Cara Install Swoole PHP di Hosting

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Cara Install Swoole PHP di Hosting – Dalam dunia IT, sebuah sistem harus bisa bekerja untuk menjalankan beberapa proses pada saat yang bersamaan. Itulah yang disebut konkuren yaitu bekerja dalam waktu yang bersamaan. Wujud konkuren dalam sebuah sistem bisa meliputi sistem dengan banyak aplikasi (multiple application) hingga sistem yang terstruktur dan terintegritas. Namun disamping itu, untuk mewujudkan sistem yang konkuren banyak ditemui permasalahan yang membuat tidak nyaman untuk user. Misalnya suatu halaman website tidak bisa diakses hingga dalam waktu yang cukup lama (deadlock). Dalam sistem berskala kecil saja bisa ditemukan permasalahan, lantas bagaimana jika sistem dalam skala besar dan saling berintegrasi dengan sistem lainnya? Nah, Swoole PHP inilah solusinya. Apa itu Swoole PHP? Bisakah membangun Swoole PHP di hosting? Bagaimana cara install Swoole PHP di hosting?

Apa itu Swoole PHP?

Swoole adalah suatu framework untuk PHP yang berbasis asynchronus co-routine. Swoole dirancang khusus untuk membangun sistem yang konkuren dalam skala besar. Swoole ini ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman C/C++ dan diinstall dalam bentuk ekstensi PHP. Apabila ingin membangun Swoole PHP di lokal, kamu harus melakukan instalasi lewat pecl. Sedangkan jika ingin membangun di hosting, kamu hanya perlu mengaktifkan swoole di cPanel dan melakukan sedikit setting.

Kelebihan Swoole PHP

Dibandingkan dengan kerangka kerja atau perangkat lunak pemrograman asynchronus yang lain seperti Nginx dan Node.js, Swoole lebih support untuk pemrograman asynchronus jika melalui multi-threaded I/O modules (HTTP Server, WebSockets, TaskWorkers). Selain itu Swoole PHP juga support dengan Redis dan CURL.
Dengan kelebihan yang dimiliki Swoole, kamu bisa dengan bebas membuat aplikasi dengan PHP dalam skala yang besar (webserver), membuat aplikasi dengan API, membuat sistem chat, platform CMS, hingga membuat aplikasi dengan layanan web service yang real time.

Baca Juga : Panduan Setting Node.js

Tahap Persiapan

Ada satu hal yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu sebelum install Swoole PHP di hosting, yaitu adalah akses SSH. Kamu harus tahu bagaimana cara mengakses server via SSH. Hal ini sangat penting lho! Karena ketika install Swoole PHP di hosting dilakukan via SSH melalui konsol atau terminal. Nah buat kamu yang belum terbiasa, silahkan baca Cara Akses SSH Melalui Terminal atau PuTTy. Atau buat kamu yang belum tahu apa itu SSH, silahkan baca Apa itu SSH Server.

Cara Install Swoole PHP di Hosting

Adapaun cara install Swoole PHP di hosting sebagai berikut :

1. Login cPanel Hosting

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah login ke cPanel. Login cPanel dapat melalui https://namadomain/cpanel, sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting. Bagi anda yang belum tahu cara login cPanel, silahkan baca di Cara Login cPanel Hosting.

2. Menentukan Lokasi Upload

Selanjutnya kamu harus tentukan dimana lokasi file .php yang akan diupload ke hosting. Kamu bisa upload file .php apakah di domain utama atau di subdomain. Jika di domain utama, silahkan lakukan upload di dalam public_html. Jika di subdomain, silahkan membuat subdomain terlebih dahulu supaya bisa mengupload file. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa baca Cara Membuat Subdomain di Hosting. Pada panduan kali ini file dengan nama swoole.php akan diupload di subdomain.

3. Mengaktifkan Swoole PHP

Setelah selesai upload file .php ke hosting, kamu bisa ketik Select PHP Version pada kolom pencarian di cPanel hosting.

Silahkan klik Select PHP Version, lalu cari dan centang nama swoole untuk mengaktifkan Swoole PHP di hosting.

4. Mengupload File PHP

Selanjutnya adalah mengupload file .php yang yang kamu bangun di hosting. Pada panduan kali ini file .php diberi nama swoole.php yang berisi kode sederhana untuk menampilkan kata “Hello World” yang akan diupload ke subdomain swoole.websitesaya.net. Silahkan ketik dan pilih File Manager kemudian buka folder subdomain dan upload file .php.

5. Menambahkan Script Daemon

Kemudian, tambahkan script daemon di bawah ini pada file .php yang telah kamu upload :

Daemon adalah sebuah proses dalam sistem agar script dapat berjalan di background proses (dibalik layar). Script ini dapat berjalan tanpa disadari oleh user agar dapat berjalan terus menerus tanpa harus setting secara berulang. Untuk menambahkannya kamu bisa klik nama file .php kemudian klik tombol Edit dan tambahkan script diatas pada file .php tersebut. Jika sudah klik Save Changes.

6. Membuat File .htaccess

Nah agar domain utama atau subdomain dapat diakses, maka sekarang saatnya membuat file .htaccess yang ada di dalam folder subdomain. Untuk membuatnya kamu harus masuk ke cPanel dan pilih menu File Manager . Pilih nama subdomain yang telah dibuat atau ditentukan tadi. Pada panduan kali ini nama subdomainnya adalah swoole.websitesaya.net. Kemudian klik tombol +File. Beri nama file yaitu .htaccess. Lalu klik Create New File.


Kemudian tambahkan script di bawah ini ke dalam file .htaccess yang telah dibuat :

Jika sudah ditambahkan, klik Save Changes.

Catatan : Pastikan nilai port pada file .php sama dengan file .htaccess

7. Menjalankan File .php

Untuk menjalankan file .php silahkan masuk ke server melalui SSH kemudian ketik script di bawah ini :

Contoh : god -- php swoole.php

8. Install Swoole PHP di Hosting Berhasil

Kamu bisa cek apakah install Swoole PHP di hosting berhasil atau tidak dengan cara mengakses alamat websitemu. Karena pada panduan kali ini menggunakan subdomain maka bisa mengakses swoole.websitesaya.net pada address bar di web browser. Jika tampilan website sudah sesuai kode PHP yang diupload tadi, itu berarti install Swoole PHP di hosting berhasil dilakukan.

Kesimpulan

Selain kamu menggunakan Nginx dan Node.js untuk mendukung website berskala besar. Kamu juga bisa menggunakan Swoole PHP. Swoole PHP ini memang dirancang khusus untuk pembangunan sistem berskala besar dan konkuren. Install Swoole PHP di hosting bisa dilakukan. Langkah- langkah nya pun gampang. Hanya dengan mengaktifkan Swoole di cPanel dan melakukan sedikit setting tambahan. Buat kamu yang pengen buat website, yuk segera order domain dan hosting. Khusus domain .XYZ ada paket bundling domain .XYZ + Hosting Extra hanya 144 ribu per tahunnya. Buat kamu yang lagi belajar bikin website, terjangkau bukan ? Yuk, tunggu apa lagi segera order domain .XYZ di DomaiNesia ya !

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!