Cara Mengarahkan Domain Utama ke Folder Lain

Oleh Mutiara Auliya
5/5 (1)

Hi DomaiNesians! Masih ingat dengan folder public_html? Public_html merupakan folder penting yang digunakan sebagai tempat upload file website apabila ingin diarahkan ke domain utama. Sebagai contoh misalnya terdapat domain websitesaya(dot)net. Nah jika ingin ditampilkan pada domain ini, pastikan file website diupload atau terinstall di folder public_html. Jika tidak, maka tentu saja tidak dapat diakses. Lalu bagaimana jika ingin diarahkan ke folder lainnya (tidak ke folder public_html) namun tetap dapat diakses dengan domain utama? Bagaimana jika file website berada di subfolder dalam public_html? Bisa saja. Kamu bisa mengarahkannya melalui file .htaccess. Bagaimana caranya? Yuk ikuti cara mengarahkan domain utama ke folder lain.

Cara Mengarahkan Domain Utama ke Folder Lain

Pada panduan ini akan dijelaskan cara mengarahkan domain utama ke folder lain. Sebagai contoh, file website terletak pada folder public_html/owncloudsaya. Nah folder tersebut seharusnya hanya dapat diakses dengan url websitesaya.net/owncloudsaya. Namun pada panduan ini akan langsung diarahkan ke domain utama websitesaya(dot)net. Adapun cara mengarahkan domain utama ke folder lainnya yaitu,

1. Login cPanel Hosting

Di DomaiNesia, anda akan mendapatkan akses cPanel gratis. Caranya yaitu, masuk ke dalam cPanel melalui https://namadomain/cpanel,

upload file website ke hosting

lalu login sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting. Jika bingung, silahkan baca Cara Login cPanel Hosting.

2. Memilih Menu File Manager

Setelah berhasil login cPanel Hosting, silakan tulis “file” untuk memilih Menu File Manager. Klik Menu File Manager untuk mengarahkan domain utama ke folder lain.

cara upload codeigniter ke hosting

3. Mengarahkan Domain Utama ke Folder Lain Melalui .htaccess

Nah sekarang saatnya mengarahkan domain utama ke subfolder yang telah ditentukan. Silakan klik file .htaccess pada folder public_html kemudian lakukan edit.

cara mengarahkan domain utama ke folder lain

Jika tidak terdapat file .htaccess, kamu bisa membuatnya terlebih dahulu dengan mengikuti Cara Membuat File htaccess di Hosting. Silakan tambahkan kode berikut,

Pada panduan kali ini domain utamanya yaitu websitesaya.net dan subfolder yang ingin diarahkan berada di public_html/owncloudsaya dengan nama folder owncloudsaya. Sehingga akan terlihat seperti gambar berikut. Jangan lupa klik Save Changes.

cara mengarahkan domain utama ke folder lain

4. Folder Berhasil Diarahkan

Sekarang coba akses domain utama di browser. Apakah berubah sama seperti ketika mengakses namdomain/folder? Jika iya, maka cara mengarahkan domain utama ke folder lain telah selesai.

Tampilan public_html/owncloudsaya

cara mengarahkan domain utama ke folder lain

Tampilan domain utama setelah file htaccessnya diedit (diarahkan ke folder lain)

cara mengarahkan domain utama ke folder lain

Kesimpulan

Buat kamu yang tidak ingin memasukkan semua file website ke public_html, tenang saja. Kamu bisa ikuti cara mengarahkan domain utama ke folder lain. Jadi tidak perlu repot-repot memindahkan semua script atau mengubah konfigurasi yang ada. Kamu hanya perlu menambahkan kode tertentu pada file .htaccess untuk mengarahkannya.

Mutiara Auliya

Hi! I am Technical Writer at DomaiNesia. I love Linux, Python, Server, WordPress, Data Analysis and Artificial Intelligence. I will help you making some technically being easy to understand :)

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!