Cara Order Cloud VPS aaPanel DomaiNesia

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Order Cloud VPS aaPanel – Pada produk Cloud VPS DomaiNesia menerapkan teknologi Cloud modern, seperti High Availability, Distributed Storage, dan Scalable sehingga membuat performa Cloud VPS menjadi lebih optimal dna cepat.

Banyak developer yang mulai berpindah ke Cloud VPS karena keunggulan yang dimiliki. Dengan Cloud VPS, anda mendapatkan full akses kontrol sebagai root (admin). Dan juga resource dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Cloud VPS DomaiNesia sudah support aaPanel. Buat kamu yang ingin merasakan pengelolaan menggunakan aaPanel, langsung saja ikuti langkah-langkah berikut ini!

Apa itu aaPanel

Untuk mengelola sebuah hosting, akan lebih mudah apabila terdapat versi GUI (Graphic User Interface). Sehingga user tidak perlu masuk ke dalam server. Dalam mengelola sebuah hosting ada yang dinamakan cPanel.

cPanel merupakan singkatan dari Control Panel. Menurut Wikipedia, cPanel adalah sebuah control panel web hosting yang memberikan tampilan grafis dan peralatan automasi yang dibuat untuk memudahkan proses hosting di sebuah situs web.

Pada intinya, cPanel merupakan suatu panel pengaturan utama pada hosting. Panel pengaturan ini akan mempermudah kamu dalam pengaturan segala hal yang berhubungan dengan domain atau hosting.

Apabila diibaratkan, cPanel ini merupakan suatu lemari yang berisi banyak barang yang dapat kamu atur. Barang tersebut dapat berupa email, SSL, file website, software, domain, database maupun software.

Sama halnya seperti cPanel, aaPanel adalah alternatif control panel hosting selain cPanel. aaPanel adalah software yang digunakan untuk mengelola server web, seperti mengelola domain, file, email, dan database. Kontrol panel pada aaPanel menyediakan antarmuka grafis yang mudah digunakan dan memungkinkan pengguna untuk mengelola server web tanpa harus mengetik perintah.

Perbedaan Tampilan cPanel dan aaPanel

Buat kamu yang ingin mengetahui perbedaan fitur yang dimiliki oleh cPanel dan aaPanel, kamu bisa membaca artikel perbedaan cPanel dan aaPanel. Tampilan cPanel dan aaPanel memang jelas berbeda.

Untuk masyarakat umu, cPanel lebih populer. Hal ini karena pengguna cPanel hosting memang banyak. Namun, tampilan aaPanel juga tidak kalah bagusnya. Berikut ini adalah tampilan atau interface dari cPanel hosting di DomaiNesia.

Selain cPanel, sekarang hosting DomaiNesia juga sudah support dengan aaPanel. Buat kamu yang menginginkan aaPanel sebagai panel kontrol untuk VPS, kamu bisa melakukan order cloud VPS aaPanel dengan mengikuti langkah-langkah di bahasan selanjutnya.

aapanel

Cara Order Cloud VPS aaPanel DomaiNesia

Adapun cara order Cloud VPS aaPanel DomaiNesia sangat gampang. Kamu hanya harus mengikuti step by step seperti di bawah ini. Apabila ada pertanyaan silahkan hubungi Tim Support DomaiNesia.

1. Mengakses Website DomaiNesia

Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu membuka website DomaiNesia pada web browser seperti Safari, Google Chrome, Internet Explorer atau Mozilla Firefox. Kemudian pilih menu Cloud VPS.

2. Memilih Cloud VPS

Setelah itu, kamu akan diarahkan ke halaman Cloud VPS DomaiNesia. Pada halaman ini kamu bisa memilih Cloud VPS sesuai dengan kebutuhan. Masih ingat kan apa yang harus diperhatikan ketika memilih Cloud VPS? Yaps, yang harus diperhatikan yaitu ukuran memori, core CPU, kapasitas penyimpanan SSD serta kapasitas transfer data.

Semakin tinggi ukuran ukuran memori dan core CPU maka performa Cloud VPS menjadi lebih tinggi. Semakin besar SSD, maka semakin besar pula kapasitas penyimpanan file (storage) yang anda miliki.

Dan jika kapasitas transfer data unlimited, tentu saja kamu juga bebas melakukan transfer sebesar apapun. Jadi, ketika memilih Cloud VPS, sesuaikan dengan kebutuhan dan budget. Adapun cara order Cloud VPS yaitu silahkan klik tombol warna biru bertuliskan “Deploy”.

3. Memilih aaPanel Sebagai Kontrol Panel

Setelah itu kamu akan diarahkan ke halaman order. Ada beberapa hal yang harus kamu pilih dan isi. Karena kamu ingin melakukan order cloud VPS aaPanel, kamu bisa klik pada kolom Kontrol Panel kamu kemudian pilih aaPanel.

order cloud vps aapanel

4. Menyelesaikan Order Cloud VPS aaPanel

Setelah kamu memilih aaPanel pada kolom Kontrol Panel, selanjutnya memilih versi Ubuntu yang akan digunakan pada cloud VPS. Untuk cloud VPS aaPanel DomaiNesia, menggunakan sistem operasi Ubuntu. Kamu bisa memilih versi yang terbaru.

Lalu kamu harus mengisi hostname dan password. Hostname biasanya berbentuk host.domain.com. Kamu bisa menuliskan seperti layaknya domain biasa. Sedangkan untuk password, silahkan diisi minimal 8 karakter dengan kombinasi huruf besar, huruf kecil, karakter dan angka.

Selanjutnya silakan pilih siklus cloud VPS. Kamu dapat menentukan siklus selama 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan bahkan 1 tahun. Pilih sesuai kebutuhan ya DomaiNesians.

Setelah itu, tagihan pembayaran akan terlihat di sebelah kanan. Tagihan pembayaran terdiri dari harga Cloud VPS aaPanel per bulan dikali dengan siklus yang anda tentukan ditambah harga pajak.

5. Login Akun DomaiNesia

Bagi anda yang belum login ke akun DomaiNesia, silahkan login terlebih dahulu. Masukkan email dan password sesuai dengan akun anda. Ingat, akun anda ya DomaiNesians. Akun ketika anda melakukan login ke MyDomaiNesia.

Kemudian klik Sign In. Jika anda belum memiliki akun di DomaiNesia, silahkan klik Sign up dan ikuti panduan Cara Membuat Akun DomaiNesia.

Beri tanda centang pada tulisan “Saya telah membaca, memahami dan menyetujui Terms of Service”. Lalu klik Pesan Sekarang!.


Tunggu sebentar, maka kamu akan mendapatkan email dari Kami.

6. Segera Lunasi Pembayaran

Nah, sekarang yang harus kamu lakukan yaitu melunasi pembayaran order Cloud VPS aaPanel sesuai Proforma Invoice (tagihan) yang Kami kirimkan. Proforma Invoice adalah dokumen tagihan sementara dalam transaksi jual-beli.

Proforma Invoice akan dikirimkan kepada pembeli sebelum melakukan pembayaran. Biasanya Proforma Invoice berisi informasi mengenai jenis dan jumlah barang atau jasa yang dibeli.

Nah setelah selesai melakukan pembayaran maka kamu akan mendapatkan invoice resminya yang menyatakan bahwa pembayaran telah berhasil dilakukan.

Catatan : Kamu harus melakukan pembayaran sebelum tanggal yang tertera pada Proforma Due Date

Pada Proforma Invoice yang didapatkan akan menampilkan detail harga layanan apa saja yang kamu pesan. Setiap pembelian layanan di DomaiNesia akan dikenakan biaya administrasi yang harus kamu bayar. Biaya administrasi digunakan untuk mempermudah pembayaran layanan yang dipesan. Biaya Administrasi yang ditagihkan dalam rentang nominal Rp 1,00 hingga Rp 1000,00 saja.

Catatan : Pastikan Kamu membayar layanan beserta biaya administrasi sesuai nominal pada Kolom Total di Proforma Invoice.

Setelah tagihan lunas, maka kamu akan mendapatkan email yang berisi Informasi Virtual Server. Untuk masuk ke Cloud VPS, dapat melalui halaman MyDomaiNesia atau mengakses my.domainesia.com.

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Ekstra Diskon Migrasi 5% serta GRATIS biaya migrasi & setup.

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds