• Home
  • Berita
  • Digital Marketer adalah Job Yang Banyak Dicari, Yuk Cari Tahu!

Digital Marketer adalah Job Yang Banyak Dicari, Yuk Cari Tahu!

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Digital marketer adalah profesi dalam dunia digital marketing. Apakah kamu berkeinginan untuk menjadi digital marketer? Jika iya maka keputusanmu tepat! Kenapa? Alasannya karena posisi digital marketer saat ini banyak dicari oleh startup maupun perusahaan yang sudah lama berdiri. 

Perkembangan teknologi juga membuat banyak konsumen yang lebih menyukai berbelanja secara online daripada offline. Maka dari itu membengkaknya permintaan digital marketer ini disebabkan oleh banyaknya perusahaan yang berbondong-bondong berpindah dari offline ke online. 

Nah perlu kamu ketahui juga bahwa profesi sebagai digital marketing ini bisa dipelajari oleh semua orang tanpa terkecuali loh! Tidak menutup kemungkinan bagi kamu yang lulusan selain marketing sekalipun. 

Jika kamu berminat untuk mempelajarinya maka kamu sudah membaca artikel yang tepat! Kali ini DomaiNesia akan membahas mulai dari pengertian, jobdesk digital marketer, hingga skill digital marketer yang wajib kamu tahu! Yuk mulai simak pembahasannya!

digital marketer adalah
Sumber: Envato

Digital Marketer Adalah

Sebelum membahas digital marketer, baiknya kamu mengerti terlebih dahulu mengenai digital marketing. Digital marketing adalah proses pemasaran produk yang menggunakan media digital atau internet. Jadi digital marketer adalah seseorang yang memiliki tanggung jawab untuk melakukan marketing secara online pada berbagai platform. Platform apa saja yang bisa digunakan? 

Nah biasanya untuk melakukan digital marketing menggunakan website, blog, sosial media, email, iklan, dan juga mesin pencarian. Digital marketer adalah profesi yang sangat signifikan pada dunia digital marketing. Untuk mengetahui apa saja tugas digital marketer dan jobdesk digital marketer.

Apa Tugas Digital Marketer?

Setelah kamu sudah mengetahui pengertian digital marketer, kini kita melanjutkan untuk membahas tugas atau job desk digital marketer. Seorang digital marketer adalah profesi yang mengharuskan seseorang untuk mampu menggaet pelanggan dan calon pelanggannya melalui kanal online. 

Karena platform digital itu beraneka ragam, maka DomaiNesia akan menjelaskan job desk digital marketer berdasarkan platform digitalnya. Simak yuk tugas digital marketer bagi kamu yang tertarik dan penasaran!

1. Sosial Media Marketing

Pertama, jobdesk digital marketer adalah membuat konsep, merancang distribusi, dan mengunggah konten berkualitas dengan tujuan untuk memudahkan pengguna atau calon pengguna mendapatkan informasi mengenai produk atau jasa yang ditawarkan. Dalam pemasaran digital, konten pada sosial media adalah kunci. 

Tugas digital marketer yaitu mampu menjangkau target pasar melalui platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan Tiktok sehingga sosial media dapat membangun brand awareness produk atau jasa yang kita tawarkan. Agar konten memiliki engagement yang tinggi maka konten yang dibuat harus sesuai dengan target pasar yang ditentukan.

2. Search Engine Optimization

Berikutnya, job desk digital marketer adalah membangun brand awareness melalui media blog atau website. Nah disana tugas digital marketer yaitu membuat konten blog, mengoptimasi performa website, dan juga melakukan research terhadap kata kunci pencarian di mesin pencarian, dan juga meningkatkan peringkat laman perusahaan beserta produk yang dihasilkan dalam search engine.

digital marketer adalah
Sumber: Envato

3. Iklan Online

Terakhir, tugas digital marketer adalah mengiklankan produk. Bertanggung jawab atas semua hal yang berhubungan dengan pemasaran dan branding produk pada pelanggan secara digital. 

Nah untuk itu, digital marketer juga bertanggung jawab atas berbagai  mengiklankan produk atau jasa melalui platform digital yang tersedia, seperti google ads, facebook ads, instagram ads, tiktok ads, dll. Tujuannya adalah untuk menjangkau pelanggan dengan tingkat presisi yang tinggi.

Nah itulah tadi beberapa tugas digital marketer. Pada intinya job desk digital marketer yaitu bertanggung jawab penuh atas semua hal yang berkaitan dengan digital marketing baik dari sisi website, blog, SEO, iklan, dan juga sosial media. Setelah kamu sudah mengetahui job desk digital marketer, ada baiknya kamu juga mengetahui skill digital marketer yang harus kamu miliki apabila tertarik dengan profesi ini. Apa saja skill yang dibutuhkan?

Skill Digital Marketer yang Harus Kamu Tau

1. Project management

Tugas digital marketer menuntut kamu untuk memiliki skill project management. Alasannya, skill digital marketer satu ini sangat berguna karena tugas digital marketer sendiri berurusan dengan banyak pihak. Contoh sederhananya seperti ini, saat kamu mulai menjalankan marketing di sosial media maka kamu membutuhkan beberapa pihak seperti desainer, copywriter, editor konten, dan masih banyak pihak lain. Jika pengelolaan tim tidak baik maka dapat berdampak buruk pada performa perusahaan. 

2. Kemampuan menulis

Selanjutnya, skill digital marketer adalah memiliki kemampuan untuk menulis dan bercerita. Kemampuan menulis dan bercerita yang baik maka akan menghasilkan konten yang menarik dan berkualitas yang tentu saja akan membuat banyak orang tertarik untuk membaca dan bahkan membeli produknya. Jika kamu merasa cocok untuk menulis dan bercerita maka kamu bisa mencoba menjadi Content Writer!

3. Memahami SEO dan SEM

SEO dan SEM menjadi bagian penting dalam digital marketing. Skill digital marketer ini sangat dibutuhkan mengingat persaingan website yang semakin ketat. Dengan kemampuan SEO dan SEM maka memungkinkan website memiliki peringkat teratas pada mesin pencarian Google yang otomatis akan membuat banyak pengunjung pada website. 

Semakin banyak pengunjung maka semakin mudah kamu untuk meraih pelanggan yang mau membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan. Jika kamu memiliki pengetahuan teoritis dan pengalaman dalam SEO, kamu bisa memulai karir dalam dunia digital marketing sebagai SEO Specialist loh!

digital marketer adalah
Sumber: Envato

4. Mampu berkomunikasi yang baik

Salah satu soft skill yang harus dimiliki oleh digital marketer adalah komunikasi di depan publik. Skill ini dibutuhkan untuk menjelaskan dan meyakinkan calon pelanggan tentang produk yang ditawarkan. 

Jika kamu sering bermain Instagram, Shopee, dan Tiktok maka kamu akan menemukan akun yang melakukan siaran langsung untuk menawarkan produknya. Konten siaran langsung tersebut biasanya berisi interview dengan ahli, public figure, Q&A, dan lain sebagainya. Maka dari itu public speaking menjadi soft skill wajib bagi digital marketer.

5. Mengerti data analisis

Selanjutnya, skill digital marketer adalah mengerti dan memahami data analisis. Alasannya karena digital marketing memiliki keunggulan untuk memudahkan dalam analisis data. Namun jangan khawatir DomaiNesian karena kini tersedia tools yang bisa kamu manfaatkan seperti Google Analytics. 

Google Analytics mampu menyediakan berbagai informasi mengenai aktivitas pada sebuah website. Google Analytics bisa membantu kamu untuk mengetahui data terkait session duration, pages per session, bounce rate dan berbagai informasi lainnya. 

Dari data yang disuguhkan, kamu bisa mengetahui kebiasaan pengunjung website sehingga kamu bisa menyusun strategi yang tepat untuk calon pelanggan mu. Mengolah data menjadi hal yang menyenangkan bagi orang yang memang berminat, nah jika kamu berminat maka kamu bisa menjadi seorang Data Analys.

6. Menguasai sosial media

Dalam digital marketing, website bukan menjadi satu-satunya media yang bisa kamu gunakan untuk pemasaran. Pemasaran melalui sosial media menjadi hal wajib bagi digital marketer. Seperti yang sudah kita bahas yaitu sosial media bisa kamu gunakan untuk memperbesar pasar. 

Maka dari itu skill digital marketer yang harus dimiliki yaitu mampu menguasai berbagai fitur dan algoritma sosial media terutama untuk pemasaran. Selain itu, kamu juga harus bisa mengatur target audience untuk menyesuaikan profil calon pelanggan pada sosial media dengan produk yang kamu tawarkan. Jika teknik bersosial media dan teknik pemasarannya cocok dengan kamu, maka kamu bisa mencoba profesi sebagai Social Media Specialist.

digital marketer adalah
Sumber: Envato

Jadi Semakin Tertarik dengan Digital Marketer?

Digital marketer adalah profesi yang bertanggung jawab atas pemasaran yang dilakukan secara online. Saat ini digital marketer menjadi profesi yang menjanjikan. Jika memang kamu tertarik menjadi seorang digital marketer, banyak hal yang harus kamu pelajari mulai dari job desk digital marketer hingga skill apa saja yang harus dimiliki. 

Baca juga : email hosting untuk alat digital marketer

Dengan tugas digital marketer yang cukup banyak maka kamu harus memiliki skill yang mumpuni. Namun, skill digital marketer tadi bisa kamu pelajari satu persatu kok! Jadi jangan takut untuk mencoba ya!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Zahra
October 3, 2022

Lengkap dan penjelasannya mudah dipahami. Terima kasih atas sudah berbagi di sini. Ohiya, buat temen-temen lagi cari info soal perguruan tinggi, jangan lupa kunjungi website kampusku ya UIN Walisongo Semarang di alamat https://walisongo.ac.id/ thank you

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!