Cara Upload File Yii 2 di Hosting

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Upload File Yii 2 di Hosting – Penggunaan framework pada pembuatan website sampai saat ini masih banyak digunakan oleh programmer. Hal ini karena adanya konsep MVC atau Model-View-Controller yang memudahkan programmer untuk me-manage komponen-komponen pada pembuatan website. Model digunakan untuk mengatur data dari database. View untuk menampilkan User Interface yang mudah dimengerti oleh user. Controller untuk mengatur pengoperasian pada website. Ada banyak jenis framework yang digunakan mulai dari Yii, Codeigniter, Laravel, Django, Bootstrap, dll. Nah, pada panduan kali ini akan dijelaskan bagaimana cara upload file Yii 2 di hosting.

Tahap Persiapan

Adapun yang harus kamu lakukan adalah :

1. Download File Yii 2

Ketika kamu ingin upload file Yii 2 di hosting, pastikan kamu memiliki file Yii 2 ya. Jika belum punya, kamu bisa download dulu file mentah Yii 2 melalui https://www.yiiframework.com/download .

2. Mengekstrak File Yii 2

Selanjutnya, silahkan ekstrak file Yii2 yang telah didownload.

3. Melakukan Kompres File Yii 2

Setelah berhasil mengekstrak file Yii 2, akan ada beberapa file dan folder yang telah didownload tadi. Sekarang, kamu bisa melakukan kompres folder web ke dalam bentuk .zip file.

Kemudian, buatlah folder dengan nama yii dan pindah semua file kecuali folder web lalu kompres folder yii dalam bentuk .zip file.

Cara Upload File Yii 2 di Hosting

Langkah selanjutnya adalah cara upload file Yii 2 di hosting. Adapun langkah- langkah yang harus kamu lakukan sebagai berikut :

1. Login cPanel Hosting

Pertama kamu harus login ke cPanel terlebih dahulu. Kamu bisa login cPanel dapat melalui https://namadomain/cpanel, sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting. Kalau yang belum tahu cara login cPanel, silahkan baca pandian Cara Mudah Login cPanel Hosting ya.

cara install codeigniter di hosting

2. Memilih File Manager

Setelah berhasil login cPanel, saatnya kamu mengakses file di hosting kamu. Caranya ketik File Manager di kolom pencarian atau bisa langsung klik File Manager.

3. Upload File Yii 2 di Hosting

Nah karena sudah berhasil masuk file manager, saatnya untuk upload file Yii 2. Pertama- tama, kamu harus upload dan ekstrak file web.zip yang telah kamu buat saat tahap persiapan tadi di public_html.


Selanjutnya, upload dan ekstrak file yii.zip di /home/directory kamu.

4. Konfigurasi File Yii 2

Kalau kamu sudah berhasil upload file Yii 2, sekarang yang harus dilakukan adalah konfigurasi pada beberapa file Yii 2. Ada 2 konfigurasi yang harus kamu lakukan. Pertama yaitu melakukan konfigurasi pada file index.php yang bisa kamu buka melalui public_html/web/index.php . Lalu, kamu bisa ubah path directory file yii yang awalnya secara default seperti di bawah ini :


Ubah menjadi seperti di bawah ini sesuai path directory Yii kamu. Pada panduan ini adalah directory yii :


Kedua yaitu melakukan konfigurasi pada file web.php yang bisa kamu buka melalui home/directory/yii/config/web.php. Konfigurasi ini dilakukan dengan memasukkan kunci rahasia untuk cookieValidationKey dengan perintah di bawah ini :

5. Upload File Yii 2 di Hosting Berhasil !

Berhubung kamu sudah melakukan 2 konfigurasi diatas, sekarang saatnya cek apakah file Yii 2 kamu sudah masuk di hosting. Caranya adalah kamu bisa akses namadomain web kamu atau namadomain.com. Jika muncul tampilan seperti di bawah ini, itu artinya file Yii 2 kamu sudah berhasil masuk di hosting.

Kesimpulan

Sekarang kamu bisa mengupload file framework website kamu di hosting. Untuk kamu pengguna framework Yii 2 , ada beberapa konfigurasi yang harus dilakukan supaya dapat berjalan di hosting. Bagi kamu yang bukan pengguna Yii 2, kamu juga bisa upload file framework di hosting. Untuk framework Laravel , silahkan baca panduan Cara Upload File Laravel di Hosting. Sedangkan Codeigniter 4, kamu bisa baca Cara Upload Codeigniter 4 ke Hosting.

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!