Home  »  Permulaan   »   Cara Install Drupal di Hosting

Cara Install Drupal di Hosting

Last Update:

cara instal drupal di hosting
Drupal adalah salah satu Content Management System yang berfungsi untuk membuat website. Dikutip dari Wikipedia, Drupal adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen konten yang bebas dan terbuka dan di distribusikan di bawah lisensi GPL, pengembangan dan perawatannya dilakukan oleh ribuan komunitas pengguna dan pengembang di seluruh dunia. Ada beragam website yang bisa kamu buat menggunakan Drupal seperti website sekolah, blog, website pemerintahan, personal website, portofolio website ataupun website perusahaan. Layaknya WordPress, dengan Drupal kamu bisa buat website dengan mudah tanpa harus memikirkan bahasa pemrograman. Kamu hanya perlu mempersiapkan domain, hosting, melakukan instalasi drupal dan mempersiapkan konten yang diinginkan. Nah, pada panduan kali ini akan dijelaskan cara install drupal di hosting. Yuk ikuti panduan cara install drupal di hosting berikut ini.

Keunggulan Drupal

Dikutip dari Drupal, terdapat beberapa keunggulan Drupal yang bisa kamu dapatkan:

  • Mudah digunakan
  • Memiliki performa yang bisa diandalkan
  • Memiliki security yang mumpuni
  • Fleksibel dan bersifat modular
  • Memiliki beragam addons, modul dan tema
  • Bersifat open source
  • Gratis

Menurut TrendsBuiltwith pada Maret 2019, Drupal menduduki posisi kedua sebagai Content Management System yang paling banyak digunakan di dunia setelah WordPress.

Cara install drupal di hosting

Cara Install Drupal di Hosting

Adapun cara install drupal di hosting yaitu,

1.Login cPanel Hosting

Masuk ke dalam cPanel kamu melalui https://namadomain/cpanel, lalu login sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting. Apabila bingung, silahkan baca Panduan Login cPanel.
cara instal prestashop

2.Memilih Softaculous Apps Installer

Kemudian masuk ke halaman cPanel. Pada kolom pencarian ketikkan “softaculous” lalu pilih Softaculous Apps Installer

cara instal prestashop

3.Memilih Drupal

Maka kamu akan diarahkan ke dashboard Softaculous. Terdapat berbagai macam Content Management System (CMS) yang dapat kamu pilih. Untuk melakukan instalasi Drupal, maka pilih Drupal.

Cara install drupal di hosting

4.Melakukan Instalasi Drupal

Kemudian kamu akan masuk ke halaman Drupal di Softaculous. Anda dapat melihat beberapa fitur Drupal, screenshots, review dan sebagainya. Terdapat berbagai versi yang dapat kamu pilih. Pilih Install Nowuntuk melakukan proses instalasi.

Cara install drupal di hosting

Setelah itu, kamu harus mengisi beberapa konfigurasi. Pertama, pada kolom Software Setup. Pada bagian Choose Version, isikan versi drupal yang diinginkan. Pada bagian Choose Protocol, apabila website kamu menggunakan SSL maka diisi https://. Apabila tidak, biarkan default https://. Pada bagian Choose Domain, isikan nama domain atau subdomain yang kamu miliki. Domain ini akan menjadi domain dari toko online yang akan kamu buat. Lalu kosongkan pada bagian In Directory, agar magento terinstall di dalam domain langsung. Untuk cronjob, biarkan default saja ya.

Cara install drupal di hosting

Pada bagian Site Settings, silakan tulis nama website kamu. Kemudian pada bagian Admin Account, masukkan Admin username dan Admin password dari yang akan digunakan untuk login halaman admin drupal. Username dan password ini nantinya digunakan pada saat login di drupal kamu. Pada bagian Admin Email, kamu bisa masukkan email website sendiri lho. Bagi yang belum tahu cara membuat email dengan nama domain sendiri, bisa baca Panduan Membuat Email dengan Domain Sendiri. Untuk password pastikan terdiri minimal 8 karakter dengan kombinasi huruf kapital, huruf kecil, angka dan karakter.

Cara install drupal di hosting

Setelah itu, klik tanda “+” pada Advanced Options untuk melakukan konfigurasi databasenya. Isikan nama database, dan table. Anda dapat mengatur notifikasi update, auto upgrade, automatic backup maupun kuota backup. Untuk lebih mudahnya, biarkan default saja. Anda juga dapat mengetahui detail instalasinya di email kamu. Maka pada form email installation details to isikan alamat email kamu. Apabila telah selesai, maka klik Install.

Cara install drupal di hosting

5.Instalasi Drupal Telah Selesai

Setelah klik Install, silahkan tunggu hingga proses instalasi selesai. Yeay step by step panduan cara install drupal di hosting sudah kamu lewati dengan baik.

Cara install drupal di hosting

Bagaimana Cara Mengakses Website di Drupal?

Setelah proses instalasi selesai, maka akan muncul informasi mengenai domain yang kamu gunakan tadi. Untuk mengakses website di drupal yang kamu buat maka cukup mengakses URL yang terdapat dalam informasi tersebut. Untuk mengakses website utama, silakan klik URL tersebut. Dan untuk mengakses halaman admin silakan akses URL pada bagian Administrative URL.

Cara install drupal di hosting

Untuk halaman utama akan muncul gambar seperti dibawah ini,

Cara install drupal di hosting

Untuk halaman admin akan muncul gamabr seperti di bawah ini,

Cara install drupal di hosting

Kesimpulan

Selain WordPress, ada lagi content management system yang dapat kamu gunakan yaitu Drupal. Drupal dapat digunakan untuk membuat berbagai macam website seperti website pemerintahan, website sekolah, website perusahaan, portal berita online atau bahkan blog. Ada beragam tema dan modul yang bisa kamu pilih sesuai keinginan. Kamu bisa dapatkan Drupal secara otomatis melalui Instant Deploy DomaiNesia. Dapatkan software otomatis dalam sekalik klik!


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!