• Home
  • Tips
  • 11 Tips Beli Nama Domain yang Sudah Teregistrasi

11 Tips Beli Nama Domain yang Sudah Teregistrasi

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Saat ini pun terdapat berbagai ekstensi yang membuat domain jadi lebih bervariasi. Namun, seiring pertumbuhan domain yang kian pesat. Kehadiran jumlah website yang terus meningkat. Dan nama domain yang tidak bisa memiliki kesamaan alamat.

Maka domain yang sudah teregistrasi tidak bisa dibeli lagi. Bagaimanakah solusinya? Nah berikut ini ada 11 tips untuk membeli nama domain yang sudah teregistrasi. Simak penjelasan berikut ya!

membeli nama domain
Sumber: Pexel

Hindari Menggunakan Ekstensi yang Berbeda

Jika domain sudah teregistrasi, hindari beli nama domain dengan ekstensi yang berbeda. Misalnya sebuah nama domain sudah teregistrasi menggunakan ekstensi .com, maka jangan coba untuk mendaftarkan domain dengan nama yang sama menggunakan ekstensi .org, .co.id, .net, dan lain sebagainya.

Hal ini karena kebanyakan orang akan mengabaikan domain kamu. Karena orang sudah terbiasa menggunakan domain ekstensi .com. Sehingga sedikit kemungkinannya mereka mengetikkan alamat domain yang sama dengan ekstensi yang berbeda.

Artinya akan sedikit pula pengunjung yang datang ke website kamu. Parahnya, kamu bisa berurusan dengan hukum karena mencoba melanggar hak cipta.

Periksa Apakah Domain Terdaftar Hak Cipta

Dan ngomong-ngomong hak cipta, pastikan juga ketika beli nama domain tidak ada sangkut pautnya dengan merek dagang atau hak cipta manapun.

Jika kamu beli nama domain yang sudah terdaftar sebagai hak dagang, domain kamu akan dengan mudah dilaporkan. Dan seperti yang sudah disebutkan, kamu bisa berurusan dengan hukum.

Jangan Terlalu Emosional

Sejak menentukan domain sangat berpengaruh terhadap brand kedepannya, maka kamu jangan terlalu emosional untuk menentukan spesifik nama domain.

Kamu harus berpikir secara rasional ketika memutuskan untuk membeli nama domain. Apalagi, ketika domain yang ingin kamu beli sudah teregistrasi. Sangat disarankan untuk membuat beberapa pilihan nama sebelum menentukan nama yang tepat.

Apabila kamu yakin dengan domain yang sudah terdaftar tersebut, kamu harus memeriksa apakah harganya akan sesuai dengan hasil yang akan kamu dapatkan kedepannya. Ingat, membeli domain yang sudah terdaftar biayanya bisa mencapai ratusan dollar.

Periksa Keadaan Website

Tips beli nama domain selanjutnya adalah memeriksa domain tersebut. Apakah sudah ada konten website atau belum. Untuk memudahkan, kamu bisa menggunakan Wayback Machine untuk melihat apakah domain digunakan atau tidak.

Bahkan melalui Wayback Machine, kamu bisa melihat aktivitas apa yang pernah dilakukan oleh domain yang sudah terdaftar. Apakah itu kegiatan ilegal, malicious, atau spam. Dengan memeriksa keadaan domain sebelumnya, kamu bisa menghindari menurunnya reputasi bisnis karena hal tersebut.

Hitung Nilai Domain

Beli nama domain yang belum teregistrasi sebelumnya sebenarnya cukup terjangkau. Namun, berbeda dengan domain yang sudah dikelola dan teregistrasi. Biayanya bisa berkali lipat dari harga sebelumnya.

Untuk itu, ketika memutuskan untuk membeli nama domain yang sudah teregistrasi, hitung berapa nilai dari domain tersebut. Kamu bisa menggunakan fitur estimasi nilai berbagai website untuk melihat nilai domain. Namun penilaian tersebut belum tentu akurat.

Monitoring Domain

Cara lain yang bisa kamu tempuh untuk membeli domain yang sudah teregistrasi adalah dengan memonitoring domain. Cara termudahnya kamu bisa mengunjungi whois untuk mendapatkan informasi mengenai domain yang ingin kamu beli.

Tapi beberapa domain mungkin memiliki informasi yang tidak begitu akurat karena sekarang ada sistem keamanan khusus untuk mengamankan privacy whois.

Tapi, kamu bisa menggunakan tools lain, yang bernama Domain Tools. Tools ini bisa memonitor domain dan melacak perubahan pada status registrasi pada sebuah domain. Namun, cara ini tidak begitu ampuh karena kamu harus menunggu kesempatan dan waktu yang tidak sebentar.

membeli nama domain
Sumber: Pexel

Pastikan Membeli dari Owner Domain

Dan setelah bertanya, pastikan kamu membeli nama domain tersebut ke pemilik asli dari domainnya. Jangan sampai tertipu karena kamu melakukan transaksi dengan orang yang salah. Kamu bisa menggunakan DNS Trails untuk mengetahui keaslian dari domain yang ingin kamu beli.

Dengan tools tersebut, kamu bisa melihat perubahan yang ada di DNS Records pemilik domain. Kamu juga bisa menghubungi pemilik domain melalui email atau media sosial yang biasanya disediakan di halaman contact pada halaman website.

Gunakan Singkatan dan Tanda Hubung

Cara selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk mengakali membeli domain yang sudah teregistrasi adalah dengan menambahkan singkatan dan tanda hubung pada domain kamu. Saat ini banyak nama brand yang menggunakan singkatan pada alamat domain websitenya.

Dan apabila masih belum memungkinkan, kamu bisa menambahkan tanda hubung ‘min’ (-) pada domain kamu. Akan tetapi pastikan jika domain tetap mudah diingat dan mudah untuk ditulis oleh pengunjung.

Cara lain untuk membeli nama domain yang sudah teregistrasi adalah dengan menunggu nama domain tersebut hingga expired. Biasanya, domain memiliki siklus waktu tahunan. Dan maksimal jangka waktu terpanjang adalah 10 tahun.

Jadi jika kamu tetap bersikeras untuk membeli nama domain tersebut, kamu harus menunggu domain hingga kadaluarsa. Namun, kamu akan melewatkan banyak hal untuk domain yang bisa jadi akan diperpanjang oleh pemiliknya.

Coba Gunakan Metode Domain Hack

Domain hack, adalah hal yang tidak asing lagi bagi kamu pemburu domain namun sudah teregistrasi. Domain hack ini punya banyak cara alternatif yang bisa dicoba.

Salah satunya dengan memanfaatkan TLD pada domain itu sendiri. Walau domain dengan ekstensi .com masih menjadi ekstensi yang cukup populer, tapi tidak bisa dipungkiri bahwa ekstensi lainnya juga bisa memberikan dampak. Selain membuat nama menjadi estetik, menggunakan domain hack akan membuat nama menjadi lebih mudah diingat.

Domain hack ini memanfaatkan ekstensi domain yang apabila digabungkan akan membentuk susunan kata atau bahkan nama brand itu sendiri. Misalnya seperti linked.inabout.meremove.bgkompas.tv, dan sebagainya.

Pilih Domain Baru

Dan tips beli nama domain yang sudah teregistrasi yang terakhir adalah dengan membeli nama domain yang baru. Tidak dipungkiri semakin kesini, bisnis semakin bertumbuh cepat. Sehingga banyak nama domain yang akhirnya sudah diakuisisi. Namun bukan berarti itu adalah akhir dari segalanya.

Cara terakhir yang bisa kamu coba adalah rebranding atau memilih domain yang baru sesuai dengan brand. Walaupun nama memiliki pengaruh terhadap perkembangan bisnis, tapi segala yang besar pasti bermula dari yang kecil.

Dan daripada menunggu domain yang sudah teregistrasi namun memiliki berbagai resiko, lebih baik memilih domain baru dan mengembangkannya.

Domain Sebagai Aset, Pilih Nama Jangan Meleset

Sebagaimana identitas, domain memiliki peran yang cukup penting agar bisa dengan mudah diingat oleh audience. Nah, dengan pemilihan nama yang tepat, kamu jadi semakin mudah untuk membuat audience mengenal lebih dekat.

Namun, jika kamu tetap memaksa ingin membeli nama domain yang sudah ada pemiliknya, kamu bisa mencoba menerapkan 11 tips beli nama domain di atas.

membeli nama domain
Sumber: Pexel

Dan apabila kamu punya hak legal atas nama terhadap sebuah domain, tetapi domain tersebut sudah teregistrasi, maka kamu bisa meminta bantuan pengacara untuk mengklaim hak nama tersebut.

Ingat, domain itu bisa dijadikan investasi, jadi pilihlah nama domain yang sesuai agar kamu tidak menyesal dikemudian hari.

Ratna Patria

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!