• Home
  • Tips
  • Super Fast! Inilah 5 Penyedia DNS Tercepat dan Terbaik

Super Fast! Inilah 5 Penyedia DNS Tercepat dan Terbaik

Oleh Ratna Patria

Hai DomaiNesians! Sebagai orang yang sudah mengenal tentang dunia per-website-an, kamu tentunya tidak asing lagi dengan istilah DNS. DNS adalah singkatan dari Domain Name System.

DNS berfungsi untuk menerjemahkan nama domain yang kamu masukkan ke browser menjadi IP address untuk terhubung dengan website. Dengan memilih penyedia DNS yang bagus, maka kamu akan mendapat layanan DNS yang bagus juga.

5 Rekomendasi DNS Tercepat

Dengan memilih menggunakan layanan DNS yang tepat, website akan menjadi lebih responsif dan uptime bisa hingga 100%, yang artinya akan ada sedikit celah untuk masalah teknis.

DNS Tercepat
Sumber: Freepik

Tapi jika memilih DNS yang kurang tepat, bisa menyebabkan website menjadi lambat, bahkan apabila server down, dapat menyebabkan website tidak bisa diakses. Berikut ini ada 5 pilihan penyedia DNS tercepat dan terbaik yang bisa kamu coba.

OpenDNS

OpenDNS didirikan pada tahun 2005 oleh Cisco, dan menjadi salah satu penyedia layanan DNS tercepat dan terbesar saat ini. Menawarkan layanan gratis, OpenDNS bisa meningkatkan kecepatan website, uptime 100%, memblokir website phishing, dan bahkan ada fitur untuk memfilter website berdasarkan kontennya.

Selain gratis, OpenDNS juga menyediakan akun berbayar, yang biasanya digunakan untuk tujuan komersil. Fitur tambahan yang bisa didapat antara lain melihat, aktivitas internet selama setahun terakhir hingga mengunci sistem untuk diakses pada website tertentu. Kamu bisa mendapatkan OpenDNS premium dengan membayar hanya dengan $20 per tahunnya.

CloudFlare

CloudFlare masuk ke dalam top-rated Content Delivery Network (CDN) yang juga menawarkan layanan public DNS, dengan nama lainnya 1.1.1.1. CloudFlare ini menawarkan banyak keperluan website, mulai dari performa dan pengujian website secara independen.

Menurut DNSPerf, CloudFlare adalah layanan public DNS tercepat saat ini. CloudFlare sendiri menjunjung tinggi privacy penggunanya. Mereka tidak akan menjual data pengguna untuk keperluan iklan, bahkan tidak melakukan [pencatatan query IP address ke penyimpanan kamu.

Semua logs akan dihapus dalam waktu 24 jam. CloudFlare juga mempunyai forum komunitas yang bisa kamu gunakan untuk bertanya atau melihat apa yang pengguna lain lakukan serta melakukan interaksi.

Google Public DNS

Sebagai perusahaan digital raksasa, Google juga terlibat menjadi salah satu penyedia layanan DNS tercepat. Selain gratis, Google Public DNS juga simpel dan efektif untuk menggantikan ISP name server milikmu.

DNS Tercepat
Sumber: Freepik

Google menyimpan informasi mengenai IP address selama 24 sampai 48 jam yang digunakan untuk troubleshooting dan tujuan diagnosis. Ada keuntungan lain yang bisa kamu dapat jika menggunakan Google Public DNS untuk pengguna yang sudah berpengalaman.

Misalnya jika kamu ingin mengakses dan menilai pentingnya kebijakan Privacy dari Google, kamu bisa membaca keseluruhan informasi di layanan Logs dan mencari tahunya sendiri

Comodo Secure DNS

Comodo Group adalah salah satu perusahaan besar dibalik penyedia produk keamanan seperti SSL. Tidak sampai situ, Comodo juga menjadi salah satu provider layanan DNS tercepat dan terbaik saat ini.

Comodo menawarkan DNS yang aman dan nyaman. Tidak hanya memblokir website phising, Comodo juga bisa memberitahu jika sebuah situs terdapat malware, spyware, hingga iklan yang mengganggu (seperti pop-up, pop-under, dan sebagainya).

Kamu juga bisa menggunakan layanan Comodo Dome Shield, yang memberikan tambahan fitur untuk Comodo Secure DNS. Comodo juga mengklaim jika layanan mereka lebih smart daripada layanan DNS lainnya.

Namun pada uji coba dengan DNSPerf, Comodo menunjukkan kemampuan waktu querynya berkisar antara 72ms dan kurang memuaskan. Tapi Comodo menjadi pilihan untuk kamu yang ingin menambahkan keamanan ekstra untuk memfilter website tertentu.

Verisign DNS

Verisign didirikan pada tahun 1995 dan tercatat sampai sekarang sudah menyediakan berbagai macam layanan, termasuk DNS tercepat ini. Selain gratis, Verisign DNS mempunyai tiga fitur utama yang ditawarkan, yaitu stabilitas, keamanan, dan privacy.

Untuk masalah privacy, Verisign menjamin 100% data yang mereka kumpulkan tidak akan dijual ke pihak ketiga. Walaupun performa Verisign bisa dikalahkan oleh penyedia DNS lainnya. Semua kembali lagi ke kebutuhan masing-masing.

Pada websitenya sendiri, Verisign juga memberikan panduan berupa tutorial untuk mengatur public DNS mereka. Bahkan ada juga panduan mengatur konfigurasi DNS server di router yang kamu gunakan.

Tingkatkan Performa Web dengan DNS

Sama seperti nomor handphone, DNS adalah nomor server di internet. Tujuannya untuk menerjemahkan nama domain, seperti facebook.com atau twitter.com, dalam bentuk IP address yang diperlukan perangkat untuk memuat sumber daya di website tersebut.

DNS Tercepat
Sumber: Freepik

Karena server dari penyedia DNS tersebar dimana-mana, DNS memungkinkan untuk membuat loading sebuah website menjadi lebih cepat. Untuk melihat apakah sebuah layanan DNS cepat atau tidak, kamu bisa melakukan percobaan di DNSPerf, yang bisa digunakan secara gratis.

Namun selain meningkatkan performa, dalam memilih DNS tercepat pastikan juga memiliki sistem keamanan yang mendukung. Agar selain memiliki kecepatan akses yang bagus juga data yang tersimpan terjamin oleh penyedia layanan DNS itu sendiri.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!