Home  »  Hosting   »   Cara Reset Password Ghost

Cara Reset Password Ghost

Last Update:
No ratings yet.

reset password ghost“Min, saya punya akun di Ghost. Tapi saya lupa passwordnya apa. Gimana cara reset password Ghost ya?”

Cara Reset Password Ghost – Hi DomaiNesians! ? Siapa yang suka ngeblog? Udah tau kan ya banyak sekali platform blogging yang bisa anda pilih. Dari mulai Blogspot, Tumblr, WordPress, atau yang lainnya. Salah satunya yaitu Ghost. Ghost merupakan salah satu platform yang dikembangkan dengan Node.js sehingga memiliki performa yang cukup tinggi. Selain itu, tampilannya yang simpel dan elegan membuat Ghost ini cukup diminati di kalangan blogger. Nah, pada panduan kali ini akan dibahas mengenai cara reset password Ghost.

Bagaimana Cara Reset Password Ghost?

Untuk melakukan reset password Ghost langsung saja ikuti step by step berikut ini,

1. Buka Halaman Ghost Admin

Silakan buka halaman Ghost Admin. Caranya, tulis URL http://namadomain/ghost/ pada web browser. Kemudian tulis alamat email pada saat mendaftar. Jika sudah, silakan klik Forgot.

cara reset password ghost

2. Cek Alamat Email

Tunggu sebentar, maka akan muncul tulisan Please check your email for instructions. Silakan cek email yang tadi kamu tulis.

cara reset password ghost

3. Cek Email Masuk

Sekarang, coba buka email. Akan ada email masuk dari Ghost untuk melakukan reset password. Silakan klik Click here to reset your password.

cara reset password ghost

4. Lakukan Reset Password

Kemudian silakan tulis password baru yang kamu inginkan. Jika sudah, jangan lupa klik Reset Password. Pastikan password yang kamu tulis lebih dari 10 karakter yang terdiri atas huruf besar, huruf kecil, dan angka. Jika ingin aman, silakan baca Tips Menulis Password Yang Aman.

cara reset password ghost

Bagaimana Jika Terjadi Error?

Ada beberapa alasan mengapa terjadi error pada saat melakukan reset password Ghost, misalnya:

1. Service Ghost Tidak Jalan

cara reset password ghost

Jika menemui hal seperti ini, silakan langsung lakukan restart service Ghost. Silakan copy kan perintah berikut di terminal. Sebelumnya lakukan SSH terlebih dahulu ya. Silakan baca Cara Melakukan SSH.

/usr/lib/node_modules/ghost-cli/bin/ghost start

2. Tidak ada Sinkronisasi Email

Pada awal proses instalasi Ghost, Tim DomaiNesia telah menyarankan untuk menggunakan email domain sendiri. Jika kamu menggunakan email domain sendiri, dapat dipastikan tidak ada error. Namun, jika kamu menggunakan email Gmail atau Yahoo, pasti akan muncul permasalahan seperti gambar berikut,

cara reset password ghost

Hal tersebut disebabkan karena tidak ada sinkronisasi antara Ghost dan konfigurasi SMTP pada email. Solusi terbaik yaitu kamu harus membuat email dengan domain sendiri lalu lakukan sinkronisasi file config pada Ghost. Adapun caranya,

a. Membuat Email dengan Domain Sendiri

Silakan login cPanel Hosting lalu pilih Email Account. Lalu tambahkan alamat email kemudian tulis passwordnya. Kamu bisa baca Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri agar lebih jelas.

b. Mengubah File config.production.json

Kemudian masuk ke folder instalasi Ghost di Hosting melalui SSH. Setelah itu buka file config.production.json dengan cara:

nano config.production.json

Kemudian cari bagian mail. Lakukan copy perintah berikut ini.

“mail”: {
“from”: “tulis alamat email domain sendiri”,
“transport”: “SMTP”,
“options”: {
“host”: “tulis nama server”,
“secureConnection”: true,
“port”: “465”,
“auth”: {
“user”: “tulis alamat email domain sendiri”,
“pass”: “tulis password email”
}
}
},

Maka akan muncul gambar seperti ini,

cara reset password ghost

Jangan lupa save ya. Jika menggunakan editor nano, caranya, ketik ctrl+x kemudian pilih Y lalu tekan enter.

Baca Juga: Cari Tahu Apa Nama Server Kamu

c. Lakukan Restart Ghost

Jika sudah, jangan lupa lakukan restart service Ghost dengan cara,

/usr/lib/node_modules/ghost-cli/bin/ghost stop

kemudian

/usr/lib/node_modules/ghost-cli/bin/ghost start

Lalu coba buka halaman Ghost Admin (http://nama domain/ghost/) lalu tulis email saat mendaftar dan klik Forget. Jika muncul tulisan Please check your email for instructions, artinya kamu siap untuk melakukan reset password.

Closing

Ghost merupakan salah satu blogging platform yang berbeda dari yang lainnya. Dengan teknologi node.js dan tampilannya yang simpel membuat platform ini cukup diminati para blogger. Selain itu, sifatnyaa yang Open Source membuat Ghost semakin mudah untuk dipelajari dan dikembangkan. Anda dapat dengan mudah memiliki platform Ghost di DomaiNesia dengan membaca Cara Install Ghost. Selamat mencoba.

Please rate this


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!