Home  »  Hosting   »   Panduan Redirect non WWW ke WWW

Panduan Redirect non WWW ke WWW

Last Update:

redirect non www ke www pada website

Introduction

Setiap orang pasti menginginkan nama domain yang berbeda dengan yang lainnya. Begitu pula dengan penggunaan WWW di depan nama domain. Terdapat berbagai macam persepsi mengenai penggunaan WWW atau tidak. Bagi sebagian orang, memilih untuk tidak menggunakan WWW di depan nama domain memang menjadi suatu pilihan misalnya, https://domainesia.com. Namun, adakalanya mereka juga menginginkan untuk merubah alamat URL mereka agar menjadi https://www.domainesia.com. Di DomaiNesia, anda dapat dengan mudah mengarahkan alamat URL non WWW ke WWW.

Redirect non WWW ke WWW Melalui cPanel

Adapun langkah- langkah redirect non WWW ke WWW melalui cPanel yaitu,
1. Masuk ke dalam cpanel anda melalui https://namadomain/cpanel,
enter image description here
lalu login sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting
enter image description here
2. Maka anda akan masuk kedalam cpanel dari hosting. Pada kolom pencarian silahkan tulis file manager.
enter image description here
3. Kemudian akan diarahkan ke halaman file manager. File manager inilah yang merupakan folder dari website anda. Untuk mengarahkan HTTP ke HTTPS maka anda dapat mengubah file .htaccess. Untuk mencari file .htaccess maka tulis .htacess pada kolom pencarian lalu klik GO
enter image description here
4. Maka akan muncul letak file .htaccess pada folder website anda. Biasanya, root atau folder utama yang ditampilkan pada website berada pada public_html. Maka klik dua kali (double klik) pada /public_html/.htaccess.
enter image description here
5. Setelah diklik dua kali maka anda akan diarahkan menuju lokasi file .htaccess. Cari file .htaccess. Apabila tidak ada, maka file manager anda belum dapat menayangkan file yang tersembunyi. Perlu diketahui bahwa file .htaccess merupakan file yang tersembunyi dalam folder. Untuk itu, perlu merubah pengaturan dari file manager itu sendiri. Pilih Settings kemudian beri tanda centang pada Show Hidden Files. Lalu Save.
enter image description here
6. Setelah itu lihat lagi pada file manager anda, maka file .htaccess telah terlihat.
enter image description here
7. Klik pada file .htaccess kemudian pilih Edit.
enter image description here
8. Maka akan muncul notifikasi penggunaan Text Editor seperti gambar, klik Edit
enter image description here
9. Masukkan code berikut,

pada text editor, setelah itu klik Save Changes. Tunggu beberapa saat hingga proses penyimpanan selesai.
10. Kemudian, tuliskan alamat URL anda di web browser dengan menggunakan WWW. Misalnya https://www.namadomainanda.com

Redirect non WWW ke WWW di WordPress

Bagi anda yang memiliki website berbasis CMS WordPress, anda tidak perlu masuk ke cPanel kemudian mengubah file .htaccess. Anda cukup masuk ke dashboard WordPress kemudian melakukan konfigurasi di bagian Settings. Untuk lebih lengkapnya, anda dapat membaca di Panduan Cara Redirect Non WWW ke WWW di WordPress.

Closing

Menggunakan WWW atau tidak, merupakan pilihan setiap orang. Bagi sebagian orang, memilih menggunakan WWW karena memang sudah familiar dikalangan masyarakat bahwa setiap URL website menggunakan WWW. Namun, ada juga yang berpendapat lain bahwa menggunakan Non WWW akan mempengaruhi SEO. Di DomaiNesia, anda dapat mengubah alamat URL website anda dari Non WWW ke WWW dengan mudah. Baik melalui cPanel, maupun melalui Dashboard WordPress. Saatnya nikmati hosting murah dengan fitur-fitur terbaik yang disediakan DomaiNesia seperti penggunaan SSD, tersedianya fitur backup dan restore harian, serta garansi uang kembali.


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!