• Home
  • Berita
  • Drupal adalah CMS Untuk Website, Simak Panduan Lengkapnya!

Drupal adalah CMS Untuk Website, Simak Panduan Lengkapnya!

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Drupal adalah Content Management System (CMS) gratis dan lengkap yang memungkinkan kamu membuat situs web blog, portal berita, hingga situs web custom.

Drupal adalah salah satu CMS populer di dunia. Jika kamu adalah salah satu dari jutaan orang yang ingin memiliki situs web, mungkin Drupal menjadi salah satu solusinya!

Tapi apakah kamu pernah menggunakan Drupal? Tenang, artikel ini akan membahas tentang cara membuat website dengan drupal yang pastinya akan sangat membantu kamu! Yuk, simak agar kamu jadi paham!

Pengertian Drupal

Drupal adalah sistem yang bagus untuk digunakan saat kamu membutuhkan pengaturan situs web dengan cepat.

Alih-alih mencoba mempelajari cara “ngoding” alias membuat code  atau membayar pihak ketiga untuk membangun situs web kamu, Drupal memberikan semua itu dalam satu sistem.

Kamu bisa membuat situs web yang menarik untuk bisnis atau hanya membutuhkan blog pribadi, semuanya dapat dilakukan dengan CMS open source ini. 

Wah, benar-benar memudahkan kamu dalam membuat website ya? Sebelum kamu mencoba membuat website dengan Drupal, yuk lanjut baca artikel ini sampai selesai. Biar kamu makin paham.

Contoh Website Drupal

Drupal adalah CMS yang cukup banyak digunakan oleh pengguna diseluruh dunia.

Menurut data yang ada, CMS ini bahkan hingga tahun 2022 masuk dalam 6 besar CMS yang paling banyak digunakan.

Tak heran jika beberapa situs web ternama di berbagai bidang menggunakan Drupal untuk mendukung kinerjanya. 

Contoh website Drupal yang cukup terkenal adalah Tesla. Tak asing lagi tentu nama yang satu ini. Ya, perusahaan milik Elon Musk sosok yang baru-baru ini cukup viral setelah mampu membeli platform media sosial terkenal Twitter.

Perusahaan Tesla, Inc. mendesain, mengembangkan, memproduksi, menjual, dan menyewakan kendaraan listrik sepenuhnya serta pembangkit energi dan sistem penyimpanan, serta menawarkan layanan yang terkait dengan produknya. 

Contoh website Drupal lainnya berada pada sektor pendidikan. Selain learning management system (LMS), Portland University sebuah sekolah tinggi ternama di Amerika Serikat ini juga fokus pada pengembangan situs web.

Mereka telah menggunakan Drupal dan mereka mampu memperbarui dan membangun kembali situs webnya menjadi lebih efektif melibatkan siswa dan calon siswa. 

Drupal adalah CMS yang dapat digunakan berbagai jenis situs web, bahkan sebuah situs rumah sakit dapat berjalan baik dengan menggunakan Drupal.

Aster Hospital telah merasakan fleksibilitas Drupal yang memungkinkan mereka untuk menyesuaikan dan menyediakan kemampuan pembuatan halaman berbasis komponen, membuat dan memperbarui halaman rumah sakit sesuai kebutuhan.

Beberapa sektor bisnis berhasil mengembangkan situs web menggunakan Drupal dan Drupal adalah solusi bagi mereka.

Mungkin ini saatnya situs web kamu mengikuti jejak mereka! Kamu bisa kembangkan website menggunakan Drupal dan beri nama domain sesuai dengan sektor bisnismu agar makin menarik.

Kamu bisa pakai ekstension domain .tech untuk situs web teknologi, .press untuk situs berita, atau .online untuk toko online kamu! Temukan semua domain tersebut di Domainesia!

Keunggulan Drupal

Drupal adalah CMS yang memiliki berbagai keunggulan jika dibandingkan dengan CMS lainnya. Berikut beberapa keunggulannya

Fleksibel dan Dapat Disesuaikan

Drupal adalah CMS yang memiliki reputasi sebagai salah satu sistem manajemen konten yang paling fleksibel.

Sangat mudah untuk membuat dan mengelola berbagai jenis konten mulai dari video hingga blog, infografis, dan podcast di Drupal.

Karena platform desainnya yang fleksibel, ini sempurna untuk membuat situs web yang kaya konten untuk media dan perdagangan.

Drupal juga memiliki skrip elaboratif yang memungkinkan kemungkinan desain tak terbatas bersama dengan kontrol yang lebih baik atas pengeditan elemen desain.

Performa yang baik

Ini satu diantara keunggulan Drupal yang paling menarik. Drupal adalah CMS yang dirancang untuk tumbuh secara eksponensial.

Situs web dapat diperpanjang dari satu hingga seratus halaman tanpa mengubah apa pun.

Skalabilitas ini meluas ke lalu lintas situs web juga. Drupal dapat menangani lonjakan lalu lintas yang tiba-tiba lebih baik daripada kebanyakan CMS.

Kemudahan melakukan Customization

Drupal menawarkan lebih dari 40.000 modul dan plug-in untuk meningkatkan fungsionalitas situs web.

Untuk menambahnya, modul di Drupal memberi pengguna fleksibilitas untuk membuat fitur baru atau mengubah fitur yang ada untuk mengakomodasi kebutuhan bisnis pengguna.

Drupal adalah CMS yang  juga menawarkan sekitar 3000 tema yang memungkinkan pengguna untuk mengubah tampilan dan nuansa situs web mereka.

Dedicated Community

Drupal adalah CMS open source yang berarti siapa pun bebas untuk menawarkan ide, saran, dan dokumentasi publik.

Komunitasnya sangat aktif, mudah didekati, dan terus bertambah dalam jumlah pengguna.

Untuk setiap rilis Drupal baru, komunitas menyumbangkan waktu dan keahliannya dalam meninjau, menguji, dan memasukkan umpan balik untuk memberikan pengalaman terbaik.

Istilah penting dalam Drupal

Yuk, sebelum lanjut untuk mengetahui cara membuat website dengan Drupal, kamu wajib tahu ini dulu!

Ya, istilah-istilah yang akan sering kamu jumpai ketika menggunakan Drupal. Tentunya dengan memahami istilah-istilah ini akan memudahkan kamu semakin mahir. 

Page

Situs web merupakan kumpulan dari beberapa halaman atau page. Sama halnya dengan Drupal. Drupal adalah CMS untuk membuat situs web yang berbasis kumpulan page. Nah, page itu sendiri adalah halaman yang memuat konten-konten.

Block

Block merupakan sepotong konten (teks, gambar, tautan, dll.) yang dapat ditampilkan pada halaman situs. 

Content Type

Drupal adalah CMS yang cocok digunakan untuk berbagai jenis situs web. Content type berguna untuk memilih jenis layout yang sesuai dengan kebutuhan. Tentunya kamu tidak akan memilih type untuk blog jika kamu akan membuat situs jual beli. 

Node

Node adalah bagian dari konten individu. Secara hierarki berarti node ini adalah bagian-bagian dari block (pecahan block) yang lebih spesifik.

Term

Term ini berada di dalam vocabulary. Term merupakan bagian-bagian dari vocabulary contohnya saat membuka tag “Indonesia” di dalamnya terdapat term “Jakarta”, “Jogja”, dan lainnya.

Taxonomy

Ini memungkinkan kamu untuk menghubungkan atau mengklasifikasikan konten situs web kamu.

Vocabulary 

Voabulary berkaitan dengan taksonomi. Ini adalah label atau tag yang menyimpan kumpulan informasi. 

Menu

Ini adalah seperangkat tautan atau link yang digunakan untuk navigasi di situs. Navigasi ini berguna untuk pengguna berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya. 

Entity

Entity adalah kumpulan data atau elemen yang berada di Drupal seperti gambar, teks, HTML, dan lainnya.

Field

Field merupakan bagian untuk menampilkan informasi secara terstruktur seperti field judul, field body, field link, dan lain sebagainya.

Cara membuat website dengan Drupal

Saatnya belajar Drupal untuk pemula. Semua tentang Drupal telah kamu pelajari pada penjelasan diatas.

Nah, sekarang saatnya kamu menyimak cara membuat website dengan Drupal. Ingat, Drupal adalah CMS yang mudah untuk dipelajari!

Pilih layanan hosting

Pertama adalah memilih layanan hosting. Untuk dapat menginstal Drupal, kamu harus memiliki layanan hosting dan domain seperti membuat situs web pada umumnya. 

Untuk domain, kamu bisa milih kira- kira ekstensi domain apa yang pas dan sesuai dengan kebutuhanmu. Ada beberapa jenis level ekstensi domain, selengkapnya kamu bisa baca dan pahami artikel Mengenal Level Domain

Ekstensi domain .com memang merupakan ekstensi domain yang paling sering kamu jumpai karena banyak digunakan dalam pembuatan website.

Namun apakah kamu tahu jika lama kelamaan domain .com akan habis ketersediaannya? Nah, tenang saja ada ekstensi domain lain yang bisa kamu jadikan sebagai alternatifnya, yaitu domain XYZ.

Domain XYZ adalah salah satu ekstensi domain yang belum banyak dipakai.

Maka dari itu kamu bisa dengan bebas membuat nama domain untuk website mu.

Apakah kamu tahu? Anak perusahaan Google juga menggunakan domain XYZ loh.

Domain XYZ termasuk ke dalam domain yang murah untuk registrasi domain. Hanya seharga belasan ribu saja kamu sudah bisa memiliki domain XYZ.

Memilih layanan hosting tidak boleh sembarangan ya. Kamu harus mencari penyedia layanan hosting yang baik agar tidak kecewa di kemudian hari karena kinerja layanan yang kurang perform. Berikut ini tips saat memilih penyedia layanan hosting.

Produk terjamin kualitasnya

Pastikan kamu memilih penyedia yang memiliki produk dengan kualitas baik.

Salah satu caranya, kamu bisa melihat review produk ini.

Biasanya ada beberapa blog yang melakukan review terhadap produk penyedia layanan.

Selain itu kamu bisa melihat testimoni pelanggannya atau kamu coba membeli paket terendah terlebih dahulu untuk cek kualitas dari produknya secara langsung.

Harga terbaik

Tentu kamu akan mempertimbangkan harganya! Sebagian besar orang selalu menyesuaikan produk hosting yang akan dipakai dengan budget yang mereka miliki. Memang hal ini penting. Siapa yang mau membayar mahal untuk performa yang gitu-gitu aja?

Pelayanan friendly dan solutif

Memilih penyedia layanan yang memiliki pelayanan ramah kepada pelanggan merupakan poin penting.

Seiring dengan berjalannya waktu, kamu pasti akan menemukan kesulitan-kesulitan dalam mengembangkan situs web kamu melalui hosting.

Pastikan kamu memiliki tim support hosting yang solutif untuk membantu kamu menyelesaikan masalah. 

Tak perlu khawatir kesulitan mencari penyedia dengan pelayanan seperti itu. Domainesia hadir untuk memberikan semua itu khusus buat kamu!

Cara Install Drupal 

  1. Pertama, login ke CPanel hosting milik kamu.
  2. Setelah itu dalam field pencarian, ketik “Drupal” lalu tekan Enter. Alternatif lain, kamu dapat menggunakan panel navigasi di sisi kiri. Untuk melakukannya, klik Portal/CMS, lalu klik Drupal. 
  3. Klik Instal. Halaman instalasi akan muncul.
  4. Pada field daftar versi, pilih versi yang ingin kamu instal
  5. Pada field url, pilih domain dimana Drupal akan kamu instal.
  6. Isi username admin, password, dan alamat email. Setelah itu selesai, klik saja Instal.
  7. Setelah selesai, kamu telah berhasil menginstal Drupal.

Cara install drupal di hosting

Kenali tampilan default Drupal

Setelah kamu menyelesaikan proses instalasi, seperti inilah tampilan situs Drupal. Yuk intip lebih jauh apa saja elemen yang ada. 

  • Content — Di sini, kamu dapat membuat konten dasar seperti postingan dan page. Ini juga bagian untuk kamu menangani komentar dan menemukan perpustakaan media situs web kamu.
  • Structure — Disinilah kamu mengelola semua elemen struktural situs web termasuk blok, formulir, tipe konten, menu, dan taksonomi.
  • Appearance — Ini berisi pengaturan untuk tema dan opsi terkait penampilan lainnya serta pembaruan situs web.
  • Extend — Dalam menu ini, kamu dapat menginstal, memperbarui, dan menghapus modul Drupal.
  • Configuration — Memberi akses ke pengaturan situs kamu.
  • People — Berisi opsi untuk pengguna, peran, dan tingkat izin.
  • Reports — Di sini, kamu dapat menemukan log, memperbarui informasi, laporan status, kesalahan, frasa pencarian, dan informasi lain tentang situs web kamu.
  • Help — Pusat bantuan untuk informasi bermanfaat tentang administrasi situs dasar serta modul apa pun yang diinstal di situs web.

Membuat konten

Ini merupakan bagian terpenting dalam suatu situs web. Ya, tanpa ada konten situs web tidak akan memberikan informasi yang dibutuhkan.

Begitu juga Drupal adalah CMS yang memberi kemudahan dalam pembuatan konten. Begini cara membuat konten di Drupal

  1. Klik tombol ”Content” yang terdapat pada dashboard. 
  2. Pilih “Add Content”. Secara default, Drupal memberikan 2 pilihan yaitu content artikel atau basic page. Pilih sesuai kebutuhanmu!
  3. Setelah memilih type content, kamu sekarang bisa mulai membuat konten. Tulis judul konten kamu terlebih dahulu. Jangan lupa, setelah konten selesai kamu tulis, atur berbagai pengaturan yang terdapat di kotak sebelah kanan layarmu.
  4. Jika semua telah selesai kamu bisa simpan kontenmu atau lakukan preview terlebih dahulu untuk menghindari kesalahan.

Membuat dan menambah menu

Selanjutnya adalah membuat atau menambah menu di Drupal. Hal yang perlu kamu lakukan adalah sebagai berikut

  1. Pilih “Structure” di dashboard lalu pilih Menus
  2. Kamu akan melihat menu default Drupal. Klik “add menu” untuk membuat menu baru.
  3. Tulis judul dan deskripsi menu yang kamu buat
  4. Arahkan menu ini ke suatu halaman yang relevan dengan menu yang kamu buat. Kemudian klik save.

Install tema baru

Drupal adalah CMS yang memiliki beragam tema yang bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan kebutuhanmu. Berikut ini cara install tema Drupal

  1. Pilih dan Download tema Drupal yang sesuai dengan kebutuhanmu.
  2. Pada dashboard, klik menu “Appearance” kemudian pilih “install new”
  3. Upload tema yang telah kamu download tadi lalu klik Install

Tema telah berhasil kamu install. Jika tampilan belum berganti ke tema baru, masuk lagi ke menu Appearance, cari tema yang baru kamu install, lalu klik Install and set as default.

drupal adalah
Sumber : Elements Envato

Tips belajar drupal untuk pemula

Pasti sekarang kamu sudah paham bagaimana cara membuat website dengan drupal. Nih, buat kamu yang baru belajar, perhatikan tips belajar drupal untuk pemula berikut ini

Pahami istilah yang ada

Tips cara membuat website dengan Drupal yang pertama, pastikan kamu sudah memahami istilah atau terminologi terkait Drupal.

Drupal adalah CMS yang memiliki beberapa istilah yang berbeda dari CMS lainnya seperti WordPress atau Joomla. Untuk itu dengan memahami istilahnya tentu akan mempermudah bagi pemula untuk belajar menggunakan Drupal

Baca artikel, forum atau panduan terkait

Pada penjelasan diatas telah disinggung bahwa Drupal adalah CMS yang berada dalam 6 besar CMS paling sering digunakan.

Dengan begitu maka banyak artikel, forum hingga panduan terkait Drupal. Rajin-rajinlah membaca untuk mendapat update terkait tutorial atau fitur-fitur yang ada pada Drupal

Trial and Error

Ini yang terpenting! Jika kamu tidak mencoba, kamu tidak akan mahir menggunakan Drupal.

Coba buat situs web percobaan untuk belajar cara membuat website dengan Drupal. Tak perlu langsung dengan Projek pembuatan situs web. Buat saja situs web sederhana untuk kamu sendiri. 

Saatnya kamu mencoba Drupal!

Bagaimana artikel ini dapat membantumu untuk memahami Drupal dan cara membuat website dengan Drupal?

Drupal adalah CMS yang populer dan memudahkan kamu untuk mengembangkan situs web.

Jadi buat kamu yang ingin membuat situs web, perlu buat kamu mencoba menggunakan Drupal.

Jangan lupa terus belajar melalui artikel atau panduan yang ada agar kamu makin paham menggunakan Drupal dan pastikan kamu praktek langsung untuk membuat situs web dengan Drupal!

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah