• Home
  • Tips
  • 11 Tips Email Marketing untuk Memaksimalkan Campaign

11 Tips Email Marketing untuk Memaksimalkan Campaign

Oleh Ratna Patria
4/5 (1)

Email marketing merupakan bagian dari strategi untuk memasarkan campaign bisnismu. Email marketing adalah cara yang powerful untuk menyampaikan pesan atau informasi mengenai bisnismu secara langsung kepada pelanggan.

Agar emailmu bisa mencapai goals campaign dan tidak berakhir dengan tombol hapus di email penerima, kamu perlu mengetahui tips-tips agar email marketing bisa berjalan efektif. Apa saja tips email marketing yang efektif? Yuk disimak!

Tips email marketing
Sumber: Freepik

Personal

Tips email marketing yang paling penting adalah bersifat personal. Personal dalam email marketing bukan berarti menyapa pelangganmu dengan nama saja.

Ada banyak hal yang bisa dibuat personal antara lain konten email yang relevan dengan pelangganmu, pengiriman email di waktu yang tepat dan menawarkan apa yang dibutuhkan pelangganmu.

Untuk bisa mengirimkan email marketing yang bersifat personal, kamu perlu mengumpulkan data yang relevan dari para pelangganmu.

Tidak Harus Promosi

Walaupun tujuan akhir dari email marketing adalah untuk meningkatkan penjualan bisnismu, tetapi kamu perlu menyadari bahwa promosi bukan inti dari email marketing.

Tips email marketing selain untuk promosi adalah untuk memelihara hubungan yang baik antara kamu dan pelanggan. Kalau hubungan baik dengan pelanggan bisa kamu jaga, mereka akan loyal kepada bisnismu dan kamu sudah mengantongi strategi marketing jangka panjang.

Email marketing yang kamu kirimkan juga harus relevan dan memberikan value pada pelangganmu, kalau tidak menambah value sebaiknya tidak perlu dikirim.

Segmentasi Audiens

Segmentasi adalah proses pengelompokan pelanggan yang memiliki kesamaan tertentu. Tips ini bisa kamu gunakan agar konten yang kamu buat relevan dan bisa dikirim berdasarkan persona pelangganmu. Ini akan lebih efektif untuk targeting tanpa harus mengirimkan email ke semua list pelangganmu.

Nama dan Subjek Email

Aspek penting dari email marketing ada di bagian subjek dan nama. Penting untuk pelangganmu tahu bahwa email yang mereka dapat dikirim oleh bisnismu. Selain itu, subjek email juga harus menarik agar pelanggan mau membuka emailmu dan mendapatkan engagement yang maksimal.

Kamu bisa mencoba teknik Cliffhanger. Apa itu? Cliffhanger adalah teknik copywriting dengan cara menahan sesuatu dari pembaca yang akhirnya mendorong mereka untuk mengetahui lebih banyak.

Contohnya seperti “The secret of great website…”. Karena subjek tersebut tidak lengkap, penerima email akan membuka email tersebut. Tetapi jangan terlalu sering menggunakan email ini karena akan mengganggu pelangganmu.

Saat ini banyak orang membuka email di handphone, usahakan subjek emailmu tetap pendek dan menarik di tampilan handphone. Kamu bisa menggunakan angka atau emoji untuk membuatnya singkat dan personal.

Tips email marketing
Sumber: Freepik

Maksimalkan Pre-header

Selain subjek email, kamu juga perlu memperhatikan bagian pre-header. Pre-header berbeda dengan subjek, bagian ini adalah kalimat pertama dalam body email yang kamu kirim ke pelangganmu.

Kalau kamu membuat kalimat pre-header yang menarik dan bisa membuat pelangganmu penasaran, kemungkinan emailmu dibuka oleh mereka akan semakin besar.

Call-to Action (CTA)

Selain membuat subjek dan copy email, tips email marketing yang tidak kalah penting adalah membuat tombol Call-to-Action (CTA). Kalau kamu tidak mendorong pelangganmu untuk mengklik CTA, campaignmu bisa gagal.

Saat menyusun CTA gunakan kalimat yang unik dan ciptakan rasa urgensi atau mendesak agar pelangganmu bisa segera melakukan action dari goals campaignmu baik berupa pembelanjaan atau subscribe.

Jangan Kirim Berlebihan

Kamu pasti pernah berada di posisi pelanggan yang menerima email marketing dan pernah merasakan kesal karena menerima email terlalu banyak.

Nah, untuk menghindari mengirimkan email secara berlebihan kepada pelangganmu, kamu bisa menggunakan fitur pembatasan frekuensi (frequency capping).

Ini adalah fitur yang memungkinkan kamu membatasi jumlah email yang akan diterima pelanggan selama waktu tertentu. Kamu bisa mengatur jumlahnya di angka yang diinginkan agar tidak mengirimkan email secara berlebihan.

A/B Testing

Seiring berjalannya waktu pasti bisnis, audiens dan daftar pelangganmu akan berubah dan semakin berkembang. Tips email marketing yang tidak boleh terlupakan, kamu harus melakukan A/B testing dalam setiap campaign untuk menguji dan mengukur hasil agar tahu campaign mana yang memberikan hasil terbaik.

Elemen email yang perlu kamu testing antara lain bagian pengirim, subjek email, preview teks, isi email, CTA. A/B testing sangat diwajibkan karena kamu harus berbicara dengan data daripada menebak-nebak atau berasumsi.

Pertahankan Daftar Email

Ini bukan tips email marketing yang sering dibahas, tetapi ini penting. Banyak marketer yang hanya fokus mengembangkan daftar penerima email tetapi lupa kalau memiliki daftar penerima email yang biasa membuka email akan lebih penting.

Pertahankan Email yang Singkat

Kalau diperhatikan, email yang isinya lebih pendek lebih cenderung masuk ke primary tab. Kalau kamu tidak yakin bahwa panjang isi email berpengaruh kepada pelangganmu, kamu bisa melakukan A/B testing.

Tetap Update

Tips email marketing yang terakhir adalah kamu harus berusaha update-to-date terhadap perkembangan zaman. Bisa jadi apa yang berhasil di campaign sebelumnya, mungkin tidak berfungsi untuk sekarang atau waktu yang akan datang.

Kamu harus belajar lebih banyak dan juga belajar dari campaign yang tidak berjalan baik agar tidak mengulangi kesalahan.

Tips email marketing
Sumber: Freepik

Fokus Pada Apa yang Dicari Audiens

Itu tadi 11 tips email marketing yang bisa kamu coba untuk strategi campaign bisnismu. Pastikan email marketing yang kamu kirim fokus pada apa yang ingin dicari audiensmu dan bukan hanya apa yang ingin kamu sampaikan kepada mereka.

Kamu juga harus menyusun strategi-strategi email marketing agar bisa mendapatkan Return of Investment (ROI) yang baik. Selamat mencoba!

Ratna Patria

Artikel

Lainnya


Malek Azis
November 19, 2020

terimakasih, sangat bermanfaat bagi kami yang masih awam,,

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!