• Home
  • Berita
  • Apa Itu Bisnis MLM? Pengertian, Sistem Kerja Serta Berbagai Manfaatnya

Apa Itu Bisnis MLM? Pengertian, Sistem Kerja Serta Berbagai Manfaatnya

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Salah satunya yang banyak dikenal masyarakat yaitu bisnis Multi Level Marketing atau disingkat dengan MLM. Apa itu bisnis MLM?

Artikel kali ini alan membahas seputar apa itu bisnis MLM, pengertian, sistem kerja serta berbagai manfaatnya.

Apa Itu Bisnis MLM
Sumber: Freepik

Beberapa yang belum pernah mendengar tentang bisnis tersebut mungkin akan bertanya-tanya apa itu bisnis MLM.

Supaya dapat memperoleh informasi tentang hal ini lebih baik, berikut ini penjelasan mengenai apa itu bisnis MLM, termasuk sistem kerja bisnis MLM, contoh bisnis MLM hingga manfaat dan kelebihan menjalankan bisnis tersebut.

Pengertian Apa Itu Bisnis MLM

Para pebisnis tentu sudah familiar dengan apa itu bisnis MLM atau Multi Level Marketing. Lain halnya bagi yang baru menjajaki dunia bisnis dan sedang berkenalan dengan bisnis yang satu ini.

Sering kali bisnis MLM identik dengan jenis bisnis yang negatif, padahal tidak seluruhnya demikian.

Karena ada pula beberapa bisnis MLM yang memiliki potensi serta jaminan keuntungan yang menjanjikan hingga di masa mendatang.

MLM atau Multi Level Marketing merupakan jenis strategi pemasaran yang menggunakan konsep di mana para pemasar yang tergabung di dalamnya tidak hanya mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan mereka.

Namun di sisi lain, para pemasar ini juga dapat memperoleh keuntungan dari anggota yang telah bergabung bersama.

Sehingga pada dasarnya ada pula yang mengatakan bahwa bisnis ini merupakan bisnis skema penjualan atau pemasaran piramida atau menggunakan sistem berantai.

Sehingga untuk memperoleh pendapatan yang lebih optimal maka bukan hanya tergantung pada pemasaran penjualan produk saja, namun juga berfokus pada perekrutan anggota pemasar lainnya. Itulah yang dimaksud dengan apa itu bisnis MLM.

Sistem Kerja Bisnis MLM

Sesuai dengan pengertian tentang apa itu bisnis MLM di atas, cara kerja bisnis MLM ini sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan.

Secara prinsip ada beberapa poin penting guna memastikan bisnis ini berjalan sesuai dengan harapan. Apabila dirangkum secara utuh, berikut ini beberapa poin penting tersebut.

Ada Produk Yang Ditawarkan Secara Eksklusif

Prinsip kerja pertama pada bisnis ini yaitu ada produk yang ditawarkan secara eksklusif. Mengapa disebut eksklusif?

Karena pada umumnya produk yang dipasarkan dengan sistem MLM ini tidak dijual bebas di pasaran. Sehingga bagi yang ingin memperoleh produk tersebut harus melakukan pembelian hanya pada agen pemasar resmi saja.

Kebanyakan bisnis MLM tidak memiliki toko atau tempat penjualan produk secara terbuka yang dapat dibeli secara umum.

Sehingga hal ini menyebabkan pengguna produk harus membeli secara khusus lewat pemasar. Maka dari itu, bisnis ini memberikan keuntungan yang cukup baik karena produk tidak dapat dijual bebas secara sembarangan.

Harus Melakukan Perekrutan Anggota

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa para anggota yang terdaftar pada akhirnya tidak hanya mengambil keuntungan dari penjualan pribadi.

Tetapi juga mengambil keuntungan dari penjualan milik anggota lain.

Sehingga dengan demikian untuk menjadi sukses dalam bisnis ini diperlukan perekrutan anggota, supaya penjualan lebih maksimal serta keuntungan yang diperoleh juga lebih baik.

Semakin banyak anggota yang bergabung, otomatis target pemasaran dan penjualan akan semakin besar dan tinggi.

Apabila memenuhi target pemasaran yang ditetapkan, maka akan diperoleh sejumlah bonus yang signifikan.

Sehingga semakin banyak anggota maka makin besar pula keuntungan yang bisa didapatkan dalam bisnis tersebut.

Skema Upline dan Downline

Bisnis Multi Level Marketing juga menggunakan skema upline serta downline dalam melaksanakan sistem bisnisnya. Hal inilah yang membedakan MLM dengan bisnis lainnya di pasaran.

Seorang upline adalah seseorang yang berada di posisi pemimpin dan bekerja untuk memastikan target pemasaran secara kelompok dapat terpenuhi. Mereka juga bertugas untuk memberi arahan pada downline.

Sementara itu seorang downline adalah anggota yang bergabung di bawah seseorang atau pemimpin kelompok tertentu.

Dalam hal ini maka downline memiliki tugas memasarkan sekaligus merekrut anggota yang baru untuk menjadi pemasar sehingga skema upline dan downline akan berlaku kembali.

Demikian seterusnya untuk anggota baru selanjutnya yang direkrut.

Harga Produk Terkontrol

Produk-produk MLM juga tidak akan dijual dengan harga sembarangan, namun harus mengikuti skema harga yang telah dikontrol dari pihak pusat.

Dalam penjualan produk, biasanya ada sejumlah diskon yang diberikan pada anggota yang terdaftar. Umumnya para anggota bisnis ini mendapatkan keuntungan selisih harga berkisar 20% hingga 30%.

Namun apabila memiliki jaringan yang lebih besar dan memiliki piramida downline yang makin besar, secara otomatis anggota tersebut juga akan berhak atas diskon yang lebih tinggi.

Beberapa mencapai nilai 40% hingga 50%. Sehingga selain mendapatkan keuntungan dari harga penjualan yang lebih besar juga mendapat persentase keuntungan dari penjualan anggota yang lebih banyak juga.

Baca Juga : Cara Mudah Menghasilkan Uang dari Blog Bagi Pemula

Manfaat Dan Keuntungan Menjalankan Bisnis MLM

Mungkin banyak yang ingin tahu sebenarnya apa itu bisnis MLM dan manfaat untuk para pelakunya.

Jika dilihat secara umum, sebenarnya setiap bisnis akan memberikan manfaat yang baik pada para pelakunya.

Demikian juga jika membicarakan tentang bisnis Multi Level Marketing.

Meski banyak isu dan informasi yang terkesan negatif, sebenarnya bisnis ini memberikan banyak manfaat bagi para pelakunya.

Beberapa manfaat besar yang dapat diperoleh saat melakukan jenis bisnis yang satu ini antara lain yaitu sebagai berikut.

  • Bisnis ini menawarkan waktu kerja yang cukup fleksibel bagi para pelakunya. Sehingga secara tidak langsung sangat tepat dilakukan baik oleh para pelajar, mahasiswa, atau bagi pekerja yang ingin memiliki usaha sampingan.
  • Manfaat lain yaitu dapat membantu menambah jaringan pertemanan maupun bisnis. Semakin luas dan besar jaringan maka keuntungan dapat menjadi lebih besar, demikian pula lingkup pertemanan dan koneksi tentu dapat menjadi lebih besar pula.
  • Memberikan potensi pendapatan tambahan yang bahkan dapat berkembang menjadi pendapatan pasif di masa mendatang. Sehingga secara tidak langsung memberikan kesempatan memiliki bisnis yang menjanjikan jika dijalankan dengan optimal.
  • Berikutnya bisnis ini juga membutuhkan modal yang minim, sebab siapa saja bisa bergabung dengan bisnis tersebut tanpa harus menyimpan barang dalam jumlah tertentu. Sehingga cocok dilakukan oleh pebisnis pemula dengan dana modal yang minim.

Memilih Bisnis MLM Yang Tepat Dan Aman

Setelah mengetahui dasar apa itu bisnis MLM, kini kamu perlu tahu cara memilih bisnis MLM yang aman.

Supaya dapat menjalankan bisnis MLM yang tepat serta aman terpercaya, tentu saja para pebisnis pemula harus berhati-hati menentukan pilihan.

Saat ini ada banyak jenis dan macam bisnis MLM yang menawarkan berbagai program serta hadiah maupun produk yang menarik. Namun belum tentu seluruh jenis bisnis tersebut aman dan dapat dipercaya.

Apa Itu Bisnis MLM
Sumber: Freepik

Maka dari itu sangat penting mengetahui dengan benar apa itu bisnis MLM, memperhatikan mana jenis bisnis yang bisa dijadikan pilihan dan mana tipe pemasaran via MLM yang harus dihindari.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini cara memilih bisnis MLM yang aman serta memberikan hasil yang menjanjikan.

Terdaftar di APLI

Hal pertama yang harus diketahui yaitu memastikan bahwa bisnis multi level marketing yang kamu pilih secara resmi telah terdaftar di APLI.

APLI merupakan lembaga yang mewadahi seluruh bisnis MLM di Indonesia.

Dengan kata lain, bisnis MLM yang tidak memiliki bukti terdaftar di API, maka bisa jadi bisnis MLM tersebut tidak resmi dan beresiko melakukan penipuan.

Kantor Pusat Resmi

Sebisa mungkin memilih bisnis multi level marketing yang memiliki kantor pusat fisik yang resmi.

Hal ini sangat penting apabila terjadi konflik di suatu hari, maka para anggota bisa mendapatkan kejelasan dengan mendatangi kantor pusat fisiknya.

Saat ini tercatat banyak bisnis multi level marketing yang besar memiliki berbagai kantor resmi di sejumlah kota di Indonesia. Maka dari itu pastikan memilih MLM yang jelas dan telah memiliki kantor.

Memiliki Produk Yang Beragam

Ada baiknya memilih bisnis multi level marketing yang memiliki banyak pilihan produk. Dengan begitu, ada banyak pilihan produk yang dapat dipasarkan nantinya.

Produk yang beragam juga memberi keleluasaan pada pemasar untuk melakukan promosi melalui berbagai media dan strategi. Sehingga calon konsumen dapat memilih mana produk yang tepat bagi mereka nantinya.

Berbadan Hukum

Bisnis multi level marketing yang tepat tentu saja harus memiliki badan hukum yang jelas.

Tanpa hal tersebut, tentunya sah tidaknya bisnis ini dapat dipertanyakan.

Maka dari itu pilih bentuk perusahaan MLM yang memiliki badan hukum yang jelas.

Misalnya berbentuk PT, memiliki NPWP, memiliki SIUP maupun sejumlah kelengkapan administrasi penting lainnya.

Skema Maupun Sistem Yang Jelas

Hal lain yang juga penting dalam memilih bisnis multi level yaitu memastikan bahwa bisnis tersebut menawarkan skema dan sistem yang jelas.

Sebisa mungkin menguntungkan seluruh pihak yang tergabung di dalamnya saja. Bukan hanya mendatangkan keuntungan bagi jaringan yang di atas saja, namun merata kepada seluruh anggotanya.

Harga Wajar

Pastikan juga kamu memilih bisnis MLM yang menawarkan harga cukup wajar untuk produk-produk yang dijual. Beberapa MLM memasang harga yang terlalu tinggi untuk kualitas produk yang kurang jelas.

Jadi, cobalah untuk lebih cermat saat memilih dan melihat apa produk yang ditawarkan dalam bisnis multi level tersebut.

Baca Juga : Cara Mudah Menghasilkan Uang dari Internet Bagi Pemula

Contoh Bisnis MLM

Bagi yang merasa penasaran dan kurang memahami apa saja contoh bisnis MLM yang ada di pasaran, maka berikut ini ada beberapa contoh jenis bisnis tersebut.

Sehingga dapat memberikan inspirasi manakala ingin terjun ke bidang pemasaran berbasis multi level marketing tersebut.

Berikut beberapa contoh bisnis MLM yang aman dan terpercaya serta berhasil menjalankan pemasaran di Indonesia hingga saat ini.

  • Tupperware, tentu banyak yang sudah mengetahui salah satu merek perlengkapan rumah tangga yang satu ini. Selain terkenal memiliki kualitas yang baik, Tupperware juga terkenal memiliki banyak inovasi. Sebagai salah satu bisnis MLM yang cukup berhasil mengembangkan sayapnya di Indonesia, hingga saat ini Tupperware masih aktif memasarkan produknya dan memiliki jutaan anggota di seluruh wilayah di Indonesia.
  • Oriflame, produk kecantikan yang satu ini juga merupakan salah satu contoh bisnis multi level marketing yang mendulang sukses di Indonesia. Tercatat produk ini telah bertahan lebih dari 10 tahun lamanya di Indonesia dan memiliki jaringan anggota yang sangat besar.
  • Sophie Martin, siapa yang tidak mengenali produk multi level marketing besutan Sophie Martin. Hingga saat ini produk tersebut tetap berkembang memasarkan seluruh lini produknya dan memiliki banyak anggota hingga memiliki gerai di area tertentu pada kota-kota besar di Indonesia.
  • K-Link merupakan salah satu bisnis multi level marketing yang cukup sukses di bidang suplemen herbal. Bahkan tercatat memiliki gedung tersendiri di kawasan kota Jakarta yang cukup megah. Hingga hari ini K-Link memiliki banyak anggota dan berhasil terus sukses memasarkan produknya ke pelosok Indonesia.
  • HDI merupakan salah satu bisnis MLM yang mulai tenar akhir-akhir ini. Dipercaya banyak orang karena produknya yang memiliki manfaat di musim pandemi saat ini, pamor HDI mulai naik dan bisnisnya juga makin berkembang ke berbagai kota di Indonesia.

Tips Menjalankan Bisnis MLM Yang Optimal

Supaya bisnis MLM yang dijalankan dapat memperoleh hasil optimal, tentu saja ada beberapa tips penting yang dapat dilakukan.

Terutama bagi para pemula yang ingin sukses dalam bisnis tersebut. Beberapa tips penting ini antara lain yaitu sebagai berikut.

Memahami Informasi Produk Dengan Baik

Sebisa mungkin usahakan untuk memahami produk yang dipasarkan dengan baik. Sehingga tidak mengalami kesulitan saat harus menjelaskan pada calon konsumen yang dibidik.

Bila perlu ada baiknya mencoba menggunakan sendiri produk-produk yang dipasarkan supaya dapat memberikan informasi yang lebih jelas dan real pada para konsumen.

Merekrut Banyak Anggota

Langkah berikutnya untuk dapat memperoleh kesuksesan dalam bisnis yang satu ini yaitu melakukan perekrutan banyak anggota.

Seperti yang telah diinformasikan sebelumnya, bahwa semakin banyak anggota dan makin besar jaringan maka tentu keuntungan serta bonus yang diraih juga akan makin besar dan makin tinggi.

Aktif Melakukan Promosi

Hal penting berikutnya yang dapat membantu menunjang kesuksesan berbisnis MLM yaitu melakukan promosi secara aktif.

Seperti halnya melakukan pemasaran pada bisnis yang lainnya, maka pada bisnis yang satu ini juga harus melakukan promosi secara berkala.

Mulai saja dari orang-orang terdekat seperti keluarga atau teman dekat. Dari sini promosi dapat berlanjut pada orang-orang berikutnya.

Apa Itu Bisnis MLM
Sumber: Freepik

Tidak Mudah Menyerah

Penjelasan diatas adalah sedikit informasi tentang apa itu bisnis MLM pengertian, sistem kerja serta berbagai manfaatnya.

Kunci keberhasilan lain dalam melakukan bisnis berbasis multi level ini, yaitu tidak boleh mudah menyerah. Karena memang produk yang dijual bisa jadi tidak banyak dikenal orang.

Namun dengan kegigihan serta ketekukan dalam melakukan promosi dan penjualan, maka hal ini dapat membantu membuat hasil yang diperoleh lebih optimal dan lebih baik.

Itulah beberapa penjelasan terkait apa itu bisnis MLM hingga apa saja manfaat dan kelebihan bisnis ini. Termasuk juga tips menarik yang dapat membantu para pebisnis pemula yang baru mencoba menjalankan bisnis MLM.

Dengan informasi di atas, tampaknya kamu tak perlu merasa takut dan khawatir jika ingin mencobanya.

Seperti halnya bisnis yang lain, bisnis MLM juga dapat memberikan janji penghasilan yang cukup besar jika dijalankan dengan baik.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!