• Home
  • Keamanan
  • Panduan Fitur CSP (Content Security Policy) untuk Mencegah Serangan XSS

Panduan Fitur CSP (Content Security Policy) untuk Mencegah Serangan XSS

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Saat kamu sudah memiliki website, pastinya kamu akan memikirkan bagaimana cara meningkatkan keamanan pada website. Jangan sampai data- data yang ada di website diambil dan disalahgunakan oleh hacker. Pada panduan kali ini, kamu akan belajar salah satu upaya untuk meningkatkan keamanan pada website. Kamu akan belajar bagaimana cara mencegah serangan XSS dengan memberikan fitur CSP di website melalui cPanel hosting.

Apa itu Content Security Policy?

Content Security Policy atau CSP adalah salah satu fitur yang bertujuan untuk meningkatkan keamanan suatu website. Fitur CSP dapat mencegah website kamu dari serangan XSS atau serangan code injection lainnya. Biasanya hacker melakukan serangan XSS dengan cara memasukkan script ke dalam website. Di DomaiNesia, fitur CSP sudah bisa didapatkan secara GRATIS dan MUDAH. Ayo, segera aktifkan fitur CSP di website kamu demi mencegah serangan XSS !

Cara Mengaktifkan Fitur CSP di Hosting DomaiNesia

Langkah- langkah yang harus kamu lakukan untuk mengaktifkan fitur CSP meliputi :

1. Mengakses cPanel Hosting

Langkah awal yang harus dilakukan adalah login ke cPanel hosting website kamu. Login dapat diakses melalui https://namadomain/cpanel, sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting. Nah, bagi kamu yang belum pernah login ke cPanel silahkan baca panduan Cara Login cPanel Hosting terlebih dahulu ya…

2. Memilih Menu CSP

Setelah berhasil login cPanel, kamu akan melihat halaman cPanel yang isinya berbagai fitur untuk website kamu. Kamu bisa cari di kolom form pencarian ketik csp dan klik CSP

3. Mengaktifkan Fitur CSP

Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan fitur CSP untuk mencegah serangan XSS website kamu. Kamu bisa lihat apakah CSP sudah aktif atau belum melalui kolom Status. Jika tombol berwarna hijau dan bertuliskan Active artinya fitur CSP sudah aktif. Sedangkan jika tombol berwarna abu-abu dan bertuliskan Inactive, kamu harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Dengan cara klik tombol Enable pada kolom Action.

Kamu bisa mengaktifkan fitur CSP dengan cara klik tombol Enable yang berwarna hijau. Jika tombol Enable sudah berubah menjadi warna merah dan bertuliskan Disable, itu artinya fitur CSP pada website kamu sudah aktif.

Untuk menonaktifkan atau mematikan fitur CSP, kamu bisa klik tombol Disable. Ketika tombol berubah menjadi warna hijau maka artinya kamu telah berhasil menonaktifkan fitur CSP di hosting.

Baca Juga : Tips Mengamankan Website WordPress

Kesimpulan

Memberikan fitur Content Security Policy pada website merupakan salah satu upaya yang harus dilakukan untuk mencegah serangan XSS. Data- data yang ada di website akan aman dan tidak disalahgunakan oleh hacker. Dengan adanya fitur CSP, keamanan pada website kamu akan semakin meningkat. Di hosting DomaiNesia, fitur CSP sudah disediakan. Yang perlu kamu lakukan hanya mengaktifkan fitur CSP di cPanel.

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!