• Home
  • Berita
  • DDNS Hadir di Semua cPanel DomaiNesia !

DDNS Hadir di Semua cPanel DomaiNesia !

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

DDNS Hadir di semua cPanel DomaiNesia – Semua jenis perangkat yang ingin terhubung ke internet pasti akan membutuhkan alamat IP. Untuk menerjemahkan alamat IP dibutuhkan suatu sistem yang dikenal dengan nama Domain Name System (DNS). DNS inilah yang bertugas untuk mengubah alamat IP menjadi sebuah nama domain. Ada 2 jenis alamat IP yang diterjemahkan oleh DNS yaitu alamat IP yang bersifat statis dan dinamis. Untuk alamat IP statis, tidak terjadi permasalahan ketika alamat IP menyambung ke komputer dari luar jaringan lokal (internet). Nah, yang menjadi masalah adalah ketika alamat IP dinamis menyambung ke komputer dari luar jaringan lokal (internet). Dengan alamat IP yang terus berubah secara berkala, kamu memungkinkan bisa menyambung beberapa kali. Namun, tidak bisa tersambung setelah ada update alamat IP yang baru jika tidak dalam satu koneksi. Disinilah Dynamic DNS dibutuhkan. Yuk, kenali Dynamic DNS lebih dalam …

Baca Juga : Apa Itu cPanel dan Cara Menggunakannya

Apa itu Dynamic DNS

Dynamic DNS adalah sebuah service untuk pemetaan terhadap komputer dengan IP Public Dynamic yang di terjemahkan ke sebuah domain. Komputer dengan IP Public Dynamic tersebut dapat di petakan dalam jaringan Internet dengan sebuah domain dan secara berkala domain pada Dynamic DNS akan selalu melakukan update ke komputer tersebut untuk mencari tahu berapa alamat IP Public Dynamic yang digunakan pada komputer saat itu. Biasaya service ini disediakan oleh pihak ketiga misalnya penyedia Dynamic DNS yang terpopuler diantaranya adalah DuckDNS dan Noip.com.

Baca Juga : Cara Daftar Dynamic DNS 

Mengapa Membutuhkan Dynamic DNS

Kadang kamu bertanya sebenarnya kapan dan mengapa membutuhkan Dynamic DNS? Umumnya, banyak user yang menggunakan Dynamic DNS saat ingin me-remote komputer dari jarah jauh. Mulai dari ingin mengakses file hingga melakukan konfigurasi dari jarak jauh. Sebagai contoh, misalnya kamu ingin melakukan remote MySQL di cPanel hosting. Kamu bisa baca Panduan Remote MySQL di cPanel untuk lebih detailnya. Kemudian mengapa Dynamic DNS dibutuhkan untuk me-remote komputer dari jarak jauh ? Karena internet yang digunakan user berbeda-beda dan selalu berubah. Setiap jam berubah bahkan setiap detik bisa berubah. Nah untuk melakukan remote diperlukan IP yang tetap atau tidak berubah-ubah (IP statis). Dan untuk menjembatani itu semua maka diperlukan Dynamic DNS. Dynamic DNS fungsinya yaitu sebagai tameng atau pintu yang aman supaya dapat diakses oleh server.

cara cek ip addreess

Baca Juga : Apa Itu Web Server dan Fungsinya Bagi Website

Dynamic DNS Hadir di cPanel DomaiNesia

Untuk mendapatkan layanan Dynamic DNS, biasanya kamu harus mendaftar Dynamic DNS pada pihak ketiga seperti DuckDNS dan Noip.com. Namun, sekarang di semua cPanel DomaiNesia ada fitur baru dengan nama Dynamic DNS yang bisa memudahkan kamu untuk melakukan remote dengan IP Dinamis. Lantas apa bedanya antara fitur baru ini dengan bantuan pihak ketiga? Adapun perbedaannya :

  1. Lebih Mudah – Karena sudah tersedia di semua cPanel DomaiNesia
  2. Kamu tidak perlu mengubah IP nya setiap hari
  3. Apabila menggunakan pihak ketiga seperti DuckDNS dan Noip.com., saat IP nya berubah kamu harus mengubah Dynamic DNS nya juga

    Untuk membuat DDNS di cPanel, kamu bisa baca panduan Cara Membuat DDNS di cPanel

Kesimpulan

Bagaimana? Sekarang membuat DDNS di cPanel bisa kamu dilalakukan dengan mudah dan cepat bukan? Kamu tidak perlu mendaftar di salah satu penyedia Dynamic DNS seperti DuckDNS dan Noip.com untuk mendapatkan Dynamic DNS. Hanya dengan login cPanel kemudian pilih subdomain, DDNS bisa didapatkan. DomaiNesia akan terus memberikan kemudahan kepada DomaiNesians. Paket hemat domain dan hosting bisa DomaiNesians dapat setiap waktu, untuk lebih detailnya silahkan baca panduan Cara Order Paket Hemat Domain dan Hosting di DomaiNesia.

Salah satu penggunaan Dyinamic DNS adalah dalam melakukan remote MySQL di cPanel.

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.

Artikel

Lainnya


Susilawati
May 11, 2021

bagaimana cara menghindari jingling seperti itu?

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!