebuah metode yang perlu diterapkan untuk meningkatkan trafik website adalah membuat konten berkualitas disertai SEO. Memang benar bahwa hampir sebagian besar dari SEO tersebut berbayar untuk bisa mendapatkan fitur tambahan berupa analisa tingkat efektivitas suatu keyword.

Namun, saat ini ada SEO tools yang bisa dimanfaatkan secara gratis, meskipun sebagian besar tidak menyertakan hasil analisa advanced. Setidaknya kamu akan memiliki gambaran untuk menggunakan keyword yang mana setiap kali membuat konten yang baru. Penasaran dengan daftar dari SEO tersebut, kamu perlu simak ini sampai selesai.

Baca juga : Dasar-dasar SEO

Daftar SEO Tools Terbaik

Berikut ini adalah daftar SEO tools terbaik saat ini yang bisa kamu pakai untuk meningkatkan SEO website Anda. Seo Tools nya adalah Answer the public, Ahrefs, Rank Math, Google Search Console, AlsoAsked.com, Keyworddit, Cloudflare, Ubersuggest, WordStream.

1. Answer The Public

SEO tool terbaik pertama yang patut dicoba adalah Answer The Public. Saat seseorang mengunjungi website tersebut, maka akan dapat melihat tampilan halaman utama yang sangat menarik berupa gambar pria yang bergerak. Website ini dapat diakses secara gratis.

Hanya saja website tersebut cocok bagi kamu yang mengembangkan website dalam bahasa Inggris maupun Eropa. Cara menggunakannya juga sangat mudah, karena kamu hanya perlu mengetikkan antara 1 sampai 2 kata pada bar pencarian yang ada di website tersebut. Misalkan saja:

  • Masukkan kata kunci yang diinginkan, seperti clothing.
  • Klik pada tombol Search.
  • Hasilnya akan muncul seketika dalam banyak versi, seperti pertanyaan, preposisi, perbandingan, dan juga alfabetikal.

Seluruh hasil yang muncul tersebut dapat dimanfaatkan menjadi keyword. Jika menginginkan data pembanding, maka dapat diwujudkan dengan menggunakan paket yang berbayar. Apabila kamu belum ingin mengeluarkan uang dalam jumlah yang besar, maka dapat menggunakan versi gratisnya yang juga sudah sangat baik performanya.

Bahkan, kamu bisa download hasilnya dalam bentuk laporan Ms.Excel. Sisanya bisa membuat konten berdasarkan hasil yang sudah diberikan melalui website ini.

2. Ahrefs

Website yang ini menggunakan bahasa Indonesia dan cocok untuk meningkatkan trafik dengan bantuan SEO tools checker terbaik berupa Ahrefs. Hal tersebut bisa dimulai masuk ke dalam websitenya. Website tersebut memiliki opsi bahasa yang sangat bervariasi dan tersedia dalam bahasa Indonesia juga.

Kamu dapat menggunakan untuk menentukan suatu keyword dengan sangat cepat dan hanya beberapa detik saja. Selain itu, pengguna dapat memanfaatkan fitur yang ditawarkan secara gratis. Website ini mendapatkan bantuan penelusuran keyword berdasarkan beberapa mesin pencarian, seperti Google, Bing, Amazon, dan YouTube. Cara menggunakannya:

  • Ketikkan keyword yang ingin dipakai dalam suatu konten. Misalkan saja clothing, sehingga kamu akan bisa membandingkan hasil yang diberikan dari tools yang pertama dengan yang ada pada poin ini.
  • Beri centang pada kotak I’m not robot.
  • Klik tombol Find Keywords dan tunggu sampai loading selesai.
  • Hasilnya akan langsung ditampilkan dalam bentuk tabel berupa keywords, keywords difficulty, volume, dan updated.

Perlu dipahami bahwa semakin tinggi nilai keyword difficulty berarti akan semakin susah mencapai rangking tinggi top 10 dalam penelusuran dengan menggunakan mesin penelusuran. Menggunakan website ini sangat membantu pemilik website untuk mengetahui seberapa usaha yang perlu dikeluarkan untuk membuat website menjadi top 10 secara organik.

3. Rank Math

SEO tidak hanya berkaitan dengan keyword saja, melainkan berupa meta deskripsi, judul, OG tags, meta tags, dan lain sebagainya. Jika ingin website memiliki nilai SEO yang tinggi, maka perlu menggunakan penambahan data struktur dan juga rich snippets.

Salah satu tools gratis yang bisa kamu pakai untuk memenuhi seluruh kebutuhan tersebut adalah Rank Math. Untuk menggunakan tools SEO yang satu ini harus melalui akun WordPress kamu. Tools ini merupakan plugin yang bisa dipakai secara gratis.

4. Google Search Console

Perusahaan Google juga mengeluarkan suatu fitur yang dapat dimanfaatkan secara gratis dalam menangani teknikal SEO di website kamu. Nama dari tools tersebut adalah Google Search Console. Kamu akan bisa mengetahui performa website yang dimiliki dan mengawasi ada tidaknya troubleshoot dari hasil data yang dikumpulkan oleh Google Search Console.

Menggunakan bantuan website tersebut, dapat membantu menanggulangi teknikal error dan mencari sumber penyebabnya. Bahkan kamu akan bisa melakukan berbagai aktivitas lain berupa submit sitemaps, melihat isu data struktur, dan lain  sebagainya.

5. AlsoAsked.com

Tidak dapat dipungkiri bahwa membuat konten untuk suatu website tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Kamu perlu menggunakan subtopik khusus yang sering dicari oleh pengguna internet. Selain itu, kamu bisa saja membuat artikel yang isinya menjawab pertanyaan yang sering diajukan oleh pembaca artikel. Solusinya adalah menggunakan AlsoAsked.com.

Hanya saja website yang satu ini tidak menyediakan dalam bahasa Indonesia. Apabila kamu mengembangkan website berbahasa Inggris, maka kamu bisa memanfaatkan website satu ini dalam mencari hasil pertanyaan yang sering diajukan pengguna website saat memasukkan suatu kata kunci. Setiap langkahnya dapat kamu lihat berikut.

  • Ketikkan keyword untuk mencari daftar pertanyaan yang akan dibuat kontennya. Misalkan saja clothing.
  • Klik tombol Search dan tunggu proses loading sampai selesai.
  • Muncul hasil berupa pertanyaan yang sering diajukan oleh orang yang mencari dengan kata kunci clothing.

6. Keyworddit

Keyworddit merupakan singkatan dari Keywords from Reddit yang dapat secara gratis untuk melakukan generate keywords. Hasil yang diberikan akan dilengkapi dengan data Monthly Search Volume. Berdasarkan hasil yang dikeluarkan kamu akan dapat mengetahui seberapa penting nilai hasil riset keyword dalam membuat trafik website menjadi tinggi.

Baca juga :  Apa itu SQL

Semakin tinggi nilai Monthly Search Volume, maka dapat diartikan dengan adanya semakin banyak orang yang melakukan pencarian informasi terkait dengan menggunakan keyword spesifik tersebut. Cara menggunakannya cukup mudah dan dijamin orang awam akan langsung dapat memanfaatkan website ini. Seluruh rangkaian langkahnya dapat disimak ini.

  • Buka websitenya dengan mengetikkan URl berupa https://www.highervisibility.com/free-seo-tools/keyworddit/.
  • Tunggu sampai muncul tampilan halaman utama dari Keyworddit.
  • Ketik kata kunci yang ingin diperoleh atau topik yang akan dipakai dalam suatu konten website. Misalkan saja adalah topik clothing.
  • Muncul keyword yang disarankan untuk dipakai tepat di bawah bar pencarian keyword.
  • Pilih salah satu keyword sugesti dan klik pada tombol bertuliskan Get Keywords.
  • Tunggu sampai hasilnya muncul dan kamu akan bisa melihat seluruh keyword lengkap dengan Monthly Search Volume masing-masing.

Setiap SEO tools checker memberikan hasil yang berbeda-beda, karena mereka menggunakan cara penilaian yang sedikit berbeda antara satu sama lain. Namun, menggunakan keyword sugesti dapat sangat membantu kamu yang berniat membuat konten dengan trafik yang tinggi.

7. Cloudflare

Faktor selain keyword yang masuk dalam kategori meningkatkan SEO website adalah kecepatan membuka website. Menggunakan Cloudflare mampu membantu website lebih cepat ketika ada pengunjung yang datang ke website. Tak hanya mempercepat website, Cloudflare dapat melindungi dari serangan malware.

CloudFlare dilengkapi dengan banyak sekali sistem keamanan, seperti Firewall, DDoS, pembatasan rate, bot management, VPN, dan lain sebagainya. Cloudflare ini sudah sangat terkenal dan sudah banyak pemilik website yang menggunakannya.

Baca juga : Apa itu malware 

8. Ubersuggest

Apabila kamu sedang mencari SEO tools terbaik yang gratis, maka bisa mencoba Ubersuggest. Fitur yang ditawarkan oleh website ini terhitung sangat lengkap, seperti adanya overview untuk performa domain, efektivitas SEO setiap halaman, rekomendasi keywords, data backlink, dan lain sebagainya.

Website SEO tools checker yang satu ini juga menyediakan bahasa Indonesia, sehingga sangat cocok untuk kamu yang punya website dengan konten bahasa Indonesia. Tampilan User Interface dari website ini juga sangat ramah, sehingga sangat mudah untuk dikenali. Kamu bisa saja mengetahui data analisa keyword organik, keyword berbayar, dan total traffic dalam grafik.

Cara menggunakan tools gratis yang satu ini diantaranya:

  • Buka website Ubersuggest dengan menggunakan URL https://neilpatel.com/ubersuggest/.
  • Ketik keyword yang ingin diketahui search volumenya. Misalkan saja clothing.
  • Klik tombol Search dan tunggu loading yang hanya perlu waktu sekejap saja.
  • Hasil data analisa dari keyword berupa clothing sudah disajikan.

Beberapa data keyword overview yang akan dicantumkan dalam website tersebut adalah Search Volume, SEO Difficulty, Paid Difficulty, Cost per Click, dan lain sebagainya. Kamu akan dapat melihat hasil analisa berupa grafik Volume antara mobile dan desktop juga. Informasi lain yang dapat kamu peroleh dengan menggunakan website yang satu ini adalah People click on SEO result dan Searchers age range.

9. WordStream

Pertama kali kamu membuka website ini akan langsung muncul tampilan berupa dua orang marketing online yang bergerak. Marketing online dengan background oranye adalah marketing yang tidak menggunakan teknik online advertising dengan WordStream. Sedangkan marketing yang berada di sebelah kanan menggunakan online advertising yang membuat penjualan mudah.

WordStream ini merupakan salah satu alat SEO yang sangat berguna tidak hanya bagi pemilik website, tetapi juga terhadap marketing online. Ada banyak software yang disediakan oleh WordStream guna memudahkan kinerja marketer dari seluruh dunia. Software yang ditawarkan memiliki tingkatan berupa bisnis skala kecil, menengah, maupun ecommerce.

WordStream ini memang menawarkan layanan berbayar dengan fitur yang sangat membantu para marketing. Namun, kamu juga dapat menggunakan versi gratisnya. Setidaknya ada enam layanan gratis yang dapat kamu pakai, diantaranya:

  • Facebook Ads Performance Grader.
  • Google Ads Performance Grader.
  • AdWords Landing Page Grader.
  • Free Keyword Tool.
  • Facebook Opportunity Calculator.
  • Smart Ads Creator.

Kesimpulan

Ada banyak sekali SEO tools yang bisa kamu pakai untuk meningkatkan posisi website kamu di posisi puncak google. Diantaranya adalah 1. Answer the public, 2. Ahrefs, 3. Rank Math, 4. Google Search Console, 5. AlsoAsked.com, 6. Keyworddit, 7. Cloudflare, 8. Ubersuggest, 9. WordStream.

Ayoni Sulthon

SEO Strategist DomaiNesia, ask me all about SEO and Digital Marketing.


Diki
February 18, 2021

Yang pengen belajar Desain Rumah dan Pemetaan bis amampir ke : AR Production Arcgis

Riki Yoga Situmorang
February 5, 2021

sangat membantu

Putera
December 26, 2020

Setuju! udah langganan Domainesia dari jaman baheula hehe. Saya juga rekomendasiin buat para pengunjung blog saya yang mau buat website, khususnya pemula. Dashboardnya user-friendly banget!

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!