Home  »  Keamanan   »   Cara Menggunakan ModSecurity di cPanel Hosting

Cara Menggunakan ModSecurity di cPanel Hosting

Last Update:

cara menggunakan modsecurity

Introduction

Hi DomaiNesia! Pernah mengeluh dengan maraknya peretasan website yang dilakukan oleh beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab? Pernah merasa takut apabila sewaktu- waktu website anda yang jadi korban? Hmm.. Sepertinya anda harus menggunakan ModSecurity di Hosting deh. Bagaimana cara menggunakan ModSecurity di cPanel Hosting? Yuk let’s check it out 😀

Apa itu ModSecurity?

ModSecurity adalah salah satu firewall aplikasi web (WAF) khusus untuk Apache dan Nginx yang bersifat open source. ModSecurity ini berfungsi untuk mendeteksi dan mencegah serangan sebelum malware mencapai website.

Saya Sudah Pasang SSL dan CloudFlare, Apakah Perlu ModSecurity Juga?

Ya, tentu saja. ModSecurity akan melindungi website anda dari berbagai serangan, memantau lalu lintas HTTP dan deteksi serangan. Dengan memasang SSL, CloudFlare dan ModSecurity maka website anda akan terlindungi.

Bagaimana Cara Menggunakan ModSecurity di cPanel Hosting?

ModSecurity sudah ada secara otomatis di cPanel Hosting. Sehingga, anda cukup memilih menu ModSecurity di dashboard cPanel Hosting saja. Adapun cara menggunakan ModSecurity yaitu sesuai dengan langkah- langkah berikut ini,

1. Login cPanel Hosting

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah login ke cPanel. Login cPanel dapat melalui https://namadomain/cpanel, sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting. Bagi anda yang belum tahu cara login cPanel, silahkan baca di Cara Mudah Login cPanel Hosting.

2. Memilih Menu ModSecurity

Setelah berhasil login, maka anda akan diarahkan ke dashboard cPanel Hosting. Pada kolom pencarian, silahkan ketik “modsecurity”. Kemudian klik menu ModSecurity tersebut.

cara menggunakan modsecurity

3. Cara Menggunakan ModSecurity

Kemudian anda akan diarahkan ke halaman ModSecurity. Pada halaman ini terdapat domain dan subdomain yang anda miliki. Anda bebas mengaktifkan domain/ subdomain mana yang ingin dilindungi oleh ModSecurity ini.
Mengaktifkan ModSecurity
Untuk mengaktifkan ModSecurity, silahkan klik tombol On pada domain/ subdomain yang diinginkan.

cara menggunakan modsecurity

Apabila telah muncul gambar berikut maka ModSecurity telah berhasil aktif

cara menggunakan modsecurity

Menonaktifkan ModSecurity
Untuk menonaktifkan ModSecurity, silahkan klik tombol Off pada domain/ subdomain yang diinginkan.

Apabila telah muncul gambar berikut maka ModSecurity telah dinonaktifkan

cara menggunakan modsecurity

Mengaktifkan dan Menonaktifkan ModSecurity Untuk Semua Domain
Untuk mengaktifkan ModSecurity untuk semua domain/ subdomain, silahkan klik Enable. Untuk menonaktifkan ModSecurity untuk semua domain/ subdomain, silahkan klik Disable.

cara menggunakan modsecurity

Closing

Agar terhindar dari serangan para hacker, anda dapat menggunakan ModSecurity sebagai pelengkap selain SSL dan CloudFlare. Cara menggunakan ModSecurity di cPanel Hosting mudah kok. ModSecurity dapat mendeteksi serangan, melihat lalu lintas http dan sebagainya. Tertarik menggunakan Hosting di DomaiNesia? Yuk cek HOSTING MURAH aja! Kami memiliki berbagai spesfikasi hosting yang bisa anda pilih dengan harga pas di kantong. Salam DomaiNesia! 😀


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!