Cara Import Tabel View phpMyAdmin Hosting

Oleh Mutiara Auliya
5/5 (2)

Hi DomaiNesians! Pernahkah kamu sadar ketika import tabel melalui phpMyAdmin di Hosting, tabel view tidak akan muncul? Hal tersebut dikarenakan perbedaan konfigurasi user. Di localhost, user yang digunakan adalah “root”. Sedangkan di Hosting, user phpMyAdmin yang digunakan adalah “usercPanel”. Nah, pada panduan ini akan dijelaskan cara import tabel view phpMyAdmin di Hosting.

Tahap Persiapan

Sebelum mengikuti panduan ini, kamu harus tahu beberapa hal terlebih dahulu yaitu:

  1. Melakukan SSH ke Hosting, kamu harus bisa remote hosting melalui PuTTy ataupun terminal. Karena proses import tabel view ini akan dilakukan via command line
  2. Membuat Database di Hosting, kamu harus bisa membuat database di hosting terlebih dahulu agar dapat melakukan import database
  3. Cara Import Database di Hosting, kamu harus tau cara import agar dapat memasukkan database ke hosting
  4. Import Database MySQL melalui command line, jika import database melalui GUI perlu waktu lama, maka kamu bisa gunakan import database melalui command line

Cara Import Tabel View phpMyAdmin

Adapun cara import tabel view phpMyadmin yaitu,

1. Melakukan SSH ke Hosting

Pertama yang perlu kamu lakukan yaitu SSH ke hosting. Silakan lakukan remote hosting terlebih dahulu. Untuk pengguna Windows, bisa menggunakan PuTTy. Dan untuk Linux atau MacOS bisa gunakan Terminal. Silakan ikuti panduan Cara SSH ke Hosting

2. Mengakses MySQL via Command Line

Sekarang saatnya mengakses MySQL. Silakan tuliskan username, nama database dan password database.

Catatan: Pastikan kamu sudah membuat database MySQL terlebih dahulu ya. Pastikan kamu ingat username dan password databasenya juga.

3. Melakukan Import Tabel View phpMyAdmin

Misalnya nama database yang digunakan yaitu db_website dan usercPanel adalah nama usercPanel kamu. Silakan ubah root menjadi usercPanel. Dan juga silakan ubah nama database db_website menjadi usercpanel_db_website.

Terdapat contoh query. Query SQL ini pasti akan gagal karena masih menggunakan root dan konfigurasi database belum sesuai.

Jadi, silakan disesuaikan ya. Silakan ubah root dengan usercPanel kamu. Sedangkan nama database db_website menjadi usercpanel_db_website.

4. Import Tabel View phpMyAdmin Berhasil

Sekarang kamu sudah dapat menggunakan fitur View di phpMyAdmin Hosting. Kamu tidak perlu query ulang lagi dan proses database juga tidak terlalu lama. Karena kamu dapat menyimpannya dalam tabel view ini.

Kesimpulan

Cara import tabel view di phpMyAdmin dapat kamu lakukan melalui command line di Hosting. Kamu hanya perlu ubah user “root” menjadi usercPanel dan sesuaikan konfigurasi nama databasenya. Sudah bisa import? Jangan lupa pasang SSL ya di Hosting. Agar website kamu aman!

Mutiara Auliya

Hi! I am Technical Writer at DomaiNesia. I love Linux, Python, Server, WordPress, Data Analysis and Artificial Intelligence. I will help you making some technically being easy to understand :)

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!