Home  »  Permulaan   »   Panduan Aktivasi Anti DDoS di Hosting

Panduan Aktivasi Anti DDoS di Hosting

Last Update:

cara aktivasi anti ddos di hosting
Salah satu serangan yang sering menimpa warganet adalah serangan DDoS. Apa itu DDoS? DDoS adalah singkatan dari Distributed Denial of Service. Dikutip dari Digitalattackcamp, serangan Distributed Denial of Service (DDoS) adalah suatu upaya untuk mengganggu layanan online dengan cara membanjiri lalu lintas (traffic) yang dilalui. Dikutip dari Wikipedia, serangan DDoS adalah jenis serangan terhadap sebuah komputer atau server di dalam jaringan internet dengan cara menghabiskan sumber (resource) yang dimiliki oleh komputer tersebut sampai komputer tersebut tidak dapat menjalankan fungsinya dengan benar sehingga secara tidak langsung mencegah pengguna lain untuk memperoleh akses layanan dari komputer yang diserang tersebut. Nah, ketika server tidak dapat menjalankan fungsinya, tentu saja website akan terganggu. Namun tenang, di hosting DomaiNesia terdapat anti DDoS CloudFlare yang bisa kamu aktifkan. Berikut ini panduan cara aktivasi anti DDoS di Hosting yang bisa kamu ikuti.

Anti DDoS di CloudFlare

Ada berbagai macam tipe serangan DDoS yang biasa dilakukan. Dikutip dari CloudFlare dan Wikipedia, terdapat berbagai macam serangan DDoS:

  1. DNS Flood
  2. UDP Amplification (Layer 3 & 4)
  3. HTTP Flood (Layer 7)
  4. Buffer Overflow
  5. SYN Flooding Attack
  6. Smurf Attack
  7. ICMP Flooding

Sumber: CloudFlare

Sebagai salah satu Content Delivery Network, CloudFlare juga memiliki fitur Anti DDOS. CloudFlare memiliki pendekatan keamanan berlapis dengan menggabungkan beberapa mitigasi DDoS dalam satu layanan. Untuk mengaktifkan Anti DDoS di Hosting juga cukup mudah hanya dengan sekali klik saja.

Cara Aktivasi Anti DDOS di Hosting

Adapun cara aktivasi anti DDoS di Hosting adalah sebagai berikut,

1.Domain Terintegrasi dengan CloudFlare

Sebelum melakukan aktivasi anti DDoS di Hosting, pastikan nameserver kamu telah terarah ke CloudFlare ya. Untuk panduannya, silakan ikuti Cara Setting CloudFlare di Hosting.

cara sinkronisasi hosting ke cloudflare

2.Login cPanel Hosting

Masuk ke dalam cPanel anda melalui https://namadomain/cpanel, lalu login sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting. Apabila bingung, silahkan baca Panduan Login cPanel.
cara instal prestashop

3.Memilih Cloudflare

Pada form pencarian silahkan ketik “Cloudflare” maka akan muncul seperti gambar di bawah ini. Kemudian silahkan klik CloudFlare.

Setelah itu, kamu akan menemukan tampilan seperti berikut ini. Apabila belum memiliki akun silakan klik Create Your Free Account. Jika sudah memiliki akun, silakan login dengan klik here.

4.Aktivasi DDoS di Hosting

Untuk aktivasi DDoS, silakan aktifkan Mode Under Attack. Dengan cara melakukan klik pada “Enable I’m Under Attack Mode”.
Untuk menonaktifkan, silakan klik “Disable I’m Under Attack Mode”.

Kesimpulan

Cara aktivasi Anti DDoS di Hosting dapat dilakukan oleh pemula maupun tingkat advanced. Gabungan hosting dan CloudFlare ini akan membuat website kamu terhindar dari serangan DDoS. Bagi kamu pengguna WordPress, selain melakukan aktivasi anti DDoS ini, kamu bisa ikuti beberapa tips agar WordPress aman ya.


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!