• Home
  • Tips
  • 5+ Cara Menggunakan OpenVPN pada Android dan Windows Mudah

5+ Cara Menggunakan OpenVPN pada Android dan Windows Mudah

Oleh Ayoni Sulthon
No ratings yet.

Pernahkah Anda ingin membuka suatu situs namun ternyata website atau situs terkait sudah diblokir oleh pemerintah? Nah, mungkin kini saatnya Anda harus menggunakan aplikasi Open VPN.

Pada dasarnya, OpenVPN adalah sebuah aplikasi yang tidak hanya berfungsi untuk membuka blokir website saja, namun juga memiliki fungsi utama lainnya. Sebelum membahas cara menggunakan Open VPN, akan lebih mudah bagi Anda untuk mengetahui terlebih dahulu apa sebenarnya aplikasi Open VPN dan apa saja manfaatnya.Cara Menggunakan OpenVPN pada Android dan Windows

Ketahui lebih lanjut dengan simak ulasan berikut ini.

Apa itu OpenVPN?

OpenVPN marupakan salah satu software atau aplikasi bersifat open source. Aplikasi ini bermanfaat untuk mengakes internet melalui VPN atau Virtual Private Networking.

Software open source ini berkerja dengan membuat sambungan Point – To – Point  Tunnel (PTP Tunnel) yang telah terenkripsi. Open VPN sendiri menggunakan Certificate serta Private Keys, yakni sebuah password dan username untuk melakukan otentikasi membangun suatu koneksi.

Manfaat OpenVPN

Setelah mengetahui apa sebenarnya OpenVPN, lantas apa saja manfaat dari aplikasi yang satu ini?  Software ini tidak hanya berguna untuk mengakses situs yang telah terblokir serta menyembunyikan IP Address Anda ketika berselancar di internet. Namun OpenVPN ternyata memiliki manfaat yang begitu kompleks, antara lain:

  1. Mengakses Website yang Terblokir

Salah satu fungsi utama dari Open VPN yakni dapat digunakan untuk mengakses website atau situs-situs yang telah diblokir oleh pemerintah ataupun provider. Seperti yang diketahui, bahwa beberapa website harus melalui sistem pengawasan yang masih menimbulkan pro dan kontra pada berbagai negara di dunia, salah satunya Indonesia, untuk itu kamu wajib mengetahui cara menggunakan OpenVPN

Cara Menggunakan OpenVPN pada Android dan Windows

Padahal sebenarnya beberapa pengguna hanya ingin membaca blog atau artikel-artikel pribadi yang tidak membuat SARA. Namun terkadang Tumblr diblokir dan membuat kebanyakan orang menyayangkan akan hal tersebut. Sehingga penggunaan VPN dapat membantu Anda untuk mengakses websiter tersebut seperti biasanya.

  1. Meningkatkan Keamanan Perangkat

Adapun manfaat selanjutnya dari OpenVPN ini adalah dapat meningkatkan keamanan pada perangkat, baik itu untuk data yang tersimpan maupun sistem dari perangkat tersebut ketika Anda menggunakan koneksi WiFi umum.

Perlu Anda ketahui, bahwa penggunaan akses internet gratis yang terbuka secara umum (public WiFi) sangat rentan terhadap serangan Malware yang berbahaya, bahkan aksi peretasan data. Jadi, penggunaan aplikasi OpenVPN tersebut dapat menjadi salah satu alternative untuk melindungi perangkat Anda dari kemungkinan buruk seperti itu.

  1. Melakukan Browsing atau Selancar Secara Anonim

Selain manfaat yang telah tersebut di atas, Open VPN juga berguna untuk melakukan browsing secara anonim, mengapa bisa demikian? Hal ini dikarenakan, ketika Anda berselancar menggunakan VPN, maka alamat IP yang terlihat adalah alamat dari VPN server tersebut dan bukan alamat IP milik Anda sendiri.

Hal serupa sangat diperhitungkan bagi kebanyakan orang yang menganggap privasi sangat penting di zaman digital seperti sekarang ini. Terlebih lagi, dengan ada privasi membuat seseorang lebih nyaman untuk mencari tahu informasi terkait hal apapun.

Baca juga : hosting murah gratis domain

  1. Mencegah Adanya Akses Pihak Ketiga

Tentu saja Anda tidak menginginkan ada pihak ketiga yang memantau ketika Anda menggunakan koneksi internet, bukan? Nah, berkat penggunaan aplikasi OpenVPN, semua aktivitas yang Anda lakukan terenkripsi. Dengan begitu pengiriman data serta riwayat pencarian hanya bisa diketahui oleh Anda sendiri.

  1. Akses Internet Gratis Tanpa Pulsa dan Kuota

Yang lebih menariknya lagi, Anda dapat browsing tanpa berbayar jika menggunakan aplikasi Open VPN ini. Ya, meskipun hampir seluruh provider di Indonesia dapat digunakan untuk askes gratis seperti ini.

Seperti provider CDMA Flexi, Esia dan Smartfren, sementara untuk GSM biasanya XL, Telkomsel, 3, Axis dan Indosat. Namun kecepatan browsing bergantung pada sinyal dan pada atau tidaknya BTS Traffic di area Anda saat itu.

Sebenarnya OpenVPN memiliki manfaat yang lebih kompleks, namun lima manfaat di atas merupakan kegunaan utama dari suatu OpenVPN. Sama halnya dengan aplikasi lain, Open VPN ini juga mempunyai kelemahan, yakni berperngaruh pada koneksi Anda sehingga akan sedikit lamban.

Meski begitu, kelemahan tersebut tentu saja akan terbayar dengan banyaknya kegunaan atau manfaat dari aplikasi ini.

Cara Menggunakan OpenVPN pada Android dan Windows

OpenVPN merupakan salah satu aplikasi yang dapat Anda manfaatkan untuk membuka situs terblokir dari sederet aplikasi VPN gratis maupun berbayar. Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah kestabilannya saat digunakan untuk browing.

Setelah mengetahui berbagai manfaat yang dimiliki oleh OpenVPN, lalu bagaimana cara menggunakanannya dan apa saja yang dibutuhkan untuk mengoperasikan aplikasi tersebut.

Yang Dibutuhkan untuk Menggunakan OpenVPN

Sebelum membahas lebih lanjut bagaimana cara menggunakan OpenVPN, Anda perlu mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu. Antara lain:

  1. Akun VPN
  2. Aplikasi OpenVPN
  3. Smartphone ataupun PC

Cara Memperoleh Akun VPN Gratis

Cara untuk memperoleh akun VPN secara gratis sangatlah mudah, Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah sebagai berikut:

  • Langkah pertama, silahkan kunjungi situs VPN Jantit Free Open VPN Servers atau kilik link https://www.vpnjantit.com/free-openvpn.html.
  • Kemudian Anda harus memilih lokasi negara yang ingin digunakan. Beberapa orang justru memilih negara Singapore sebagai lokasinya dan bukan Indonesia. Hal ini bukan tanpa alasan, Singapore terletak tidak jauh dari lokasi Anda saat ini yakni Indonesia. Sehingga perbedaan waktunya tidak begitu tinggi, bahkan dapat di angka 50ms. Sebenarnya di sana juga terdapat pilihan Indonesia, namun jika Anda menggunakan negara tersebu nanti akses website dan situs luar seperti Amerika akan sangat lambat dimuat.
  • Langkah selanjutnya pilih Create Account.
  • Jika sudah, masukkan username serta password yang ingin Anda buat dan klik Create Account.
  • Apabila langkah sebelumnya berhasil Anda buat, maka akan muncul username serta password yang Anda buat pada sebelah kanan. Lalu klik Download Config.
  • Secara otomatis config akan terunduh dengan bentuk zip. Silahkan ekstrak file zip tersebut dan Anda akan memperoleh begitu banyak akun OpenVPN yang dapat digunakan.

Kini Anda sudah berhasil memiliki akun Open VPN. Hal selanjutnya yang harus Anda ketahui adalah bagaimana caranya menggunakan OpenVPN pada perangkat, baik itu Android maupun PC.

Baca juga : cara buat website

Cara Menggunakan Open VPN pada Android

Jika Anda salah satu orang yang membutuhkan aplikasi open source untuk aktivitas yang lebih tinggi, maka menggunakanya pada smartphone adalah salah satu langkah yang tepat. Adapun langkah-langkah yang harus Anda lakukan yaitu:

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh dan menginstall aplikasi OpenVPN Connect untuk Android pada Google Play Store.
  2. Selanjutnya, cobalah unduh config OpenVPN yang masih aktif, seperti mencarinya di group Facebook atau pada mesin telusur misalnya Google. Bahkan Anda juga dapat meembuatnya sendiri.
  3. Jika sudah mendapatkan config Open VPN yang masih aktif, maka selanjutna Anda bisa menginstal lalu menjalankan aplikasi tersebut.
  4. Pilih icon titik tiga pada kanan atas layar smartphone
  5. Klik “Import”.
  6. Setelah itu pilih “Import Profile from SD Card”.
  7. Cari config aktif dengan format .ovpn yang sudah Anda simpan sebelumnya, lalu klik “Select”.
  8. Nah, aplikasi OpenVPN sudah siap digunakan, lantas bagaimana caranya? Anda hanya perlu klik “Connect” lalu tunggu beberapa saat hingga proses menyambungkan berhasil. Jika sudah, Anda akan melihat notifikasi “Connected”.
  9. Cobalah untuk melakukan browsing seperti biasa.

Cara Menggunakan Open VPN pada windows

Anda lebih menyukai aktivitas browsing dengan tampilan yang lebih luas? Tidak masalah, aplikasi OpenVPN juga bisa digunakan pada PC. Lantas bagaimana caranya? Simak ulasannya berikut ini:

  1. Download dan install OpenVPN pada https://openvpn.net/community-downloads/. Setelah itu, jangan lupa untuk mengubah pengturan ke “Run as Admin” bagi Anda pengguna Windows 7 ke atas.
  2. Langkah yang kedua, download config Open VPN serta pilih server download sesuai keinginan. Anda juga bisa melakukannya dengan browsing mengunakan keyword “download config Open VPN”.
  3. Ketiga, lakukan ekstract file OpenVPN dari link config pada tahap sebelumnya. Lalu Anda akan mendapatkan folder maupun file OpenVPN pada perangkat Anda.
  4. Selanjutnya, pindahkan folder atau file Open VPN ke dalam “C:/Program Files/OpenVPN/config”. Apabila Anda menjumpai file selain untuk OpenVPN dalam folder tersebut, silahkan pindahkan kembali ke tempat lain.
  5. Kemudian sambungkan perangkat Anda dengan internet seperti biasanya, baik itu menggunakan modem maupun WiFi. Silahkan set port seperti yang Anda inginkan, contohnya masukkan 8080 sebagai inject, jangan lupa untuk klik “Start”.
  6. Buka program “OpenVPN GUI” dengan langakah berikut ini:

Klik Star All Program OpenVPN Open VPN GUI. Bagian ini terletak pada pojok kanan bawah, berdekatan dengan bagian jam.

  1. Klik kanan OpenVPN GUI lalu pilih Setting Manual Configuration HTTP Proxy. Setelah iitu, masukkan kombinasi angka “127.0.01” pada bagian Address, sementara pada bagian Port silahkan masukkan angka seperti tahap sebelumnya. Dalam contoh ini adalah 8080. Kemudian klik
  2. Klik kanan pada Open VPN GUI kemudian pilih ”Connect”. Lalu masukkan password serta username yang telah Anda buat pada website download config. Tunggu beberapa saat hingga icon Open VPN GUI berubah menjadi warna hijau.
  3. Sekarang Anda sudah bisa mencoba untuk menjalankan browsing seperti biasa.

Nah, itu dia cara menggunakan Open VPN baik pada smartphone berbasis Android maupun Windows. Rasakan nikmatnya berselancar tanpa hambatan!

Ayoni Sulthon

SEO Strategist DomaiNesia, ask me all about SEO and Digital Marketing.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!