Panduan Export Website WordPress ke Blogger Melalui Plugin

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Bentuk file website di setiap platform website berbeda-beda. Contohnya, file website WordPress dengan file website Blogger memiliki perbedaan. Maka dari itu, ketika ingin memindahkan file website dari WordPress ke Blogger atau sebaliknya, harus diexport sesuai format website yang dituju. Nah, pada panduan kali ini akan membahas mengenai cara export website WordPress ke Blogger melalui plugin. Buat kamu yang ingin memiliki website bisa ikuti panduan membuat website sendiri.

Backup Data Website

Ketika kamu ingin memindahkan data website dari platform website satu ke lainnya, usahakan melakukan backup data terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kehilangan bagian pada data website. Untuk backup data, kamu dapat melakukan langsung dari cPanel atau melalui Softaculous Backup. Apabila melalui cPanel, silahkan ikuti Panduan Backup Data di cPanel.

Baca juga : Apa itu cPanel?

Sedangkan melakukan backup data melalui softaculous, silahkan ikuti Panduan Backup Data Melalui Softaculous. Oiya, Kami sarankan untuk melakukan backup data berupa file website, file database maupun file email secara berkala ya DomaiNesians!

Instalasi Plugin Export to Blogger

Setelah melakukan backup, langkah selanjutnya untuk export website dari WordPress ke Blogger adalah melakukan instalasi plugin. Plugin yang digunakan yaitu Export to Blogger. Adapun langkah- langkah untuk instalasi Plugin Export to Blogger meliputi :

1. Login WordPress

Buka website berbasis WordPress yang kamu miliki kemudian tambahkan /wp-admin atau /wp-login di belakang nama domain. Misalnya www.namadomain.com/wp-admin. Kemudian isikan username dan password dari WordPress itu sendiri. Lalu klik Log In.

2. Install Plugin Export to Blogger

Selanjutnya silahkan klik menu Plugins dan klik Add New.


Pada halaman ini kamu bisa melakukan instalasi plugin apa saja yang disediakan oleh WordPress sesuai kebutuhan kamu. Karena pada panduan kali ini akan melakukan export website WordPress ke Blogger, maka kamu bisa ketik Export to Blogger di kolom pencarian sebelah kanan atas.


Kemudian klik Install Now untuk melakukan instalasi.

3. Mengaktifkan Plugin Export to Blogger

Setelah berhasil melakukan install, yang harus kamu lakukan adalah mengaktifkan plugin. Silahkan klik Activate di sebelah kanan ikon plugin.

Cara Menggunakan Plugin Export to Blogger

Yeay! Kamu telah berhasil melakukan instalasi Plugin. Nah untuk export website WordPress ke Blogger, pertama- tama kamu harus membuka plugin dengan cara klik menu Settings dan klik Export to Blogger.


Pada halaman Export to Blogger kamu bisa memilih bagian website yang akan di-export. Akan lebih baik jika kamu melakukan export semua bagian dari website. Jika sudah silahkan klik Export XML. Maka file website secara otomatis akan terdownload.

Kesimpulan

Melakukan export website WordPress ke Blogger sangatlah mudah bukan? Cukup dengan bantuan Plugin Export to Blogger, kamu bisa melakukan export website yang akan dipindahkan ke Blogger. Buat kamu yang ingin membuat website sendiri, segera realisasikan. Jangan ditunda-tunda! Bingung mau beli domain dimana? Langsung aja keĀ  DomaiNesia. Dapatkan penawaran menarik dan pastinya pelayanan produk DomaiNesia full 24 jam.

Ingin tahu cara membuat blog secara profesional? Pilihlah domain yang tepat untuk blogmu bersama DomaiNesia!

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!