Home  »  Hosting   »   Cara Reset Password Ghost

Cara Reset Password Ghost

Last Update:

reset password ghost“Min, saya punya akun di Ghost. Tapi saya lupa passwordnya apa. Nah, saya juga belum masukin email ke pengaturan Ghost. Gimana cara reset password Ghost ya?”

Hi DomaiNesians! ?
Siapa yang suka ngeblog? Udah tau kan ya banyak sekali platform blogging yang bisa anda pilih. Dari mulai Blogspot, Tumblr, WordPress, atau yang lainnya. Salah satunya yaitu Ghost. Ghost merupakan salah satu platform yang dikembangkan dengan Node.js sehingga memiliki performa yang cukup tinggi. Selain itu, tampilannya yang simpel dan elegan membuat Ghost ini cukup diminati di kalangan blogger. Nah, pada panduan kali ini akan membahas mengenai cara reset password Ghost. Mengapa harus di reset? Apakah tidak ada fitur lupa password? Ghost memang agak berbeda. Anda dapat mengatur service Ghost secara manual atau menjalankannya melalui terminal. Fitur reset password Ghost ini dilakukan apabila anda belum menuliskan alamat email pada pengaturannya. Sehingga anda dapat mengutak- atik bagian database user melalui phpMyAdmin.

Bagaimana Cara Reset Password Ghost?

Segalanya yang bersifat open source memang mudah untuk diotak atik apabila mengalami permasalahan. Salah satunya yaitu Ghost ini. Anda dapat dengan mudah melakukan reset password dengan mengubah bagian database usernya. Yang harus anda persiapkan yaitu hanya akun hosting saja. Oiya, untuk melakukan reset password anda harus mengetahui cara mengubah password melalui phpMyAdmin. Pada dasarnya hampir sama dengan cara mengubah password website biasa. Sebagai gambaran, anda bisa membaca Cara Mengubah Password WordPress di phpMyAdmin. Okay, untuk reset password Ghost langsung saja ikuti step by step berikut ini.

1. Login cPanel Hosting

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah login ke cPanel. Login cPanel dapat melalui https://namadomain/cpanel, sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting. Bagi kamu yang belum tahu cara login cPanel, silahkan baca di Cara Login cPanel Hosting.

2. Memilih phpMyAdmin

Setelah itu, silahkan tulis “phpmyadmin” pada bagian kolom pencarian. Maka akan muncul menu phpMyAdmin. Silahkan klik menu phpMyAdmin tersebut.

cara reset password ghost

3. Memilih Database Ghost

Setelah di klik, silahkan tunggu sebentar hingga muncul gambar seperti dibawah ini. Terdapat beberapa database di dalam tampilan phpMyAdmin. Silahkan pilih database yang digunakan dalam Ghost. Jika belum tahu nama database website, silahkan cek Cara Melihat Database Website.

cara reset password ghost

4. Memilih Tabel Users Ghost

Setelah memilih nama database website, silahkan klik tabel Users. Tabel user biasanya menggunakan kata “user” atau “users”.

cara reset password ghost

5. Mengubah Password Ghost

Silahkan klik tabel Users tadi, lalu coba lihat beberapa username dan password yang tersedia. Pilih username yang ingin diubah, kemudian klik Edit.

cara reset password ghost

Perlu diketahui, Ghost menggunakan teknik enkripsi Bcrypt Hash dalam melindungi password user. Untuk itu, anda harus melakukan proses enkripsi (hash) terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan website Bcrypt Hash Generator. Caranya cukup mudah. Silahkan tulis password baru yang anda inginkan pada kolom Plain Text misalnya “DomaiNesia2017”. Kemudian klik Generate BCrypt Hash. Tunggu sebentar lalu muncul password baru yang telah terenkripsi pada kolom BCrypt Hash.
cara reset password ghost

Setelah itu, anda dapat melakukan copy BCrypt Hash kemudian paste pada kolom password.

Voila! Password Ghost anda sudah terreset. Anda dapat login menggunakan password yang baru. Password baru ya DomaiNesians! Nah, cara reset password Ghost sangatlah mudah bukan?

Closing

Ghost merupakan salah satu blogging platform yang berbeda dari yang lainnya. Dengan teknologi node.js dan tampilannya yang simpel membuat platform ini cukup diminati para blogger. Selain itu, sifatnyaa yang Open Source membuat Ghost semakin mudah untuk dipelajari dan dikembangkan. Anda dapat dengan mudah memiliki platform Ghost di DomaiNesia dengan membaca Cara Install Ghost. Selamat mencoba.


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!