Home  »  Virtual Server   »   Cara Install Mikrotik di VPS

Cara Install Mikrotik di VPS

Last Update:

Introduction

Hi DomaiNesians! Mikrotik merupakan salah satu perangkat jaringan yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan konfigurasinya yang lebih mudah daripada router cisco. Ada banyak jenis mikrotik yang bisa anda pilih. Nah, pernah mendengar kalau mikrotik bisa diinstal di VPS? Kalau belum, mungkin panduan kali ini bisa anda lakukan untuk menambah pengetahuan. Lalu, mengapa mikrotik perlu diinstal di VPS? Apa sih gunanya? Mikrotik perlu diinstal di VPS untuk berbagai kebutuhan seperti pembuatan IP Public, Server VPN (Tunnel), Proxy Server, DNS dan sebagainya. Oiya mikrotik yang diinstal kali ini merupakan Mikrotik Cloud Hosted Router (CHR) ya. Bagaimana cara instal mikrotik di VPS? Yuk ikuti panduan berikut ini.

Tahap Persiapan

Sebelum melakukan instalasi, pastikan anda memiliki VPS (Virtual Server). Apa itu VPS? Silahkan cek Mengenal Teknologi VPS. Bagi anda yang belum punya, bisa didapatkan di VPS Indonesia Murah. Nah, yang sudah memiliki VPS, pastikan anda tahu konfigurasi dasar VPS. Silahkan baca di Panduan Konfigurasi VPS.

Cara Instal Mikrotik Cloud Hosted Router (CHR) di VPS

Setelah tahap persiapan selesai, maka langsung saja untuk melakukan instalasi mikrotik di VPS (Virtual Server) berikut,

1. Menghidupkan VPS

Langkah pertama yaitu tentu saja menghidupkan VPS. Adapun cara menghidupkan (start) dan mematikan (stop) VPS silahkan baca di Cara Menggunakan VPS Untuk Pemula

2. Login VPS

Kemudian, silahkan login VPS sebagai root. Anda bisa melakukan remote VPS via SSH melalui Terminal Linux atau Software PuTTy. Adapun caranya, anda bisa baca Panduan Remote VPS. Silahkan login dan masukkan password. Oiya, pastikan anda login sebagai “root”. Ketik “whoami” untuk mengecek apakah anda sudah login sebagai root atau belum.

cara instal mikrotik di vps

3. Instalasi Mikrotik di VPS

Langkah selanjutnya yaitu melakukan instalasi mikrotik di VPS. Terkadang VPS biasa disebut dengan Virtual Server atau Virtual Machine ya DomaiNesians! Jangan Bingung! 😀 Silahkan copy paste perintah berikut di terminal/ putty

Apabila sudah selesai, maka akan muncul seperti gambar di bawah ini.

cara instal mikrotik di vps

4. Restart VPS

Lalu, silahkan restart VPS dengan cara klik tombol restart.

cara instal mikrotik di vps

Tunggu sebentar hingga muncul tulisan “The VPS has restarted successfully”.

5. Membuka Mikrotik OS di WInbox

Ada beberapa software yang memungkinkan anda untuk melakukan konfigurasi dengan Mikrotik. Salah satu software tersebut bernama Winbox. Anda bisa mendownloadnya secara gratis di https://www.mikrotik.co.id/download.php. Download lalu install Winbox di komputer anda. Apabila sudah, silahkan buka WInbox lalu masukkan IP Address VPS, login: admin dan password dikosongkan. Lalu klik Connect.

cara instal mikrotik di vps

Tunggu sebentar hingga muncul dashboard Winbox seperti ini. Voila! Sekarang anda bisa melakukan konfigurasi dengan mikrotik sesuai keinginan!

Closing

Cara instal mikrotik di VPS sangat mudah bukan? Instalasi mikrotik di VPS ini dapat berfungsi untuk keperluan pembuatan server VPN, proxy server, DNS dan sebagainya. Tertarik untuk mencoba VPS Indonesia Murah? Cek aja VPS DomaiNesia! Dengan teknologi cloud dan KVM di dalamnya, membuat VPS anda memiliki performa yang mumpuni. Salam DomaiNesia 🙂


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!