Cara Install Mikrotik di Cloud VPS

Oleh Mutiara Auliya

Cara Install Mikrotik di Cloud VPS – Hi DomaiNesians! Mikrotik merupakan salah satu perangkat jaringan yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan konfigurasinya yang lebih mudah daripada router cisco. Ada banyak jenis mikrotik yang bisa kamu pilih. Nah, pernah mendengar kalau mikrotik bisa diinstall di Cloud VPS? Kalau belum, mungkin panduan kali ini bisa kamu lakukan untuk menambah pengetahuan. Lalu, mengapa mikrotik perlu diinstall di Cloud VPS? Apa sih gunanya? Mikrotik perlu diinstall di Cloud VPS untuk berbagai kebutuhan seperti pembuatan IP Public, Server VPN (Tunnel), Proxy Server, DNS dan sebagainya. Oiya mikrotik yang diinstall kali ini merupakan Mikrotik Cloud Hosted Router (CHR) ya. Bagaimana cara install mikrotik di Cloud VPS ? Yuk ikuti panduan berikut ini.

Tahap Persiapan

Sebelum melakukan instalasi, pastikan kamu sudah memiliki Cloud VPS terlebih dahulu. Jika belum, bisa langsung order Cloud VPS Murah DomaiNesia. Jika sudah, ada beberapa panduan dasar yang perlu kamu baca terkait dengan Cloud VPS. Beberapa panduan ini akan membantu kamu dalam mengelola menu-menu yang ada pada panel dashboard Cloud VPS.

Catatan : Semua Cloud VPS DomaiNesia support untuk melakukan tunnelling. Namun karena biasanya tunneling mengakibatkan penggunaan bandwidth tinggi, maka DomaiNesia akan memonitor trafik setiap Cloud VPS. Apabila pemakaian terlalu tinggi, DomaiNesia akan membatasi bandwidth terhadap Cloud VPS tersebut.

Cara Install Mikrotik Cloud Hosted Router (CHR) di Cloud VPS

Setelah tahap persiapan selesai, maka langsung saja untuk melakukan instalasi mikrotik di Cloud VPS (Virtual Server) berikut,

1. Login Client Area DomaiNesia (my.domainesia.com)

Silakan buka https://my.domainesia.com pada web browser kamu. Lalu masukkan username dan password. Username dan password ini merupakan akun pada saat register di DomaiNesia sebelum pembelian domain maupun hosting.

2. Memilih Cloud VPS

Kemudian akan diarahkan ke dashboard client area. Pada client area, kamu bisa mengetahui produk apa saja yang dibeli. Agar dapat install Debian di Cloud VPS, silahkan klik Services. Pada bagian VM, silahkan pilih Cloud VPS yang ingin dilakukan instalasi Mikrotik CHR.

3. Mengakses SSH

DomaiNesia telah mempermudah kamu dalam melakukan installasi Mikrotik CHR di Cloud VPS. Kami telah mempersiapkan akses SSH agar dapat dieksekusi langsung. Tidak perlu menulis manual, kamu hanya perlu meng-copy akses SSH yang berada pada Tab Overview bagian Access.

Catatan : Pastikan Cloud VPS sudah berjalan dan diinstall sistem operasi

Ada dua cara untuk mengakses SSH. Kamu dapat melakukannya melalui terminal linux atau melalui Software PuTTy. Pada panduan kali ini akan mengakses SSH melalui terminal. Namun bagi kamu pengguna PuTTY jangan khawatir, untuk lebih jelasnya silahkan ikuti panduan Cara Remote Cloud VPS.

4. Install Mikrotik CHR

Setelah berhasil masuk SSH, sekarang saatnya install Mikrotik CHR. Silakan masukkan script berikut:

Jika sudah, silakan klik Enter dan tunggu hingga proses instalasi selesai. Oiya, script ini sudah sekaligus download dan instalasi Mikrotik CHR ya.

5. Restart Cloud VPS

Jika proses instalasi Mikrotik CHR di Cloud VPS sudah berhasil, maka saatnya melakukan restart Clous VPS. Silahkan menuju dashboard Cloud VPS, kemudian klik ikon Restart.

Tunggu hingga status Cloud VPS menjadi running.

6. Mengakses Mikrotik OS

Untuk mengakses Mikrotik kamu bisa lakukan dengan menggunakan tombol Launch Console yang ada pada dashboard Cloud VPS.

Setelah itu kamu harus mengisi login dan password Mikrotik. Untuk login kamu bisa tulis admin sedangkan password kamu bisa mengabaikannya dengan klik Enter. Maka akan muncul seperti gambar di bawah ini.

Sebelum melihat detail Mikrotik, silahkan klik Y terlebih dahulu untuk melihat lisensi software. Jika sudah, maka kamu bisa tuliskan script di bawah ini.

Kesimpulan

Cara install mikrotik di Cloud VPS sangat mudah bukan? installasi mikrotik di Cloud VPS ini dapat berfungsi untuk proxy server, DNS dan sebagainya. Dengan teknologi cloud dan KVM di dalamnya, membuat Cloud VPS DomaiNesia memiliki performa yang mumpuni. Salam DomaiNesia 🙂

Baca Juga : Cara Install Ubuntu di Cloud VPS

Mutiara Auliya

Hi! I am Technical Writer at DomaiNesia. I love Linux, Python, Server, WordPress, Data Analysis and Artificial Intelligence. I will help you making some technically being easy to understand :)

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!