• Home
  • Berita
  • Apa Itu Cache? Kenali Pengertian Dan Manfaatnya

Apa Itu Cache? Kenali Pengertian Dan Manfaatnya

Oleh Ratna Patria
4.67/5 (12)

Cache adalah proses yang digunakan oleh browser dan aplikasi untuk menyimpan informasi. Kamu pasti pernah menghapus history di browser, kan, DomaiNesians? Waktu kamu menghapus history, pasti ada frasa “Bersihkan Cache”. Misalnya di Chrome, kalau kamu ingin menghapus history, kamu akan diberikan pilihan untuk menghapus gambar dan file yang disimpan dalam cache. Proses ini biasanya digunakan untuk melindungi privasi atau menghemat ruang penyimpanan. Tapi kalau kamu belum yakin apa itu cache, dan perlu memahami tentang apa itu cache, disini akan kami bahas.

Apa Itu Cache?

Cache adalah proses menyimpan data sementara sehingga situs, browser, atau aplikasi tidak perlu mengunduh data tersebut berulang kali. Tristan Liverpool, Director of System Engineering di F5 Network membandingkan dengan melakukan perjalanan. Ketika kamu berkendara ke lokasi baru untuk pertama kali, otak akan menyimpan informasi tentang perjalanan tersebut. Di lain waktu, ketika kamu kembali ke lokasi tersebut, kamu akan menggunakan informasi tersebut untuk membantu mengenali beberapa spot dan akan sampai lebih cepat. Fungsi tersebut sama seperti cache. Ketika user mengunjungi situs web untuk pertama kalinya, browser akan menyimpan informasi yang membantu perangkat mengakses situs web itu dengan lebih efisien untuk kunjungan selanjutnya.

Baca juga : cara menghasilkan uang dari internet 

Ada banyak cara data bisa di cache, tetapi biasanya tergantung pada pemilik situs web untuk mengatur yang dikenal sebagai “header” pada data. Ini kan memberitahu komputer bahwa user tersebut bisa di cache. Pemilik situs web menetapkan instruksi caching dan browser akan tahu apa yang harus diunduh. Instruksi juga harus termasuk bagaimana dan dimana file-file tersebut disimpan sementara. Kamu bisa mengubah kebijakan secara manual, apa yang di cache dan apa yang tidak. Kamu juga bisa mengatur kebijakan untuk mengatur preferensi atau menghapus seluruh cache yang termasuk dalam file sementara kapan saja.

Manfaat Caching

Caching membantu membuat aplikasi lebih cepat dan lebih efisien karena data disimpan secara lokal. Pada browser, data cache adalah informasi yang akan membuat situs web memuat lebih cepat karena mereka bisa mengakses data lebih cepat dari folder lokal. Contohnya gambar di beranda atau situs blog, bisa berukuran relatif besar, sehingga men-cache elemen-elemen in hanya perlu diunduh satu kali. User pasti akan lebih sering meninggalkan situs web jika terlalu lama memuat. Oleh karena itu, menggunakan caching adalah cara penting bagi pemilik situs untuk meningkatkan pengalaman user. Kedepannya, diperkirakan office tools seperti Google Docs akan sering digunakan karena banyak orang sudah merasakan manfaatnya. Maka, user juga akan menggunakan caching lebih banyak.

cache adalah
Sumber: Pixabay

Caching Juga Dipakai Oleh Aplikasi

Caching tidak hanya digunakan oleh situs web dan browser saja. Proses caching yang sama berlaku untuk aplikasi di ponsel dengan mengandalkan data web dan cloud. Aplikasi terkenal seperti Spotify juga menggunakan caching. Proses caching akan bekerja ketika user mengunduh lagu dan menyimpan lagu favorit dari Spotify supaya bisa diakses ketika ponsel tidak ada sinyal. Lagu-lagu tersebut tidak disimpan di ponsel tanpa batas waktu, namun akan secara otomatis dihapus setelah beberapa minggu. Mengunduh lagu ke dalam cache supaya bisa didengarkan saat tidak ada sinyal adalah penggunaan cache yang inovatif dan sangat membantu. Spotify memastikan user masih bisa mendengarkan lagu dengan strategi caching tersebut.

Baca juga : agar hosting cepat, pakai cache untuk hosting Anda

Kelemahan Caching

Meskipun caching bisa meningkatkan kinerja penelusuran web, caching juga bisa membuat kamu rentan terhadap hackers. Karena laman web di cache dalam browser, yang cenderung mengandung informasi rahasia dan sensitif. Ini berarti secara teori bisa memaparkan data autentikasi atau informasi pelanggan. Masalah lainnya adalah jika browser dibiarkan tanpa pengawasan, kemudian pengguna lain bisa mengakses pada komputer yang digunakan bersama, pengguna lain bisa menggunakan history sebelumnya dari cache browser.

Cara Menghapus Cache

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, menghapus cache adalah menghapus data yang tersimpan. Jadi, periksa baik-baik jika ada history yang penting, supaya tidak terhapus.

Chrome

  1. Buka Chrome, klik tiga titik vertikal di sudut kanan atas.
  2. Buka “More tools”
  3. Pilih “Clear browsing data”
  4. Centang pada kotak Cookie dan plug-in situs

Kamu bisa memilih jumlah data yang ingin dihapus. Mulai dari menghapus data di hari sebelumnya hingga dari awal menggunakan browser. Setelah menentukan pilihan tersebut, klik “Clear data”.

Baca juga : cara menghasilkan uang dari blog 

Safari

Untuk menghapusnya, pilih “History”, lalu “Clear History”. Drop-down akan muncul, yang memungkinkan kamu menghapus semua data dari jam terakhir, hari ini, kemarin, dan semua riwayat. Dengan menghapus History, kamu juga menghapus serta Cookie dan semua cache di browser. Atau kami bisa memilih entri di daftar, klik kanan dan Hapus, jika ingin menghapus masing-masing situs.

Firefox

Klik tombol menu, pilih “History”, lalu “Hapus histori terbaru”. Pilih berapa banyak riwayat yang ingin kamu hapus dengan memilih rentang waktu, sama seperti proses yang dilakukan dengan Chrome. Kemudian, klik panah di samping Detail untuk memilih informasi apa yang akan dihapus. Lalu, klik tombol “Bersihkan Sekarang”

cache adalah
Sumber: Pixabayweb

Android

Kamu bisa menghapus cache di Android untuk membebaskan ruang di ponsel melalui Pengaturan. Dalam Pengaturan, pilih menu Aplikasi, cari dan tentukan aplikasi mana yang ingin menghapus cache atau data. Tombol-tombol untuk membersihkan cache dan data aplikasi akan terlihat dan kamu bisa melihat seberapa banyak penyimpanan yang digunakan, lalu menghapusnya.

Baca juga : hosting murah saat ini

iOS

Dengan cara yang sama dengan Android, buka “Pengaturan”, “General”, “Storage & iCloud Usage”. Di “Storage”, pilih “Manage Storage”. Untuk melihat penyimpanan yang digunakan oleh masing-masing aplikasi, pilih dari daftar, buka Documents & Data.

A Note to Keep

Cache adalah proses yang digunakan oleh browser dan aplikasi untuk menyimpan informasi. Sementara cache bermanfaat untuk menghemat waktu dan data, cache juga bisa menjadi corrupt. Virus bisa mengunduh dirinya sendiri ke cache browser, lalu menginfeksi seluruh komputer. File juga bisa jadi sangat usang (karena sudah terlalu lama), jika cache tidak dibersihkan. Hal ini bisa menyebabkan halaman yang kamu lihat tidak relevan atau bahkan menyebabkan kesalahan. Cache juga biasanya memakan cukup banyak penyimpanan. Mengingat bahwa beberapa ponsel dan komputer memiliki penyimpanan yang terbatas, penting juga untuk cache tersebut dibersihkan. Kamu bisa menghapus cache pada perangkat atau aplikasi jika ponsel kamu mulai lambat atau crash.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Sultan Wiguna
October 11, 2021

Terimakasih atas tulisannya mari berkunjung ke http://repository.unair.ac.id

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!