• Home
  • Tips
  • Apa itu Domain? pengertian dan fungsinya

Apa itu Domain? pengertian dan fungsinya

Oleh Mutiara Auliya

Apa itu domain – Pernahkah anda bertanya- tanya, apa sih pengertian domain? Apa sih hosting? Terus mengapa saya harus beli domain dan hosting dulu? Saya mau bikin website lho, mengapa harus order domain dan hosting ya? Apa hubungan domain dan hosting? Hmm.. Bagi pemula, mungkin pertanyaan ini sering kali muncul. Pengertian domain di Internet yang cukup rumit, membuat sebagian orang awam merasa kebingungan. Lalu, sebenarnya apa itu domain? Ada nggak pengertian domain yang mudah dimengerti orang awam? Berikut ini Tim DomaiNesia akan mengupas tentang pengertian domain dan beberapa hal yang berkaitan dengan domain dan hosting. Yuk baca selengkapnya!

Pengertian Domain

Pengertian domain menurut Wikipedia yaitu nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Sebenarnya, domain adalah sebuah nama. Ya, domain adalah sebuah nama unik yang merupakan alamat dari suatu website. Domain dapat terdiri dari berbagai macam ekstensi domain seperti .com, .id, .co.id , .net dan masih banyak lagi.

pengertian domain

Sedangkan hosting adalah media untuk menyimpan data dalam bentuk tulisan, gambar atau video dimana nantinya akan dikemas dalam suatu bentuk yang sering disebut website. Nah ibarat perumahan, hosting adalah suatu bagian tanah yang sudah dipetak-petak dengan ukuran tertentu yang akan dijadikan tempat untuk mendirikan bangunan. Bangunan yang didirikan tersebut dinamakan website. Dan alamat suatu website tersebut biasa disebut domain. Jadi, untuk membuat website diperlukan domain dan hosting terlebih dahulu.

Jika anda tidak memiliki domain dan hosting, bagaimana website dapat berdiri?
Di mana website harus diletakkan? 
Bagaimana orang lain dapat mengakses website anda?
Mau diberi nama apa website yang anda buat?

Untuk itu pastikan domain dan hosting yang anda pilih, memiliki kualitas terbaik ya!

Apa itu Domain?

Oke, pengertian domain sudah tahu. Lalu, sebenarnya apa sih bentuk domain? Lebih mudahnya, sebuah domain terdiri dari nama domain dan ekstensi domain. Pernahkah kamu mengakses website dengan alamat atau URL tertentu.

Contohnya, www.domainesia.com. Nah, ‘domainesia’ ini adalah nama domain. Sedangkan (dot)COM adalah ekstensi domain.

Sedangkan ekstensi domain adalah akhiran dari domain. Terdapat berbagai macam ekstensi domain yang bisa dipilih. Kamu bisa baca Jangan Bingung Memilih Ekstensi Domain. Nah terdapat 2 kategori untuk ekstensi domain. Pertama, terdapat ekstensi domain TLD (internasional) misalnya .com, .net, .org dll. Kedua terdapat ekstensi domain ID yang merupakan domain yang dikhususkan untuk regional Indonesia misalnya .id, .co.id, .or.id.

Ada beragam ekstensi domain yang bisa kamu pilih dari mulai ekstensi domain yang biasa digunakan orang ataupun ekstensi domain antimainstream.

Ekstensi Domain Populer

Berikut ini ada beberapa ekstensi domain yang biasa digunakan:

  • .com : digunakan untuk keperluan komersial
  • .org : digunakan untuk keperluan organisasi
  • .net : digunakan untuk keperluan internet/ network
  • .edu : digunakan untuk keperluan pendidikan
  • .info : digunakan untuk keperluan informasi
  • .net : digunakan untuk keperluan internet
  • .asia : digunakan untuk domain di asia
  • .edu : digunakan untuk pendidikan
  • .gov : digunakan untuk pemerintahan
  • .id : digunakan untuk nama domain di Indonesia
  • .sg : digunakan untuk nama domain di Singapura
  • .us : digunakan untuk nama domain di Amerika Serikat
  • .au : digunakan untuk nama domain di Australia
  • .ac.id : digunakan untuk lingkungan akademik/perguruan tinggi
  • .co.id : digunakan untuk kepentingan komersial
  • .desa.id : digunakan untuk situs pemerintahan desa
  • .or.id : digunakan untuk organisasi
  • .net.id : digunakan untuk penyelenggara jasa telekomunikasi
  • .web.id : digunakan untuk perseorangan maupun organisasi
  • .sch.id : digunakan untuk sekolah
  • .go.id : digunakan untuk instansi pemerintah

Ekstensi Domain Antimainstream

Buat anda yang ingin tampil beda, kamu bisa gunakan beberapa domain seperti:

  • .online : digunakan untuk website perusahaan, website startup, profil personal dan blog
  • .tech : digunakan untuk membangun website developer, website company profile, website tentang produk yang berhubungan dengan teknologi, website lembaga kursus, website tentang event tertentu ataupun website untuk keperluan seminar inovasi dan teknologi
  • .site : digunakan untuk membuat personal website ataupun bisnis online
  • .press : digunakan untuk website berita, website surat kabar, website para wartawan, website asosiasi pers, website media massa, website organisasi/ lembaga, website jurnalistik, blogger bahkan website fotografi.
  • .store : digunakan untuk website toko online, website bisnis lokal, startup yang berhubungan dengan ecommerce, website retail dan website-website yang berhubungan dengan toko online.
  • .shop : digunakan untuk membuat toko online, ecommerce
  • .online : digunakan untuk website perusahaan, website startup, website profil, website personal dan blog
  • .website : digunakan untuk website pribadi atau blog

Domain juga punya level domain. Terdapat 3 level domain yaitu Top Level Domain, Second Level Domain dan Third Level Domain. Level domain ini digunakan untuk mengetahui tingkatan dari domain. Misalnya terdapat domain domainesia.com. Nah, (dot)com termasuk kategori gTLD atau Generic Top Level Domain. Kemudian domainesia termasuk Second Level Domain. Untuk Third Level Domain, adalah kata yang ada di sebelah kiri Second Level Domain. Misalnya panduan(dot)domainesia.com. Nah “panduan” ini biasa disebut Third Level Domain atau biasa disebut Subdomain. Untuk tahu lebih jelas tentang level domain, silakan baca Ayo Mengenal Level Domain.

Apa itu Subdomain?

Subdomain adalah sub atau bagian atau “anak” dari domain. Misalnya, anda memiliki domain utama dengan nama “websitesaya(dot)net”. Kemudian ingin membagi domain tersebut menjadi beberapa bagian. Misalnya:

  • blog(dot)websitesaya(dot)net : untuk keperluan blogging menggunakan WordPress
  • project(dot)websitesaya(dot)net : untuk keperluan project kuliah menggunakan framework Laravel
  • toko(dot)websitesaya(dot)net : untuk membuat toko online kecil-kecilan dengan CMS Prestashop

Nah, blog(dot)websitesaya(dot)net, project(dot)websitesaya(dot)net dan toko(dot)websitesaya(dot)net itu disebut dengan subdomain. Jadi, anda bebas untuk membuat website terpisah untuk berbagai kebutuhan. Masih dalam satu domain, dan tidak perlu order domain lagi. Untuk membuat subdomain, anda bisa baca di Cara Membuat Subdomain di Hosting.

Saya Hanya Ingin Beli Domain Saja!

Bagaimana jika saya hanya ingin beli domain tanpa hosting? Apa bisa? Tetap bisa!
Sudah dijelaskan bahwa pengertian domain adalah alamat yang menunjukkan lokasi website. Anda tetap bisa menggunakan domain untuk melakukan beberapa hal. Namun tentu saja, anda tidak dapat membuat website ya. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan hanya dengan berbekal domain saja. Seperti:

Melakukan Custom Domain

Siapa disini yang masih menggunakan platform blogging seperti blogspot atau tumblr? Nah, biasanya blog dengan platform tersebut masih menggunakan nama blog dengan embel-embel dibelakangnya seperti *blogspot(dot)com atau *tumblr(dot)com. Nah, jika website kamu masih menggunakan alamat blog seperti itu, rasanya kurang profesional bukan? Nah, maka dari itu perlu dilakukan custom domain!

Apa itu custom domain? Custom domain adalah menggunakan suatu domain untuk mengarahkan suatu alamat blog. Misalnya, anda memiliki alamat blog menggunakan (dot)blogspot(dot)com atau (dot)tumblr(dot)com. Agar terlihat profesional maka perlu dilakukan custom domain agar blog anda yang dulunya namablog(dot)blogspot(dot)com dapat menjadi namablog(dot)com. Anda hanya butuh domain saja, tanpa perlu hosting untuk membuat blog terlihat meyakinkan dan profesional.

Membuat Email Perusahaan Sendiri

Selain melakukan custom domain, anda bisa membuat email perusahaan atau email dengan nama anda sendiri lho. Tentunya sesuai domain yang anda punya. Sebenarnya lebih mudah jika menggunakan domain dan hosting dalam satu penyedia. Karena, anda tidak perlu menggunakan mail server dari luar. Tetapi jika hanya memiliki domain saja, anda dapat membuat email dengan bantuan mail server lainnya seperti Zoho Mail.

Jadikan Domain Sebagai Brand

Domain bukan hanya sebagai alamat yang menuntun anda ke arah website. Tetapi domain dapat dijadikan suatu “brand” yang dapat dijual dimasyarakat lho. Domain ini dapat digunakan untuk branding diri sendiri ataupun branding perusahaan. Sebagai contoh anda memiliki usaha konveksi dan garmen. Kemudian, anda beli domain dengan nama bajumurah(dot)id. Nah, domain ini selain sebagai nama website juga dapat digunakan sebagai brand nama usaha anda. Hal ini tentunya memiliki kelebihan tersendiri lho. Selain dapat digunakan menjadi nama brand perusahaan, anda dapat memperkenalkan produk ke masyarakat luar.

Dan apabila mendengar nama tersebut, maka publik langsung teringat akan website, produk yang dijual serta perusahaan anda. Hal itu sangat menguntungkan bukan? Menurut Eric Schmidt, pimpinan eksekutif Google, Brand (merek) adalah solusi bukan sebuah masalah. Brand adalah bagaimana kamu memilah sampah agar selalu terngiang dan selalu dapat bertahan di masyarakat. Mau tahu apalagi yang dapat dilakukan hanya dengan berbekal domain? Yuk baca Apa Yang Bisa Kamu Lakukan Setelah Beli Domain.

Saya Hanya Ingin Beli Hosting Saja!

Bagaimana jika saya hanya ingin beli hosting saja tanpa domain? Apa bisa? Tetap bisa!

Ya, tetap bisa! Tetapi, anda hanya dapat menyimpan atau mengupload file website saja. Anda tidak akan bisa mengakses file website tersebut. Mengapa? Karena, anda tidak memiliki nama website. Bagaimana bisa orang dapat mengakses website tanpa adanya sebuah nama? Untuk itu domain dan hosting sangat diperlukan untuk membangun sebuah website. Untuk mengetahui lebih jelas tentang Hosting, silakan baca Panduan Lengkap Web Hosting 2018.

Domain Murah Hosting Murah Kualitas Terbaik

Pada penjelasan di atas, anda sudah tahu tentang pengertian domain dan pengertian hosting. Pastikan anda memiliki domain dan hosting sebelum membuat website ya. Agar anda dapat membuat website secara profesional. Banyak penyedia jasa domain dan hosting baik di luar negeri maupun di Indonesia yang bisa anda pilih. Ada beberapa hal yang perlu anda cek ketika memilih penyedia hosting luar negeri atau dalam negeri. Pastikan anda memilih hosting murah dengan kualitas terbaik!

pengertian domain

DomaiNesia merupakan perusahaan rintisan dengan layanan registrasi nama domain, web hosting, dan layanan web yang berfokus terhadap kualitas layanan tanpa mengesampingkan efisiensi biaya. Sejak tahun 2009, DomaiNesia telah melayani lebih dari 32.000 customer dari seluruh penjuru Indonesia dan mancanegara. DomaiNesia terus berupaya memberikan pengalaman layanan terbaik serta membangun sistem automasi yang efektif dan efisien. Yuk bijak memilih! Jangan sampai anda menyesal dikemudian hari ya. Untuk hosting, anda bisa baca 7 Cara Memilih Hosting di Jaman Sekarang agar tidak tertipu.

Setelah anda memiliki domain, kemudian hosting sekarang saatnya membuat website sendiri. Ada beragam cara yang bisa anda gunakan misalnya membuat website dari nol menggunakan bahasa pemrograman. Bagi anda yang tidak bisa membuat website , anda dapat memanfaatkan berbagai CMS seperti WordPress, Magento, OpenCart, Prestashop, Joomla atau Moodle. Kamu bisa baca Tutorial Cara Buat Website Untuk Pemula (Garansi 100% Mahir).  Di DomaiNesia, ada metode membuat website sangat mudah. Kamu bisa gunakan fitur Instant Deploy. Buat website hanya dengan sekali klik! Kamu bisa baca Panduan Instant Deploy DomaiNesia.

Kesimpulan

Bagaimana? Sekarang sudah lebih jelas tentang pengertian domain kan? Domain adalah hal yang cukup penting dalam dunia blog, website ataupun toko online. Khususnya di dunia internet, domain adalah hal yang harus anda miliki. Tanpa domain, anda tidak dapat menuju ke tempat dimana website diletakkan. Tanpa domain, anda tidak tahu apa nama website yang harus diakses. Tanpa domain, semua website di dunia ini hanya akan ada deretan angka-angka saja. Tanpa nama. Ingin membeli domain dengan harga promo? Cek aja domain murah!
Salam,

Tim DomaiNesia

Mutiara Auliya

Hi! I am Technical Writer at DomaiNesia. I love Linux, Python, Server, WordPress, Data Analysis and Artificial Intelligence. I will help you making some technically being easy to understand :)


yusep channel
July 5, 2021

terima kasih...sangat membantu...

zayn
May 11, 2019

min kalo domain .com / .clik untuk apa

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!