Home  »  Hosting   »   Panduan Virus Scanner di cPanel

Panduan Virus Scanner di cPanel

Last Update:

Introduction

Bukan hanya laptop ataupun komputer anda saja yang harus diproteksi dari ancaman virus lho. Website anda pun juga tidak lepas dari serangan virus. Untuk itu, DomaiNesia telah memberikan kemudahan dalam melindungi berbagai file penting yang ada di website dengan menggunakan fitur Virus Scanner di cPanel. Anda dapat melakukan scanning serta proteksi terhadap file-file website, database ataupun email penting dari serangan malware seperti Trojan dan sebagainya. Virus Scanner pada cPanel ini bekerja dengan menggunakan database dari beberapa anti virus seperti ClamAV maupun R-fx Networks.

Bagaimana Menjalankan Virus Scanner di cPanel?

Untuk menjalankan Virus Scanner di cPanel, silahkan ikuti beberapa langkah berikut,

1. Login cPanel

Masuk ke dalam cPanel anda melalui https://namadomain/cpanel, lalu login sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting. Mengenai cara login cPanel, untuk lebih jelasnya silahkan baca di Panduan Login cPanel.
Setelah itu, pada form pencarian silahkan ketik “Virus Scanner” maka muncul seperti gambar. Setelah itu klik pada menu Virus Scanner.
virus scanner di cpanel

2. Menjalankan Virus Scanner

Kemudian, anda akan diarahkan ke halaman Virus Scanner. Terdapat beberapa fitur yang dapat anda pilih. Diantaranya yaitu,
a. Scan Mail
Virus Scanner akan melakukan scanning terhadap mail direktori yang ada di akun anda serta mencari berbagai virus baik di inbox, spam maupun outbox email. Di beberapa kasus, terdapat suatu email yang berisi virus. Ketika orang lain menerima email dari anda, dan berisi virus tertentu. Maka, anda wajib memilih fitur Scan Mail ini. Agar terdeteksi apakah terdapat virus atau tidak dalam email anda.
b. Scan Entire Home Directory
Fitur ini berfungsi untuk melakukan scanning terhadap semua file yang ada di cPanel. Scanning dilakukan satu persatu hingga terdeteksi apakah ada ancaman virus atau tidak.
c. Scan Public Web Space
Fitur Scan Public Web Space digunakan untuk melakukan scanning terhadap folder public_html yang ada di akun anda. Hal ini berfungsi untuk mendeteksi beberapa file website yang terinfeksi virus. Anda sebaiknya menjalankan fitur Scan Public Web Space ini secara periodik agar file website anda bebas dari berbagai ancaman virus.
d. Scan Public FTP Space
Melalui fitur ini, Virus Scanner akan melakukan scanning terhadap folder public_ftp yang ada di akun anda. Hal ini berfungsi untuk mendeteksi berbagai virus ketika anda melakukan shared file menggunakan FTP.
virus scanner di cpanel
Setelah menentukan fitur apa yang akan anda pilih, silahkan klik Scan Now

3. Menunggu Hasil Scanning

Tunggu hingga proses scanning selesai. Terdapat beberapa atribut yang dapat anda lihat seperti nama file, jumlah data, proggress scanning dan kolom file yang terinfeksi.
proses scanning virus

Step-4 Hasil Scanning

Apabila proses scanning telah selesai, maka akan muncul hasil scanning. Apabila tidak terdeteksi virus pada akun anda, maka akan muncul tulisan Virus Scan Complete. No Virus Found. Hal tersebut berarti beberapa folder (sesuai fitur yang anda pilih misalnya Scan Mail, Scan Entire Home Directory, dsb) bebas dari ancaman virus.
virus scanner di cpanel
Namun apabila terdeteksi virus, maka pada kolom Infected Files muncul direktori yang terindikasi virus. Terdapat berbagai perlakuan dari ClamAV maupun R-fx Networks untuk menghilangkan virus tersebut yaitu,
a. Quarantine
Virus yang ditemukan akan dikarantina/ disimpan dalam folder lain seperti /home/username/quarantine_clamavconnector.
b. Destroy
Virus yang ditemukan akan dimusnahkan/ dihapus.
c. Ignore
Virus yang ditemukan akan dibiarkan saja.

Kesimpulan

Untuk memproteksi beberapa file website, direktori mail, file FTP anda dapat menjalankan Virus Scanner yang ada di cPanel. Bukan hanya komputer atau laptop saja yang perlu anda lindungi dari virus. Namun, beberapa file yang ada di cPanel juga perlu dilakukan proteksi. Karena pada dasarnya tidak ada sistem yang 100% aman dari ancaman virus. Bagi anda yang ingin mendapatkan harga menarik untuk Hosting dan Domain, silahkan cek Promo Hosting Murah DomaiNesia!


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!